HATI YANG JUJUR DAN TERBUKA DIHADAPAN TUHAN

HATI YANG JUJUR DAN TERBUKA DIHADAPAN TUHAN

Ditulis dari Kotbah Petrus Agung Purnomo

Rom 1:18 Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia,yang menindas kebenaran dengan kelaliman. Rom 1:19 Karena apa yang dapat merekaketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. Rom 1:20 Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Ada banyak orang Kristen berkata : “saya ingin sekali mendengar suara Tuhan ”, kenapa? karena mereka ingin mengetahui kehendak Nya. tetapi banyak orang menjadi frustasi karena tidak dapat mendengar suara Nya.

Segala sesuatu yang TIDAK NAMPAK dari Allah yaitu kekuatan dan keilahian Nya tetapi NAMPAK melalui CIPTAAN Nya.

Jika kita mempelajari alkitab dari kitab kejadian sampai wahyu , Allah tidak pernah berhenti BERBICARA sekalipun manusia tidak dapat mendengar melalui telinga mereka, atau sekalipun mereka belum mendapat pernyataan Allah yang supranatural tapi sesungguhnya firman Tuhan berkata kelak TIDAK ADA ORANG DAPAT BERDALIH dengan berkata aku tidak pernah mendengar Allah berbicara sehingga aku tidak mengetahui kehendak Nya.

Sekalipun banyak orang tidak dapat mendengar suara Allah tetapi ALLAH BERBICARA melalui berbagai macam TANDA dari semua ciptaan Nya yang paling tidak membuat kita tahu apa yang sedang Dia kerjakan dan apa yang menjadi kehendaknya.

Dalam zaman penciptaan untuk menyatakan terang dan gelap, Siang dan malam, Allah memberikan matahari dan bulan semua dengan SIMBOL-SIMBOL Nya.

ketika dengan Nuh Allah berjanji tidak akan menghukum bumi lagi dengan air bah oleh karena itu Allah memberikan TANDA berupa pelangi. Alkitab berkata seperti busur Tuhan, sampai saat ini jika orang melihat pelangi maka mereka akan mengingat bahwa Allah tidak akan menghukum lagi bumi dengan air bah.

Jika anda memperhatikan dari hidupnya Abraham, banyak TANDA yang Tuhan buat melalui hidupnya, salah satunya adalah Allah menyediakan domba ketika ia mempersembahkan anaknya.

Selalu Allah memberikan begitu banyak TANDA kepada anak-anak Nya.

Musa yang tidak tahu akan suara Allah, dia melihat ada api yang sedang membakar semak belukar tanpa menghanguskannya bukankah itu TANDA yang Allah katakan untuk membuat manusia musa ini mengerti bahwa Allah ada dihadapannya.

Kalau anda perhatikan seluruh kisah yang ada begitu banyak yang sesungguhnya Allah bicara kepada kita dan Dia berbicara melalui banyak TANDA . dari semua yang Dia ciptakan semuanya berbicara mengenai kehendak Allah apa yang Tuhan inginkan terhadap manusia.

Bagaimana dengan perjanjian baru, sebelum Yesus naik kesorga, Yesus berkata tanda-tanda MENYERTAI orang percaya. karena engkau ORANG PERCAYA Dia beri TANDA-TANDA.

Bukan Cuma satu dua tetapi Dia beri begitu banyak TANDA. Tanda–tanda ini menyertai ORANG PERCAYA, ada tandanya bahwa saudara orang yang DISERTAI.

Kain yang membunuh Habel DIBERI TANDA oleh Tuhan supaya orang tidak membunuhnya.walaupun itu tanda tidak baik. Kita orang percaya DIBERI TUHAN TANDA TANDA, kemanapun engkau pergi ada tanda-tanda MENYERTAI.

Semua yang Tuhan ingin perkatakan dan semua yang Allah ingin diberikan kepada kita, Dia beri TANDA kepada kita, orang kepenuhan Roh Kudus diberi TANDA, orang bertobat lahir baru dimeteraikan TANDA nya dibaptis. Seluruhnya kalau anda perhatikan Allah bekerja dengan banyak TANDA.

Seperti yang surat Roma katakan “ sehingga mereka tidak dapat berdalih “, nanti kelak kalau kita menghadap tahta Allah saudara, engkau akan melihat banyak hal yang engkau harusnya berkata “ ya sebetulnya allah sudah berbicara begitu jelas kepada manusia tetapi manusia tidak mau pernah peduli dengan semuanya.

