3 Hal Mengenai Jejak Domba

3 Hal Mengenai Jejak Domba

Ditulis dari kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Kidung Agung 1:7  Ceriterakanlah kepadaku, jantung hatiku, di mana kakanda menggembalakan domba, di mana kakanda membiarkan domba-domba berbaring pada petang hari. Karena mengapa aku akan jadi serupa pengembara dekat kawanan-kawanan domba teman-temanmu? Kidung Agung1:8  Jika engkau tak tahu, hai jelita di antara wanita, ikutilah jejak-jejak domba, dan gembalakanlah anak-anak kambingmu dekat perkemahan para gembala.

Ini merupakan jeritan hati dari pada banyak orang karena melihat adanya domba – domba yang menikmati, alkitab berkata berbaring pada petang hari, sebetulnya jika anda cek dalam bahasa Inggrisnya dikatakan rest at noon, berbaring pada tengah hari, buat kita orang Indonesia berbaring tengah hari konotasi ini jelek sekali, orang kita kalau suka tidur dikonotasikan sebagai orang yang malas karena siang hari adalah waktu bekerja, tetapi anda harus kembali kepada geogarfis ditimur tengah bahwa sebetulnya perkataan ini adalah rest at noon, ada domba-domba yang Tuhan gembalakan itu menikmati istirahat pada tengah hari.

Suatu hari saya ke Israel dengan rombongan kali yang ke 4 atau 5, saya lupa,  dan karena keadaan agak tegang pada saat itu, kota Yerikho di tutup oleh tentara Israel, karena ada ketegangan dengan Paleztina dan rupanya berlanjut sampai dengan hari ini maka kami tidak bisa pergi Yerikho setelah tiba diperbatasan antara Yordan dengan Israel, tapi kemudian kami harus belok dulu ke suatu daerah bernama Kumran, disana merupakan daerah yang sangat berharga bagi penelitian alkitab.

Karena sekian tahun yang lalu ditemukan gulungan kitab nabi Yesaya dan ternyata sejak saat itu mereka berkata bahwa alkitab ini valid karena terjemahannya dari sejak ribuan tahun yang lalu tidak ada perubahan. Itu merupakan tempat dimana ada banyak gua gua dan seorang gembala domba menemukan kitab nabi Yesaya yang sudah berusia ribuan tahun.

Tapi jika anda memperhatikan tempat padang  gembala di Israel, anda jangan membayangkan seperti di Indonesia dengan padang rumput, dengan sawah, petani sedang mencangkul sawah, anak petani duduk diatas kerbau meniup seruling, hal itu tidak ada, disana padang gembalaan adalah padang gurun dan domba –domba disana makan rumput-rumput yang sebetulnya hampir tidak Nampak, ketika saya melihat kondisi Kumran itu pada tengah hari tepat jam 12 kami tiba disana, panasnya luar biasa karena basicnya gurun dan disitulah orang menggembalakan domba-domba mereka.

Waktu itulah terbuka mata rohani saya, mengapa alkitab mengatakan “ sangat merindukan melihat akan domba-domba berbaring pada tengah hari / rest at noon ”, karena pada tengah hari panasnya luar biasa gembala yang baik akan membawa domba-dombanya untuk masuk kedalam cekungan daripada bukit batu, disitulah mereka terhindar daripada sengatan sinar matahari. Jadi kalau mereka berkata “ kami tahan panas kami tidak perlu kami masuk kecekungan itu “, dia akan jadi barbeque/ kambing guling, kenapa karena panasnya luarbiasa, pada tengah hari saat matahari paling menyengat mereka masuk kecekungan bukit untuk berteduh itulah tempat yang paling aman yang menghindari mereka dari kematian.

Dengan kata lain sebetulnya dalam kehidupan kita kemanapun kita pergi kalau kita mengikuti Yesus, Tuhan akan membawa kita menikmati rest at noon/ berbaring pada tengah hari,

kata rest yang dipakai disini sering kali juga di gunakan kata SABAT dalam kitab yang lain, dan kata itu artinya tempat atau keadaan dimana kita PUAS dengan apa yang Tuhan tentukan didalam kehidupan kita.  

