MENJADI DEWASA

1Kolose 13:11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak – kanak, aku merasa seperti kanak -kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

Firman Tuhan diatas berbicara mengenai PERTUMBUHAN ROHANI orang Percaya, anak- anak akan Berkata-kata, Merasa dan berpikir seperti kanak-Kanak.

Sebagai seorang ayah buat saya waktu yang terindah adalah ketika saya bergaul dengan anak-anak ku. Saya mempunyai 3 orang anak, 2 putri dan satu putra, ketika saya bermain dengan mereka, Tuhan mengajarkan saya mengenai PERTUMBUHAN ROHANI.

Anak saya yang pertama Kezia berusia 6 tahun bersekolah kelas 1 sd, Kezia LEBIH BANYAK membuat hati saya bahagia walau kadang-kadang nakal, Ketika saya capai sehabis bekerja dia sering memijat tubuh saya yang capai, dan sudah bisa membantu pekerjaan saya walaupun hal-hal yang kecil seperti membawakan ayahnya air minum, membuang sampah ditempatnya dan
membeli sesuatu diwarung. Sungguh Kezia LEBIH BANYAK membuat HATI saya senang.

Berbeda dengan Rachel yang berusia 2 tahun, sudah bisa berjalan dan baru belajar berkata-kata, dia sudah bisa memberitahukan orang dirumah jika mau pipis, menghemat pampers, tetapi untuk makan dan mandi belum bisa sendiri, karena KETIDAK MENGERTIANNYA ia sering mencoba membantu papanya tetapi malah Mempersulit, ia mengambil barang-barang di meja kerja
saya, saya tidak bisa MARAH kepadanya karena ia BELUM MENGERTI dan ia sangat LUCU, selalu membuat saya TERTAWA.

Anak saya yang ketiga Manasye usianya hampir satu bulan masih bayi. Aktivitasnya ya menangis, minum susu, tidur dan BAB, seperti bayi pada umumnya.

Betapa BAHAGIA nya hati saya melihat anak-anak saya bertumbuh secara JASMANI dan JIWA. Apa yang saya alami tentunya seperti yang BAPA DISURGA Inginkan yaitu melihat anak-anaknya BERTUMBUH secara ROHANI.

Ibrani 5:12-13, Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudahseharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil.

Ada tiga hal untuk mengukur PERTUMBUHAN ROHANI orang percaya :

1. PERKATAAN ANDA
Efesus 4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.

Kolose 3:16 Hendaklah perkataan Kristus ( Firman Tuhan ) diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.

PERKATAAN ANDA menentukan tingkat KEDEWASAAN ROHANI anda

2. PERASAAN ANDA
Filipi 2:5, Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,

Matius 9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Matius 9:36, Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

Kolose 3:12, Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

Kunci Pertumbuhan Rohani adalah HIDUP DIDALAM KASIH ALLAH

3. PIKIRAN ANDA
Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Kolose 3:1-2, Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas ( kekal ), di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas ( kekal ), bukan yang di bumi.

Filipi 4:8, Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Jika PIKIRAN anda DEWASA maka PERBUATAN anda DEWASA

“ Mereka yang menjadi DEWASA ROHANI pasti mengerti KEHENDAK dan RENCANA ALLAH didalam hidupnya.”

“ Hanya KEDEWASAAN ROHANI yang dapat MENYENANGKAN HATI ALLAH! “

18 Feb 2010, ditulis oleh Danny Djayasentana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s