Orang percaya yang mampu melihat TANDA yang Tuhan buat, saudara akan cepat berbalik kepada Dia dan saudara akan cepat mengerti memahami apa yang sedang Tuhan kerjakan.

Ketika itu kami sedang membangun gedung gereja dan jemaat kami dapat menangkap apa pesan yang Tuhan perintahkan, yaitu dengan memberikan KORBAN bukan hanya materi tetapi semua yang terbaik yang mereka miliki dan Allah MEMBERKATI dengan luar biasa. Setiap bulan saya mendoakan jemaat yang mengadakan pengucapan syukur atas rumah baru yang Tuhan berikan. Seperti yang dikatakan di kitab Hagai, ketika jika kita mengerjakan hal yang rohani maka Allah mengerjakan yang jasmani.

ALL TRUTH IS PARALEL

Allah berbicara dengan TANDA, Jika sesuatu terhambat bukan sekedar manusia lalai tetapi hal itu berhubungan SPIRITUAL WARFARE .

Allah berbicara jelas dengan banyak hal yang fisik. Saudara akan melihat kemuliaan Tuhan dinyatakan kalau saudara MENGERTI apa yang Dia kerjakan, saya yakin kita akan MENANGKAP sesuatu apa yang sedang Dia buat ditengah-tengah kita, kalau kita tidak bisa MEMBACA tanda ini, berat buat kita memahami apa yang Dia buat.

Perhatikan dari semua yang Dia buat, saudara akan menyaksikan dari semua ciptaanNya, dari apa yang Dia kerjakan, anda akan melihat semuaTANDA itu, tidak ada alasan lagi untuk kita berkata aku tidak tahu Tuhan apa yang engkau maksudkan. Pada waktu MATA ROHANI kita DIBUKA oleh Tuhan engkau akan melihat sesuatu yang mulia, engkau akan dibuat tercengang luarbiasa, Allah menggenapi akan janjiNya.

Apa yang membuat kita sukar untuk mengerti apa yang sedang Tuhan kerjakan sekalipun ia berbicara dengan TANDA?

Rom 1:21 Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai

Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

Orang yang tidak MELAKUKAN apa yang Allah perintahkan dikatakan hatinya menjadi GELAP tapi sebelum hati itu bisa gelap ternyata dikatakan hati mereka BODOH.

Hari hari ini saya percaya Allah terus berbicara kepada kita semua tentang HATI dan ternyata hati kita ini BODOH dan “ dimana kebodohannya ? ”

Rom 1:18 Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia,yang menindas kebenaran dengan kelaliman.

Setiap kali hati kita mencoba MENINDAS KEBENARAN itu membuktikan bahwa HATI kita masih BODOH, setiap kali hati kita menerima kebenaran dan kita mencoba MENINDAS KEBENARAN itu dengan segala macam cara untuk mematikan kebenaran yang bekerja didalam diri kita, itu membuktikan betapa BODOHnya hati kita.

Saya tahu sering kali KEBENARAN disampaikan dengan banyak hal oleh Tuhan, KEBENARAN disampaikan oleh api turun dari atas menyambar mati begitu banyak mati orang pada zaman Elia, KEBENARAN juga disampaikan dengan begitu hebat lewat laut yang dibelah oleh Allah dan akhirnya menenggelamkan begitu banyak tentara Firaun, KEBENARAN disampaikan kepada orang mesir dan Firaun lewat berbagai macam tulah sampai akhirnya semua yang sulung di Mesir mati.

Kalau kita mencoba mematikan kebenaran itu, yang biasanya kita matikan kebenaran yang disampaikan dengan bencana, dengan malapetaka, dengan penderitaan, dengan semua yang memahitkan kita, kalau kita mencoba mematikan itu dengan kelaliman kita, firman Tuhan berkata memang betul hati kita bodoh dan akhirnya menjadi gelap.

Sampai satu kali saudara akan mengalami TERANG TUHAN datang dan kita berkata,

“ memang bodoh aku ini, memang jahat hati saya.” Sebelum itu sampai terjadi kita akan sukar MEMAHAMI apa yang sesungguhnya Tuhan sampaikan. Dan kita akan mengalami kesulitan untuk bisa melihat semua TANDA yang Dia berikan kepada kita.

Saya berdoa supaya TERANG TUHAN ini datang karena setiap kali kita menindas kebenaran dalam hati kita itu membuktikan betapa BODOH nya kita.