Orang Kristen yang kenal dengan Tuhan dan dia berjalan bersama dengan Yesusnya, dia akan berkata AKU PUAS DENGAN TUHAN, aku tidak puas karena harta, oleh karena kedudukan , oleh karena kemuliaan manusia tapi kepuasaanku karena AKU PUAS DENGAN TUHANKU YANG LUAR BIASA.  

Nah ini yang sebetulnya yang ditanyakan oleh MEMPELAI WANITA/GEREJA, “dimana kakanda menggembalakan domba sehingga mereka bisa menikmati rest at noon, dimana engkau gembalakan mereka sehingga mereka menikmati perlindungan dari matahari dunia yang ganas ini “.  Itu merupakan jeritan dari banyak orang pada hari ini.

Dan jawaban yang diberikan oleh gembala itu menarik sekali, dia berkata “ Jika engkau tak tahu, hai jelita di antara wanita, ikutilah jejak-jejak domba”,  nah di timur tengah kalau anda lihat sisi geografisnya menarik sekali, kalau anda melihat domba berjalan di padang gurun itu tidak pernah zigzag , domba kalau jalan ada URUTAN nya dia mengikuti akan ALUR yang dia buat dan terus dia muter ke arah yang sama, jadi kalau anda lihat bukit seperti di kerat ada garis – garisnya, itu jejak domba sebetulnya. Jadi kalau mereka pergi, mereka pergi dengan KETERATURAN sehingga ketika mereka meninggalkan daerah itu selalu ada jejaknya yang lurus dan teratur.

Nah alkitab mengatakan “ kalau engkau mau ingin menikmati rest at noon atau perhentian pada tengah hari, “ ikutilah jejak – jejak domba ”.

Dengarkan baik –baik alkitab yang anda pegang pada tangan saudara, itu berisi jejak-jejak domba yang luar biasa, ada orang-orang yang kisah hidupnya di expose, dibuka bagi kita, meninggalkan jejak bagi kita.

Orang yang bijaksana, ia akan baca alkitab dan berkata “ Tuhan didalamya ada banyak jejak ditinggalkan bagi saya “, kalau engkau ikuti kisah hidup mereka bagaimana Tuhan bergerak bersama dengan dia, suatu hari engkau berkata “ aku juga akan sampai ke tempat perhentian itu/ rest at noon dalam kehidupanku ”.

Sekarang lihat Yeremia 6 : 16 : ada orang berkata “ pak ini alkitab sudah kuno, apa relevansinya buat kita? “

Jer 6:16  Beginilah firman TUHAN: “Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya!

Lihat alkitab berkata “ engkau musti mencari jalan yang dahulu kala, ask for the old paths, mintalah jalan yang lama/kuno, where is the good way, and walk therein, dimanakah jalan yang baik dan jalani jalan yang baik itu, alkitab ini kitab yang lama dan didalamnya ada god way/jalan yang baik,  and ye shall find rest for your souls. Dan engkau akan menemukan perhentian, sabat, kepuasan dengan Allah bagi jiwamu.

Belajar dari alkitab ini kita akan menemukan akan jejak-jejak dari banyak orang yang sudah mendahului kita dengan demikian hidup kita akan menemukan tempat perhentian yang luar biasa.

