Menyangkal diri dan memikul salib

Menyangkal diri dan memikul salib

Markus 8:34, Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Belum lama ini saya membaca ayat diatas dan Tuhan mengajarkan pengertian yang benar mengenai arti dari ayat tersebut, seringkali iblis berusaha memutar balikan pengertian mengenai menyangkal diri dan memikul salib.

Pengertian salah yang iblis taruh kepada banyak orang Kristen adalah :

Menyangkal diri adalah : orang Kristen tidak boleh berbuat ini dan itu, tidak boleh menjamah ini dan itu, menjauhkan diri dari dosa, meninggalkan pola hidup duniawi, dan banyak lagi peraturan-peraturan agama buatan manusia yang harus ditaati.

Pengertian ini tidak 100% salah tetapi jika kita menjalankan tanpa hidup dipimpin oleh Roh Kudus maka menyangkal diri menjadi suatu usaha yang sia –sia, orang Kristen dapat melakukan penyangkalan diri tetapi hal itu tidak berkenan dihadapan Allah karena dilakukan oleh usaha diri sendiri .

Pengertian yang benar dari hidup menyangkal diri adalah :

Galatia 2:20, namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Matius 26:39 , Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

1. Menyangkal diri adalah Menaruh kehendak Tuhan diatas kehendak/Ego kita, mengutamakan mentaati Firman Tuhan daripada keinginan dan kemauan kita

Dan yang memampukan kita menyangkal diri adalah kuasa Roh Kudus

Roma 8:13, Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. (KJV) For if ye live after the flesh, ye shall die: but if ye through the Spirit do mortify the deeds of the body, ye shall live.

2. Hanya Roh Kudus yang mampu mematikan setiap keinginan daging dan kebiasaan dosa didalam hidup orang percaya

Roma 8:14,  Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

3. Hidup menyangkal diri adalah hidup senantiasa dipimpin oleh Roh Kudus

Banyak dari orang Kristen yang mengira bahwa sakit penyakit dan kemiskinan yang mereka alami adalah salib kristus yang harus mereka pikul, itulah pengertian yang salah yang berusaha iblis tanamkan dalam pikiran anak-anak Tuhan.

“ Tuhan MENGIZINKAN semuanya terjadi didalam hidup ku!”, kata ini yang sering kita dengar setiap hari dikalangan orang percaya.

Pengertian ini bertentangan apa yang Firman Tuhan katakan dan Sifat Tuhan itu sendiri :

Kemiskinan
Yohanes 10:10, Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

2Korintus 8:9, Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

Kesembuhan
1Petrus 2:24, Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur Nya kamu telah sembuh

Yesaya 53:5, Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Allah tidak memiliki dua sifat yaitu baik dan jahat :

1Yoh 4:16, Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

Yakobus 1:17, Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran .

Allah adalah Kasih dan Allah selalu memberikan yang baik kepada hidup kita, Sakit penyakit dan Kemiskinan bukanlah memikul salib, itu semua berasal dari dosa dan Iblis.

Jadi apa yang dimaksud dengan MEMIKUL SALIB bagi orang percaya ?

Markus 8:35, Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya.

Markus 8:38, Sebab barangsiapa malukarena Aku dan karena perkataanKu di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus.”

2Timotius 3:12 , Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya,

1Petrus 4:14, Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.

1Petrus 4:16, Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

MEMIKUL SALIB ADALAH :
orang percaya MENDERITA ANIAYA oleh memberitakan NAMA YESUS, menderita aniaya karena MEMBERITAKAN INJIL/FIRMAN ALLAH, menderita aniaya karena HIDUP MENTAATI FIRMAN TUHAN, HIDUP KUDUS, HIDUP BERKENAN kepada Allah.

“Jangan Tertipu oleh Iblis :
orang percaya harus HIDUP DIDALAM KELIMPAHAN dan menjadi saluran berkat yang memuliakan Allah, Orang percaya harus HIDUP DIDALAM KESEHATAN YANG SEMPURNA untuk dapat melayani Tuhan dan Memuliakan Allah dengan TUBUH kita!”

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s