TAKUT DAN HORMAT AKAN ALLAH

Takut dan Hormat akan Allah

Ditulis dari Kotbah Pdt  Petrus Agung Purnomo

Beberapa hari yang lalu timbul suatu pertanyaan dalam hati saya ketika saya merenungkan kembali kehidupan orang yang bernama Ishak . saya pernah sampaikan kepada saudara bahwa Ishak ini diapit dua pribadi yang kuat yaitu Abraham dan Yakub, ayah dan anaknya sendiri, jika dibandingkan dengan dengan dua orang yang mengapitnya sepertinya Ishak adalah pribadi yang paling lemah dan tidak banyak suaranya namun sebaliknya pada sisi yang lain justru sebaliknya Ishak adalah pribadi yang paling stabil, tidak banyak goncangan dalam hidupnya dan sepertinya hidupnya dilalui dengan begitu manis, begitu indah dan begitu mudah.

Lalu timbul pertanyaan dalam hati saya mengapa orang ini beda sekali ?, kita pernah belajar dalam diri Ishak ada “ Roh Yesus “, dia mengikuti  jejak akan bapanya Abraham, sebagaimana Yesus mengikuti  akan setiap perbuatan dan perkataan dari Bapanya di surga.  Sepertinya didalam roh saya ada sesuatu yang mendorong untuk bertanya lagi ? masih ada yang lain yang belum terungkap dari satu pribadi ini. Ketika saya berdoa saya belajar sesuatu, Roh Kudus menunjukan suatu kisah dalam kitab kejadian, pada waktu itu Yakub sudah sekian lama kerja pada pamannya Laban, dan dia memperhatikan kalau selamanya aku  ikut Laban hidupku akan tersiksa dan aku tidak akan pernah berkembang. Kemudian ia merundingkan dengan istrinya bagaimana kalau kita kembali ketanah nenek moyang ku dan istrinya setuju maka diam –diam mereka kabur ternyata pada saat akan pergi, Rahel mencuri patung berhala(terafim) Laban dan itu yang membuat Laban begitu marah dan mengejar rombongan Yakub tetapi sebelum  Laban berjumpa dengan Yakub, Allah mendatangi Laban  dan memperingatinya “ Awas kamu jangan engkau mengatai Yakub”.  Akhirnya Laban berbicara dengan baik-baik dengan Yakub dan Yakub mengeluarkan isi hatinya kepada Laban. Laban mengizinkan Yakub untuk kembali ke kampung halamannya tetapi mengapa engkau mencuri terafim milikku. Yakub tidak mengetahui bahwa Rahel yang mencuri terafim itu. setelah dicari diseluruh kemah tetapi tidak ditemukan dan disembunyikan Rahel dibawah pelana onta yang dikendarai oleh Rahel.

Pada saat itu Yakub mengucapkan sumpah dalam sumpahnya ia menyebut akan Allah Abraham dan Allah Ishak.

Gen 31:42 Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam.”

Gen 31:53 Allah Abraham dan Allah Nahor, Allah ayah mereka, kiranya menjadi hakim antara kita.” Lalu Yakub bersumpah demi Yang Disegani oleh Ishak, ayahnya.

(KJV) The God of Abraham, and the God of Nahor, the God of their father, judge betwixt us. And Jacob sware by the fear of his father Isaac.

Yakub menyebut nama Allah sebagai yang DISEGANI, DITAKUTI, DIGENTARI oleh Ishak. Yakub melihat sejak masa kecil bahwa ayahnya adalah seorang yang sangat takut akan Tuhan. Pribadi yang Gentar dan takut akan Allah. Itulah sebabnya ketika ia bersumpah dan ia menyebut akan nama Allah, ingat Yakub belum berkata Engkau  adalah Allah Yakub karena ia berkata “ kalau Engkau mengizinkan aku kembali kerumah orang tuaku dalam keadaan selamat dan diberkati  baru aku akan menyebut Engkau Allah Yakub. Lalu ia ia menyebut nama Tuhan dengan siapa  Allah Abraham  tetapi untuk Allah Ishak yakub menyebutnya “ YANG DISEGANI, YANG DITAKUTI, YANG DIGENTARI oleh Ishak .“

Kenapa ? Sejak masa kecilnya Yakub melihat ayahnya adalah seorang yang TAKUT AKAN TUHAN.  Dan tahukah saudara hal yang luar biasa sempat saya tanyakan pada beberapa teman, apakah Ishak kawin lagi?,  tidak pernah tertulis di alkitab dia punya istri lain selain daripada Ribkah.