Sekarang bagaimana cara kita mengenali JEJAK JEJAK itu, ada 3 hal yang mau saya sampaikan berkaitan dengan itu :

1. YANG PERTAMA TIDAK ADA PILIHAN LAIN SAUDARA HARUS MEMBACA ALKITAB SELURUHNYA.  

Saya mau Tanya siapa diantara anda sudah selesai membaca Kejadian sampai Wahyu?, saya beritahu saudara itu KEHARUSAN , ada orang berkata “pak saya tidak suka imamat, ini memperanakan ini, ini memperanakan itu, memang anak saya nanti berapa?, ya banyak anak rohani, nanti kita buktikan, anda akan kaget, bagian yang kecil yang tidak anda anggap sekalipun, seperti silsilah Yesus yang kita pelajari kemarin, kalau anda perhatikan dengan seksama, Roh Kudus MENCELIKAN buat kita, saudara akan belajar itu merupakan kekayaan rohani yang TERSELUBUNG, kita harus membaca seluruh alkitab, kenapa harus seluruhnya?, “pak kenapa kita tidak membaca bagian-bagian yang  baik saja?” , anda yang belum saya dorong saudara untuk membaca seluruhnya, “ gunanya apa pak?” , ada gunanya.

Coba kita lihat firman Tuhan dari :

Joh 14:26  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Joh 16:12  Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Joh 16:13  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Joh 16:14  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Joh 16:15  Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Perhatikan salah satu tugas Roh Kudus adalah MENGINGATKAN KEPADA KITA APA YANG PERNAH TUHAN KATAKAN. Berarti kalau saudara belum pernah membaca, belum pernah mengerti, bagaimana Roh Kudus mengingatkan kita?

Misalnya anda tidak pernah ketemu dengan saudara Hasto, tiba –tiba datang pertama kali bawa koper dan berkata “ masih ingat saya “,  “eee… kita pernah ketemu?”, belum, “ooh anda salah tempat mungkin Rumah Sakit Jiwa tempatnya”, belum pernah ketemu, tanyanya? Masih ingat saya”, kalau sudah pernah ketemu kumpul 6 bulan, “ masih ingat saya tidak?”, siapa kamu?, “Hasto”, saya ingat tahun 2002”, itu boleh karena pernah ketemu, baru pertanyaannya masih ingat saya. Roh Kudus mengingatkan artinya HAL YANG PERNAH ANDA SIMPAN DIDALAM PERBENDAHARAAN SAUDARA. Dan sebagai hamba Tuhan tentu kita harus mengerti apa yang alkitab tuliskan.

Satu kali anda teman saya hamba Tuhan keturunan India tapi tinggal di Malaysia namanya Philip jayabalan, siapa yang pernah dengar pak Philip Jayabalan kotbah?, beliau ini memiliki sekolah alkitab di India, beliau cerita menarik sekali, sekolah alkitab ini beliau biayai, karena kesibukannya sekolah alkitab itu dikelola oleh beberapa temannya, sesekali ia datang berkunjung,  suatu hari beliau datang berkunjung dan disambut dengan meriah sekali, kalau anda pernah ke India sambutan mereka luar biasa, saya dengan saudara Hasto sekian tahun yang lalu pernah ke India, disambut luar biasa seperti topeng monyet meriah sekali, mereka menari didepan kami, seperti film-film India.

Pada waktu itu Pastor Philip belum tahu mutu sekolah ini, hari berikutnya ia mulai meninjau sekolah alkitab itu, ia berpikir “saya akan buat tes kepada anak didik saya seperti apa mutu mereka mengerti isi alkitab”, dia mulai bangga akan sekolah alkitabnya, Pastor Philip ini orangnya tinggi, besar, hitam dan agak mengerikan kalau memandang tajam luar biasa, maklum nabi. Semua orang ngeri ini yang datang presidennya, bigbos yang membiayai semuanya.