Kalau KEBENARAN itu turun,yang paling enak adalah kalau KEBENARAN disampaikan dengan bentuk PEWAHYUAN yang  begitu menarik oleh Tuhan. Tadi pagi saya sharing dengan beberapa teman dikantor, pertama istri saya dulu, pertanyaannya adalah “ Tuhan itu mengerti atau tidak kalau Adam dan Hawa akan makan buah itu? ”, jawab mereka “ mengerti karena Tuhan maha tahu !”, lalu kenapa Tuhan bertanya kepada Adam?, “ Adam mengapa kamu makan buah itu ?”, istri saya menjawab : “ mungkin Tuhan mau menguji apakah jujur atau tidak!”. Saya berkata bukankah Adam itu sudah jujur tetapi melemparkan kesalahan, ada yang menjawab “ Tuhan itu rendah hati Dia tahu tapi pura-pura bertanya “,saya berkata memangnya Tuhan itu orang jawa tengah, budayanya “ ini rumahnya pak Budi? Padahal pak Budi sakit ada didepan mata “ ( basa basi ). Tetapi kalau Tuhan itu orang Medan ia akan berkata “ Tuhan itu pasti tegas berbicara kepada kita !” ( dengan nada yang keras dan logat batak).

Tadi pagi ketika saya saat teduh dengan Tuhan, saya baca kitab nabi Yesaya, ketika Dia mengajar, tiba-tiba saya bisa bilang “ saya tahu jawaban dari kitab kejadian !“. Itu adalah contoh jika kita menerima PEWAHYUAN KEBENARAN keadaan tenang tidak usah ada badai, diluar gerimis, hujan rintik-rintik dingin, kita bisa bersaat teduh dengan Tuhan, baca alkitab, sembahyang. Dan kita berkata “ Luar biasa KEBENARAN ini luar biasa “. Kebenaran seperti itu gampang diterima.

Tetapi ketika KEBENARAN disampaikan dengan CARA YANG LAIN sering kali kita coba tindas akan kebenaran yang diberikan kepada kita, kita belajar bahwa REAKSI PERTAMA manusia adalah menindas KEBENARAN itu membuktikan  bahwa kita sendiri adalah orang yang bodoh.

Rom 1:22 Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. Rom 1:23 Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar.

Mereka menyembah ciptaan bukan sang pencipta

Rom 1:24 Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan

kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.

Hati yang BODOH itu ingin KECEMARAN, akibatnya mereka saling MENCEMARKAN tubuh mereka, semua pencemaran DILUAR disebabkan adanya pencemaran DIDALAM. Saya percaya  berita seperti ini sangat penting bagi kita karena PENCEMARAN bukan datang dari LUAR tetapi dari DALAM.

“ Kalau engkau berkata saya sakit hati karena perlakuannya seperti itu ”, sebenarnya bukan karena perlakuan orang lain tapi ada yang cemar di hati kita, ada yang tidak beres didalam hati kita, semua pencemaran diluar adalah akibat yang didalam. Orang bisa melakukan kejahatan diluar secara fisik karena batin mereka sudah jahat dulu. Kalau yang didalam baik diluar akan keluarnya baik. Kalau diluar nampak tidak baik karena dalamnya memang tidak baik.

Semua pencemaran yang dilakukan oleh tubuh kita secara lahiriah karena akibat hati kita yang cemar.

Allah akan berurusan bukan lebih banyak dengan APA YANG ENGKAU PERBUAT tetapi apa yang DIDALAM HATI kita. Dan ini sukar sekali karena ini membutuhkan KEJUJURAN TOTAL dari anak-anaknya untuk berkata “ ya Tuhan aku memang bodoh, aku keliru, aku najis, aku kotor.” Kalau manusia tertangkap basah dengan apa yang dia perbuat sering kali manusia berkata ya dan kemudian ia beralasan.

Tapi kalau Allah mulai MENYELIDIKI hati kita dan Dia mulai MEMBONGKAR yang didalam ini yang sukar, manusia tidak tahu, yang lain tidak bisa mengerti, mungkin suami atau istri kita dan tidak seorangpun yang tahu tapi kenyataan kita berkata YA ada yang keliru di hatiku dan apakah kita mau dengan JUJUR berkata “ ya Tuhan aku ini salah “ didepan Tuhan itu penting sekali. Selama kita berargumentasi mencoba membenarkan diri sendiri, kita semakin ketahuan didepan Tuhan lihat bodoh sekali hatimu karena engkau menindas kebenaran yang Dia sampaikan.