Saya mau memberitahukan kepada teman-teman putri  yang belum menikah jangan cari calon suami karena kekayaan, kepandaian atau karena Kristen tetapi cari orang yang TAKUT AKAN TUHAN. Jika saudara menikah dengan orang yang TAKUT AKAN TUHAN rumah tanggamu terjamin. Anda cari orang Kristen, pendeta sekalipun tapi tidak takut akan Tuhan tidak ada jaminan. Ishak TAKUT AKAN TUHAN sampai anaknya berkata Allah adalah yang DISEGANI, DITAKUTI, DIGENTARI oleh Ishak. Yang luar biasa tidak pernah alkitab mengatakan bahwa Ishak kawin lagi, Abraham kawin lagi, Yakub kawin lagi, Musa kawin lagi. Tetapi Ishak tidak kawin lagi.

Saya percaya rasa HORMAT dan TAKUT  akan Tuhan akan dikembalikan dikembalikan ditengah-tengah gerejanya.

Heb 11:7 Karena iman, maka Nuh dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum Kelihatan dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya.

(KJV) By faith Noah, being warned of God of things not seen as yet, moved with fear, prepared an ark to the saving of his house; by the which he condemned the world, and became heir of the righteousness which is by faith.

Move with fear , rasa TAKUT yang dari Allah, KETAKUTAN YANG ILAHI, membuat NUH bergerak mempersiapkan bahtera, orang ini mempunyai namanya GOD LIFE HERE. Takut akan Allah yang Sama dengan yang dimiliki Ishak. Saya mau katakan sekali lagi bahwa apa yang pernah dialami oleh Ishak dan Nuh akan Tuhan kembalikan ditengah-tengah gerejaNya. Kenapa?

“ Karena saya perhatikan hari ini sebagian besar orang Kristen datang beribadah kepada Allah tanpa rasa hormat dan takut dengan Allahnya !. “

Oya kita pernah berjumpa dengan Allah yang adalah Allah yang kasih tapi ingat ia Allah yang maha kuasa, maha suci, maha mulia dan selayaknya orang Kristen yang pernah berjumpa dengan Allahnya, ia punya rasa takut, respek, hormat dan gentar dengan Allahnya.

Ada beberapa dari saudara berkata kepada saya; “ Pak teman saya, saya ajak ke gereja sini tidak mau, kenapa?, TAKUT, itu gereja MENAKUTKAN kata mereka.” saya berkata  bagus!, kalau orang bisa seenaknya datang kepada Allah dengan segala dosa tanpa merasa berdosa, saya berkata ada yang keliru dalam tubuh Tuhan!.

Saya mau beritahu saudara salah satu ciri gereja mula-mula adalah DITAKUTI oleh orang. Salah satu ciri ibadah mereka adalah rasa TAKUT akan Allah. Hari ini kita diajar untuk bersukacita, bergembira dalam Tuhan, menari, bersorak-sorai. Saya setuju dengan semuanya itu. tapi bagian dari ibadah yang dimiliki oleh gereja mula-mula adalah mereka senantiasa harus mengalami apa yang namanya TAKUT DAN GENTAR AKAN ALLAH.

Act 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Act 2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Act 2:43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.

Salah satu ciri suasana hati mereka beribadah adalah mereka punya GOD LIFE HERE, TAKUT AKAN ALLAH.

Act 5:11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu. Act 5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. Act 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepadamereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak.

Saudara tahu apa arti dari orang-orang lain, mereka adalah orang yang tidak bertobat dan tidak mau memberikan hidupnya total kepada Allah.