Tiba-tiba ia panggil seorang mahasiswa, ia berkata “ ikut saya”, tanpa senyum, mahasiswa ini kaget dan tegang kemudian masuk kekantornya. Lalu ia berkata “ lihat ke saya kamu jawab yang tepat , SIAPA YANG MEMBUNUH GOLIATH ?”, mahasiswa ini menjawab “ BUKAN SAYA, BUKAN SAYA PASTOR, MAAFKAN SAYA, SAYA TIDAK PERNAH MEMBUNUH SIAPAPUN, SAYA KESINI UNTUK JADI HAMBA TUHAN ”,mahasiswa ini menangis. Antara mau tertawa dan marah campur jadi satu. Ia keluar ruangan mencari mahasiswa yang lain, “ kamu ikut saya dan duduk disini, jujur kamu jawab pertanyaan saya, SIAPA YANG MEMBUNUH GOLIATH?”, mahasiswa kedua menjawab, “SUMPAH PASTOR BUKAN SAYA, SAYA ORANG BAIK PASTOR, TADI MALAM BERSAMA-SAMA DENGAN TEMAN-TEMAN KAMI TIDAK MEMBUNUH SIAPAPUN, KAMI BERDOA BANYAK DAN TIDAK PERNAH MEMBUNUH ORANG”. Tambah marah, ternyata ini mahasiswa dari kelas yang sama, ia panggil dosennya, dosen perjanjian lama, “ anda dosennya, Ia pak, masuk sini, mereka berdua mahasiswamu, ia pak, saya Tanya kepada mereka berdua SIAPA YANG MEMBUNUH GOLIATH? mereka bilang BUKAN MEREKA, BAGAIMANA INI?, jawab dosen ini BETUL MEREKA BUKAN PEMBUNUH GOLIATH, MEREKA ORANG BAIK”. ( dosen sama murid sama saja tidak tahu cerita alkitab ). MAKANYA ANDA PERLU BACA ALKITAB !.

Ini penting sebagai DASAR, Roh Kudus tidak mungkin mengingatkan kepada kita kalau kita tidak membaca alkitab dengan baik.

Saya punya kesaksian, sekian tahun lalu menjelang krismon, tahun 1997, waktu itu saya masih tinggal dirumah lama, rumah saya kecil tanahnya 9x19m, tidak ada garasinya, bangunannya kira-kira 70m’, waktu baru nikah cukup, anak 1 cukup, anak 2 pas, anak 3 sesak, sudah lama saya ingin pindah  tapi tidak ada uang dan meninggikan bangunannya karena sering terkena banjir. Suatu hari saya masih ingat itu hari kamis, ada teman saya yang berulang tahun hari itu, ia orang Jakarta, dia sedang membangun komplek perumahan dengan konsep yang baru di Semarang, semua kabelnya dibawah tanah, dia bangun Exclusive, dengan gerbang didepan dan satpam yang menjaga, tidak sembarangan orang bisa masuk dan keluar, tempatnya bagus sekali. Dia berulang tahun hari itu dan ia ingin membuat kebaktian pengucapan syukur yang sederhana, pak Samuel Elkana menelpon saya dia bilang bisa tidak kamu melayani dia, saya hampir berkata tidak karena kami malam itu kami ada kebaktian tengah minggu, tapi Roh Kudus berkata ‘LAYANI DIA’, saya mengiakan, saya atur dengan teman lain, lalu saya ajak anak saya no 2 Samuel dan beberapa jemaat ikut dengan saya.

Singkat cerita malam itu kami kebaktian di lapangan basket di area taman mereka, sederhana sekali saya sampaikan Firman, yang datang tidak banyak, dia dengan beberapa stafnya, pak Samuel,keluarganya hadir dan beberapa teman. Lalu selesai firman ia berkata “pak kapan mau pindah kemari?”,   saya lihat kompleknya senang, saya berkata ini untuk pendeta bagus kenapa pendeta sering ketemu orang perlu punya rumah yang jarang ditemui orang, supaya lebih banyak ketemu dengan Tuhan, ketemu orang terus mengurangi pengurapan, ketemu Tuhan nambah pengurapan. Saya berkata dalam hati saya ingin sekali pindah tapi tidak punya uang, ( jawaban sederhana, HA HA HA……., artinya mau tapi tidak punya uang ), karena kalau saya berkata saya mau nyatanya tidak punya uang, kalau saya bilang saya tidak punya uang nanti orang berkata ‘katanya melayani Raja Segala Raja, jadi paling simple kalau sudah begitu yaitu tertawa sekeras-kerasnya, dia tahu apa artinya.