Saya pernah ceritakan waktu lalu disorga ada KEJUTAN orang yang anda kira kesorga tidak ada, orang yang anda kira keneraka malah muncul di sorga. Karena Dia MENGUJI yang DIDALAM. Berat , tidak ketahuan yang dibutuhkan hanya KEJUJURAN kita. “ Apakah kita mau berkata ya Tuhan saya memang keliru? ”

Tadi siang ada seorang teman yang bersaksi bagaimana  Allah memberkati dalam pekerjaan, sampai ia tinggalkan pekerjaannya dan diberi pesangon yang besar sekali. Dia bersaksi ketika hatinya DIBONGKAR oleh Tuhan, dia baru bisa melihat apa yang gelap dari sisi hidupnya. Dan ia diberkati ketika mendengar mengenai WAJAH ALLAH yang kedua, rupanya banyak orang harus bertemu dengan wajah Allah yang kedua, begitu ia bertemu dengan wajah Allah yang kedua, lima hari kemudian apa yang tidak mungkin didalam hidupnya menjadi mungkin dan ia menerima pekerjaan yang baru, Allah bekerja luar biasa didalam hidupnya. Kalau kita mau MENTAATI apa yang Tuhan kerjakan.

Dalam seluruh aspek yang ada coba belajar mari JUJUR dengan diri sendiri, KEJUJURAN kita pada diri sendiri akan menolong banyak. Ketika Allah mulai mengerjakan kita, kita berkata YA Tuhan.

Mari jadi umat Allah yang JUJUR apa adanya. JUJUR dengan hati hancur dihadapan Tuhan akan mudah sekali bagi Allah untuk MEMBENTUK akan hati dan hidup kita. Sebab jika banyak BERDALIH tidak ada guna, kita harus MENGIZINKAN Tuhan bekerja dengan TUNTAS dalam hidup kita. kalau kita berdalih apa gunanya karena pada akhirnya akan terbuka semua.

Ketika Tuhan panggil saya jadi gembala sidang, saya berkata “ Tuhan saya tidak pantas, Cuma saya hanya punya HATI dan saya berkata saya MAU. “ Saya pernah sharing dengan beberapa teman ,” yang MEMBAHAGIAKAN saya kelak kalau semua sudah masuk kedalam kerajaan surga, saya bisa BERJUMPA dengan semua yang hadir disini “, saya akan SANGAT BERDUKA CITA disorga,  jika Tuhan bertanya :  “ jemaat mu kemana? ” dan ternyata mereka binasa.

Siapa pernah mendengar kesaksian William Both pendiri Bala Keselamatan, kesaksiannya adalah dia pernah mati ketika disurga ketemu dengan Petrus dan Petrus tidak menyambutnya, ketemu dengan Paulus dan Paulus pun tertunduk, sampai bertemu dengan Tuhan Yesus, Tuhan juga menatapnya dengan sedih, Tuhan bertanya : “ dimana si A dimana si B dimana si C ?”, ternyata mereka binasa di neraka. Dia nangis dihadapan Tuhan dan berkata “ Tuhan Yesus beri aku kesempatan hidup sekali lagi, aku akan bangunkan tentara untuk Engkau ! “. Dan Tuhan mengizinkannya. Menurut cerita ia digotong dan dimasukan kamar mayat dan tiba-tiba tangannya bergerak mengenai pot bunga dan pecah dan semua orang kaget ternyata dia hidup kembali. Dan sampai sekarang berdirilah Bala keselamatan.

Saudara sekalian saya mau katakan kalau kita diberi KESEMPATAN Tuhan untuk hidup, HATI kita ini harus jadi HATI YANG JUJUR dan jangan khawatir saudara Tuhan tidak pernah meminta kita berubah sekaligus total, hari ini kita harus sempurna, tetapi modal hati yang MURNI dan JUJUR dihadapan Tuhan akan membuat kita mudah untuk dikerjakan oleh Dia.

Semua pencemaran tubuh itu berasal dari pencemaran hati.

Jika anda baca alkitab mulai malas dan ngantuk itu pertanda ada yang tidak beres didalam HATI anda. kalau saudara belajar mengerti apa yang Tuhan mau, jika Tuhan mau MEMBONGKAR dan membereskan HATI kita, itu akan TERLIHAT pada kehidupan kita, karena Tuhan mau MENDIDIK kita, jika kita bersalah lebih baik kita segera MENGAKU dan tersungkur dikaki Tuhan dan berkata “ Tuhan KOREKSI hatiku “.

Semua yang diluar adalah cermin yang didalam.