Hanya mereka yang mencari Allah dengan segenap hati ditambahkan didalam bilangan mereka.

Sehingga KUALITAS nya luarbiasa. Hari ini saudara banyak gereja mencoba untuk entertains jemaat,  mencoba untuk menghibur jemaat, supaya banyak orang ditambahkan. Saya berkata bahwa dalam gereja mula-mula mereka yang berani datang kepada Allah adalah mereka yang mencari Allah dengan sungguh-sungguh bukan orang sekedar ingin menonton, ingin menggabungkan diri. Ingat dalam kitab keluaran 19, dikatakan ketika Tuhan hadir di gunung  Sinai, pada waktu itu Allah berkata kepada Musa “ jangan sampai ada orang yang datang mendekat kegunung itu dengan maksud hanya melihat-lihat nanti mereka mati.”

Saya tidak berkata kita beribadah denga terus ketakutan tapi saya mau katakan TAKUT AKAN TUHAN dikembalikan ditengah-tengah umatnya. Gereja sudah kehilangan POWER dan OTORITAS Nya, kenapa?, karena TAKUT AKAN TUHAN hilang ditengah-tengah kita.  Tapi jika anda datang kebaktian minggu lalu pada waktu kebaktian ke2 pada malam hari, siapa yang tidak gentar ketika Allah MEMANIFESTASIKAN diri Nya . Anda bisa lihat videonya, pada waktu song leader telah selesai, waktu ibadah diberikan kepada saya , saya tidak punya ide apapun, Tuhan berikan saya lagu, saya ajak jemaat menyembah Tuhan lalu saya lihat song leader berlutut, Roh Kudus berkata kepada saya “ Aku akan buat sesuatu yang baru yang belum pernah umatku lihat.” Saya tidak tahu apa itu, tetapi seperti ada orang dibelakang saya, Saya tahu ada empat singer dibelakang saya, saya menoleh kebelakang,   ada sesuatu yang sukar digambarkan dan Tuhan berkata biar beberapa teman maju kedepan kemudian mereka mengangkat tangan dan mereka bertumbangan tanpa seorangpun berdoa, Allah menjamah mereka dengan luarbiasa dan itu adalah “ GOD LIFE HERE “. Saya percaya itu akan dikembalikan ditengah-tengah kita , orang datang kepada Allah dengan HORMAT, dengan RESPECK bukan dengan seenaknya . hidup yang dibawa kepada Allah DIKUDUSKAN.

Pada waktu kita punya yang namanya TAKUT AKAN ALLAH maka TAKUT AKAN ALLAH akan MENYELIMUTI kita, pada waktu kita bergerak keluar maka rasa TAKUT AKAN TUHAN akan MENGITARI kehidupan kita.

Saya baca sebuah kesaksian ada seorang remaja putri yang hidupnya TAKUT AKAN TUHAN luar biasa. Kemanapun dia pergi selalu dia membawa HADIRAT ALLAH yang membuat orang disekitarnya HORMAT dan TAKUT akan Tuhan. Ketika teman-teman dikampusnya ngomong kotor/jorok dan ia lewat maka semua orang bungkam dan tidak berani berkata apapun yang kotor dari mulut mereka. Ada TAKUT AKAN TUHAN yang dibawa oleh pribadinya.

“ Bagaimana supaya hidup kita menjadi  orang yang TAKUT AKAN TUHAN, bagaimana yang DISEGANI OLEH ISHAK menjadi bagian dari hidup kita !”

saya mau membagikan dua point penting kepada saudara :

Pro 2:4 jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,  Pro 2:5 maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.

1. MENGEJARNYA , MENCARI TUHAN DENGAN SEGENAP HATI.

Mat 13:44 “Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu.