Terus orang ini beriman dan ia berkata “ ayo pak kita meninjau dulu lihat akan lokasinya, kita buat tour kecil, saya tujukin dari rumah contoh terkecil sampai yang paling besar,”  waktu masuk rumah contoh yang kecil hati saya tidak tergerak, saya berkata dalam hati ngapain dari rumah kecil ke kecil lagi dan jauh lagi, tidak masuk akal, akhirnya pada waktu masuk rumah contoh yang paling besar, 2 lantai dengan 5 kamar tidur, dengan taman didepan dan dibelakang, dengan perabotnya lengkap, dengan wallpaper dan air conditioner, saya berkata dalam hati ‘ini yang paling cocok’, tidak perlu doa puasa, yang paling besar dan paling mahal kan paling cocok buat kita sebetulnya. Lalu kemudian setelah lihat sana lihat sini, anak saya Sam berkata “ papa pindah kesini pa, aku sudah berdoa “, maklum anak pendeta, saya berkata “ terus berdoa Sam”, papanya memanfaatkan anaknya.

Terus orang ini berkata kepada saya “pak jadi yang paling cocok buat bapa yang mana?”, saya berkata “rumah ini yang paling cocok”, dia berkata “boleh dan bapak akan saya berikan discount khusus”, nah artinya ‘boleh’ itu tidak gratis, discount khusus artinya ‘lu musti bayar’, pada waktu ia ngomong begitu hati saya berkata ‘kalau aku di discount 90% pun aku tidak punya uang, kalau saya harus hutang bank, NO WAY’,  sudah pengalaman gereja kami hampir disita bank, nanti saya ceritakan, sejak itu saya tidak mau BERHUTANG, semua CASH sajalah, pada waktu itu saya berkata “ terima kasih pak puji Tuhan “, terus dia ngomong “ 2 hari lagi saya fax berapa harga totalnya”, apakah bapak mau dengan seluruh perabotnya?”, iya seluruhnya”, karena orang tidak punya uang itu seluruhnya atau sebagian sama saja tidak bisa bayar, sama saja, Cuma tahu hargakan tidak salah.

Lalu kemudian saya pulang agak lambat, istri saya Tanya ‘kok kamu pulangnya malam’, anak saya berkata “mama kita mau pindah rumah, kerumah besar ma, disini kecil aku tdak suka, aku sudah berdoa ma”, istri saya berkata ” loh ini apa-apan”,  saya jawab “ tenang aja belum ada keputusan, ada orang menawarkan “, lah kitakan tidak punya uang, saya juga mengerti, nanti kita ngomong apa, bilang saja kita tidak punya uang ’, selesaikan.

Lalu 2 hari kemudian dia betul-betul berikan faxnya, waktu saya terima faxnya hari itu kalau tidak salah dia berikan saya harga -/+ Rp 300…. Juta, tahun 97 sebelum krismon, waktu saya lihat faxnya saya berkata dalam hati ‘wah ini diluar kemampuan saya’, saya jujur hampir saya buang fax itu, saya pikir tidak ada gunanya negosiasi, mau di nego kaya apapun tidak terbeli, diluar kemampuan, tiba-tiba ROH KUDUS berkata kepada saya “sekarang waktunya minta kepada BAPAMU yang disorga”, orang Kristen itu tidak usah disuruh MINTA, minta terus setiap hari APALAGI disuruh, wah langsung seperti kena tegangan tinggi, saya masuk kekamar saya kunci pintunya, saya mau berlutut mau sembahyang, ROH KUDUS berbicara lagi “doa seperti raja Hizkia“, kalau anda tidak pernah BACA ALKITAB, tidak tahu ceritanya apa, Roh Kudus ngomong doa seperti raja Hizkia, anda pusing ngga?, kalau anda baca alkitab anda ngerti ceritanya, langsung detik yang sama anda tahu apa yang diingatkan oleh Roh Kudus.