Jangan beralasan dan gengsi dihadapan Tuhan, karena Dia mendengar mereka yang REMUK hatinya.

Tit 1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis. Tit 1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Kalau dari dalam hati kita SUCI semuanya SUCI, ketika Adam dan Hawa suci, telanjang mereka tidak apa-apa tetapi ketika mereka berdosa mereka tercemar. WUJUD luarnya sama tetapi PERSEPSI dan PANDANGAN berbeda. Jika dari dalam hatinya NAJIS maka semuanya NAJIS.

“Jika saudara pergi dari Semarang ke Kudus atau Demak maka dari pinggir jalan dapat terlihat orang mandi disungai maka buat orang yang hatinya suci melihat pemandangan seperti itu tidak akan bermasalah tetapi bagi orang yang hatinya najis pemandangan seperti itu menimbulkan hawa nafsu.”

Kalau hatimu SUCI maka cara hidupmu , cara berpakaian, perkataanmu semuanya akan baik tetapi bagi orang yang hatinya NAJIS maka cara hidupnya, pakaiannya, perkataannya, TVnya, filmnya, gambar-gambarnya, semuanya NAJIS. Ketika Allah menyelesaikan yang didalam hati kita biarlah hati kita taat.

Bagi orang SUCI semuanya SUCI, ia tidak pernah berpikir yang tidak-tidak, buat orang NAJIS semuanya NAJIS karena HATI nya NAJIS. Kalau kita JUJUR terhadap diri sendiri dan JUJUR dihadapan Tuhan oleh karena pertolongan Roh Kudus maka kita dapat dengan cepat di PROSES Tuhan, itu akan mempermudah Dia membentuk kehidupan dan KARAKTER kita dihadapanNya.

Semua kita tentu mengharapkan tidak mengalami KEJATUHAN, saya percaya semua kita berharap kita kita selesaikan hidup kita TUNTAS didepan Tuhan. Dan untuk itu dibutuhkan KEKUDUSAN dalam HATI kita. Dan untuk membuat KARAKTER yang diluar baik yang didalam harus baik, jika yang didalam BERSIH maka semua akan BERSIH.

Ada seorang pemuda bertanya “ pak saya ini punya pacar, pacaran itu batasan sampai dimana ?”, saya berkata ; perlakukan pacarmu seperti adik!, ia berkata ; kami biasa berciuman dengan pacar saya, saya berkata “ cepat atau lambat kamu pasti jatuh !”,

kalau didalam hati kita NAJIS maka cara – cara hidup kita NAJIS. Kalau didalam hati kita SUCI maka perilaku kita SUCI.

Kalau Allah MENGKOREKSI hati kita bersyukurlah karena itu baik sekali buat kita. Hati kita adalah SUMBER atau MATA AIR, apa yang masuk kedalam menentukan HATI kita. Kalau seseorang selalu berbicara KETUS atau KASAR sebenarnya yang bermasalah adalah yang didalam.

Untuk hati kita BERUBAH bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan KERENDAHAN HATI, kita bisa BERDALIH tetapi sebenarnya kita MENIPU diri sendiri.

Bagaimana caranya  Allah membereskan hati kita ?

Psa 51:6 Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku. Psa 51:7 Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju! Psa 51:8 Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yangKauremukkan bersorak-sorak kembali!  Psa 51:9 Sembunyikanlah wajah-Mu terhadap dosaku, hapuskanlah segala kesalahanku!  Psa 51:10 Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Kata BASUH atau wash dalam bahasa Ibrani pengertiannya adalah seperti “ seorang perempuan MEMBASUH pakaian disungai.” Zaman dulu tentu pakaian itu bahan masih kasar, kalau kita mencuci ( mengucek) dengan tangan maka tangan kita kemungkinan akan terluka, zaman dulu jika seorang bepergian lewat padang pasir penuh debu dan kotoran. Sedangkan saat itu belum ada mesin cuci dan detergent seperti saat ini.

Jadi bagaimana cara mencuci pakaian pada zaman dulu ?

Caranya orang akan pergi kesungai merendam pakaian diair kemudian MEMUKULKAN dan MEMBANTING pakaian itu kebatu. Kira- kira seperti itulah Tuhan MEMBERSIHKAN hati kita. Biarlah semua yang kotor dan tidak berkenan dihati kita dikeluarkan oleh Tuhan.

Mat 21:44 (Dan barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk.)”

“ Izinkan Tuhan MEMBERSIHKAN hati kita sehingga hati kita menjadi lebih putih dari salju !”

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s