2. ADA HARGA YANG HARUS DIBAYAR.

Tidak pernah tidak, KEMULIAAN itu mesti membutuhkan HARGA YANG HARUS DIBAYAR. Dibutuhkan KETAATAN, KERINDUAN, KEMAUAN, KEHAUSAN, KELAPARAN, akan Tuhan yang begitu besar, untuk membuat kita berkata “ aku akan mencari Allah berapapun harganya aku akan membayar.” Pada waktu kita mencari Allah dengan SEGENAP HATI maka saudara akan tahu apa itu TAKUT AKAN ALLAH dan PENGENALAN AKAN TUHAN.

Roh Kudus berkata kepada saya, “ ada begitu banyak orang Kristen yang sebetulnya tidak pernah mencari Allah dalam hidupnya, waktu ia ketemu dengan Yesus dianggap sudah segala-galanya .” Hidupnya di PRIORITAS kan untuk mencari segala sesuatu di muka bumi ini, ada orang yang FOKUS nya bagaimana supaya aku tambah kaya, ada orang yang FOKUS nya bagaimana supaya hidupku berhasil, ada orang yang FOKUS nya bagaimana aku mendapat jalan keluar dari persoalanku dan bukan MENCARI ALLAH DENGAN SEGENAP HATI.

Kemarin saya berkata kepada beberapa teman mahasiswa, “ kamu kuliah yang benar, kamu kuliah pakai pikiranmu sampai genius  tapi HATIMU kamu berikan BERPAUT HANYA kepada Allah.”

Saudara tidak semua orang Kristen MENCARI Tuhan seperti yang alkitab mau. Kalau engkau mencari Tuhan seperti seorang yang MENCARI harta terpendam, berapapun HARGA nya, seberat apapun penyangkalan dagingmu , alkitab berkata engkau akan tahu yang namanya TAKUT AKAN TUHAN dan PENGENALAN AKAN ALLAH. Hanya dengan cara itu hidup kekristenan kita akan maju.

Ada seorang saudara berkata kepada saya ; “ Pak saya heran, saya jumpai disekitar saya tidak banyak orang Kristen yang sungguh-sungguh MENGEJAR Allah seperti yang saya kerjakan hari ini. Saya menjawab “ betul, saat ini tidak banyak yang MENCARI Tuhan dengan SEGENAP HATI, yang seluruh hidupnya di FOKUS kan kepada Tuhan, “ Tuhan aku mau kenal Engkau lebih lagi, Tuhan aku ingin tahu Engkau lebih lagi.” yang banyak saat ini orang yang berkata; “ Tuhan aku mau lebih kaya, Tuhan aku mau naik pangkat, Tuhan aku mau hutang-hutangku segera lunas.”

Kalau Allah jadi PRIORITAS kita maka Tuhan akan MEMPRIORITASKAN kita dihadapan Dia.

Saya berkata kepada saudara bahwa beberapa tahun terakhir ini saya tidak pernah berdoa untuk kepentingan pribadi, hubungan saya dengan Tuhan adalah “ TAHU SAMA TAHU “, saya mau Engkau dan Dia tahu persis segala keberadaan dan kebutuhan saya. Saya mau cerita Hari jumat ini saya mau cuti ke Israel , saya tidak keluar uang secara pribadi tetapi ada yang membiayai perjalanan saya. Tetapi untuk perjalanan disana saya perlu uang saku dan saya tidak sempat berdoa hanya berkata kepada Tuhan “ Tuhan engkau TAHU SAMA TAHU dengan ku, seperti itulah TRUST, cara saya PERCAYA kepada Tuhan.

Ada orang yang setiap hari MEMINTA-MINTA kepada Tuhan hal itu dikarenakan KETIDAKPERCAYAAN mereka. Tetapi kalau kita sungguh PERCAYA kepada Tuhan maka sikap kita dengan Tuhan adalah TAHU SAMA TAHU karena Dia pasti mencukupi kebutuhan kita.