Anda harus tahu raja Hizkia, ceritanya seperti ini kalau anda belum tahu, dia dikepung oleh musuh orang Aram, begitu rapat musuh mengepung dan musuh ini kurang ajarnya luar biasa, satu hari mereka merasa pasti menang mereka buat surat raja Hizkia di maki-maki dan TUHAN dimaki-maki, waktu raja Hizkia baca surat maki-makian ia berkata “ aku rasa ini alamatnya dua, aku dan Tuhan, aku dimaki-maki ya biar memang aku tidak bisa apa-apa tapi kalau Tuhan dimaki-maki mari kita lihat reaksinya”, Hizkia ini PROVOKATOR hebat, alkitab berkata dia bawa surat itu kerumah Tuhan dia bentangkan surat itu dihadapan Tuhan, “ Tuhan kalau aku dimaki-maki itu biasa masa ENGKAU dimaki-maki, Engkau pencipta alam semesta, Tuhan MEMBACA tersinggung perasaanNYA musuh dihabisin”, Hizkia menang.

Jadi waktu saya dengar, Tuhan berkata doa seperti raja Hizkia berdoa, apa yang saya buat, tidak duduk saya berdiri, “ Tuhan ini bukan dari musuhMu api dari anakMu saya hanya mau lapor angkanya gede banget, dalam nama TuhanYesus engkau lihat Tuhan aku tidak punya uang Engkau punya kalau Engkau mau bisa, amin “, terus saya taruh diatas lemari, siapa tahu Allah lupa dilihat lagi, doanya tidak ada semenit DAMAINYA LUAR BIASA, terus saya apain  telephone pun tidak.

2 minggu setelah itu saya seminar di Jakarta, pergi berdua dengan istri saya, kami menginap dihotel, hari kedua jam 2.30 pagi ketika kami tidur ada suara laki-laki teriaknya keras luar biasa di telinga kanan saya “ minggu ini aku kasih kamu rumah baru “, kaget saya bangun istri saya tidur tidak ada orang lain saat itu, lalu saya berdoa “ Tuhan KALAU ini dari padaMU”, anda bertanya ‘pak kok KALAU’, anda musti juga sadar itu bisa saja suara dari DIRIMU sendiri karena kepingin rumah, ngerti saudara, kan banyak orang gitukan JATUH CINTA dulu terus bisa menjurus ke dia, baca ayat ingat dia, mau tidur ingat dia, makanpun ingat dia, ke WC ingat dia, semuanya MENJURUS karena sudah jatuh cinta, Yesus berpakaian putih wah sama dengan dia,Yudas gantung diri wah dia bawa tali, manusia harus JUJUR, jangan sembarangan Tuhan ngomong – Tuhan ngomong, nanti anda konyol, JUJUR DENGAN DIRI SENDIRI, kalau anda lagi KEPINGIN hati-hati yang terngiang bukan Tuhan tapi berasal dari dirimu sendiri.

Pada waktu itu saya berkata “kalau dari padaMU Tuhan TERJADI dan Engkau yang berkata AKU beri kamu rumah”, saya pulang dari Jakarta bapak pemilik perumahan telepon saya “ pak gimana sudah terima fax saya, terus gimana pak? “, saya menjawab “ iya pak terus terang itu diluar kemampuan saya”,  tidak usah bersilat kata ngomong terus terang, “ kalau gitu begini pak saya bantu bapak cara pembayarannya”,  cara bayarnya bagaimana?”,   “tidak usah uang muka tidak usah bunga bapak angsur saja tiap bulannya Rp 5 juta,-“,  saya bilang “ tidak mampu Pak, Rp 5juta tiap bulan buat saya berat sekali (waktu itu ) belum ditambah ongkos kehidupan, berapa yang harus saya kumpulkan tiap bulan ”,  dia berkata “Ok pak bagi 5 tahun”, kira-kira Rp 3,5 juta/bulan, saya bilang “masih terlalu tinggi pak”, kemudian dia berkata lagi “ bapak kuatnya berapa?”, itu berat kalau saya ngomong Rp 10 ribu/bulan itu namanya ngajak berantem, terus saya berkata “ saya tidak bisa beri angka pak “,  ia berkata “bapak ngomong aja berapa nanti saya pertimbangkan”,  ‘saya tidak bisa’, ‘kenapa tidak bisa?’.