Saya bergaul dengan banyak orang ada orang-orang kalau bilang YA itu belum tentu dilakukan, tetapi ada orang yang berkata cukup sekali YA dan hal itu pasti dilakukan. Ada seorang teman di cirebon berkata kepada “ pak saya buatkan ukiran dari kayu, tulisannya Nothing  is Impossible with God, dan saya sudah lupa akan perkataannya ternyata beberapa hari yang lalu ia mengirimkannya. Jadi ada orang yang sekali berkata  YA dan pasti dilakukannya.  Sebaiknya sikap kita dengan Tuhan adalah TAHU SAMA TAHU. Jadi untuk perjalanan di Israel saya belum punya uang saku lalu beberapa hari yang lalu ada paket dari Jakarta, isinya permen coklat. Didalamnya ada surat ternyata dari teman di Jakarta dan ada berkat berupa uang $ 500, cukuplah untuk uang saku saya. TUHAN TAHU semua kebutuhan saya dan Ia memenuhinya. Mau ke Israel saya tidak berdoa, yang saya lakukan adalah MENGEJAR TUHAN dan PERCAYA kepadanya. Masalahnya adalah seringkali kita TIDAK PERCAYA kepadaNya dengan berusaha dengan kekuatan sendiri , cari jalan, cari berkat, cari rezeki.

Psa 55:16 Tetapi aku berseru kepada Allah, dan TUHAN akan menyelamatkan aku. Psa 55:17 Di waktu petang, pagi dan tengah hari aku cemas dan menangis; dan Ia mendengar suaraku. Psa 55:18 Ia membebaskan aku dengan aman dari serangan terhadap aku, sebab berduyun-duyun mereka melawan aku. Psa 55:19 Allah akan mendengar dan merendahkan mereka, Dia yang bersemayam sejak purbakala. Sela  Karena mereka tidak berubah dan mereka tidak takut akan Allah.

(KJV) God shall hear, and afflict them, even he that abideth of old. Selah. Because they have no changes, therefore they fear not God.


PERUBAHAN HIDUP kita akan membuat kita TAKUT dan GENTAR akan Tuhan. Kristen yang BAYI belum bisa mengerti apa artinya TAKUT AKAN ALLAH.  Makin kita DEWASA dalam Tuhan kita akan makin tahu apa artinya TAKUT dan GENTAR akan Allah.

Sebagai contoh : kalau saudara punya anak bayi dan anda gendong, saat itu anda sudah berpakaian resmi  rapi untuk menghadiri suatu acara kemudian anak anda mengompol , anda akan MEMAKLUMI nya karena anak anda masih BAYI. Contoh lainnya ketika seorang anak kecil bermain dengan orang tuanya, anak itu memegang kepala orang tuanya, menarik-narik rambut mamanya. Mengapa? Karena mereka BELUM MENGERTI. Tetapi semakin DEWASA mereka akan mengerti. Apa ada anak yang sudah dewasa berani pegang kepala ayahnya? Semakin DEWASA mereka mengerti artinya HORMAT dan TAKUT kepada orang tuanya.  Atau di dunia timur anak yang sudah dewasa apa berani panggil orangtuanya dengan hanya menyebut nama mereka?

PERUBAHAN itu membuat kita MENGHORMATI orang tua kita, kalau kita BERUBAH maka kita akan makin punya TAKUT dan GENTAR akan Allah. Kalau Kristen kita BAYI terus maka kita tidak akan pernah bisa MENGHARGAI Bapa yang disurga. Makanya Daud berkata  “ Karena mereka tidak berubah makanya mereka tidak takut akan Tuhan.“ kita mesti berdoa berkata “ Tuhan Engkau UBAH aku TRANSFORMASI kan hidupku supaya aku KENAL siapa Engkau dan aku tahu bagaimana TAKUT AKAN TUHAN.” Coba perhatikan kehidupan sehari-hari , itu menggambarkan dengan jelas apa yang alkitab ajarkan buat kita.

Heb 12:28 Jadi, karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan, marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada Allah menurut cara yang berkenan kepada-Nya, dengan hormat dan takut.  Heb 12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Psa 40:3 Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

“ Jika Ibadah kita diperbaharui ada TAKUT AKAN TUHAN ditengah-tengah kita akibatnya banyak orang menjadi PERCAYA kepada Tuhan.”

Takut dan Hormat akan Allah

Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s