Saya ceritakan alasannya “saya ini hamba Tuhan, hal yang PALING BERHARGA buat hidup saya, saya ingin tetap didapati HATI SAYA BERKENAN DIHADAPAN TUHAN, kalau saya janji dengan bapa suatu angka tertentu misalnya 1 atau 2 juta rupiah, sejak hari ini dalam hidup saya ada TARGET tambahan yaitu TARGET UANG, siapa yang jamin kalau saya pelayanan MOTIVASI nya tidak cari UANG, karena janji harus saya genapi, mau tidak mau saya harus berbuat sesuatu untuk menggenapi janji saya, tapi ini soal UANG mau tidak mau dalam pelayanan saya akan tercampur dengan MOTIVASI MENCARI UANG, kalau hidup saya sudah termotivasi karena uang hati saya pasti tidak berkenan dihadapan Tuhan. Nah untuk apa didalam perumahan yang bapak bangun ini tinggal hamba Tuhan yang hatinya tidak lagi berkenan dihadapan Allah”.

Dan saya berkata “ yang Tuhan bangun didalam hidup saya sudah bertahun-tahun lebih baik buat saya tinggal didalam rumah yang kecil dan kebanjiran tidak masalah tetapi hati saya didapati berkenan dihadapan Tuhan”, saya berkata “ bapak jualah kepada orang lain, saya tidak keberatan itu hak bapak, tidak akan saya sesali memang belum waktunya, karena kemampuan saya belum sampai kesitu, tapi saya mau beritahu bapak “ saya tidak mau hati saya tercemar”.

Ia berkata “ betulll… pak”, ia ceritakan mengenai pendeta A, pendeta B, kena masalah begini begitu, saya berkata “ bapakkan sudah mengerti , saya tidak mau menjadi korban selanjutnya”, saya pikir sudah selesai, telephone ditutup, dia berkata lagi “Pak sekarang CARANYA bagaimana supaya bapak bisa pindah kemari ?“, saya mulai bingung wah ini yang butuh siapa?, waktu itu belum krismon, saya berkata “ ok begini pak saya tidak minta GRATIS, didunia ini tidak ada yang gratis bahkan keselamatan kita pun tidak gratis tetapi Yesus yang BAYAR buat kita, tapi kalau bapak mau BERKATI saya carannya harus EXTREME banget, kalau tidak lupakan pembicaraan kita, kalimat ini menterjemahkannya sulit, EXTREME banget maksudnya opo”.

Wah dia merenung lama kemudian ia berkata “ sudah gini aja pak, tidak usah uang muka, setuju, tidak usah bayar bunga, lebih setuju lagi he he, tiap bulan berapa…terserah, sampai kapan…terserah, ‘ya’ cukup extreme saya berkata, dia berkata “bapa punya besar diberkati banyak beri banyak tidak adapun tidak masalah, tidak harus setiap bulan mengangsur, pokoknya terserah”. Nah yang itu saya mauuuu… . terus dia ngomong begini “ begini pak supaya sama-sama enak bagaimana kalau kita buat perjanjian tertulis ”, saya bilang “ tunggu dulu kalimatnya bagaimana?, Sebab anda harus mengerti kalau anda pinjam uang dengan bank  didepan itu manis..tidak apa.. tidak apa…nanti waktu tanda tangan itu kata-kata perjanjiannya kecil-kecil sampai sulit dibaca, itu jeratnya, memang begitu aturannya tidak ada orang melepaskan uang tanpa ada jaminan. Kalau ditunjukan konsekwensinya terus tidak ada yang meminjam. Lalu kemudian ia berkata “ begini pak bukan saya yang membuat PERJANJIAN nya tapi bapak silahkan membuat dengan kalimat bapak sendiri saya tinggal mengikuti , wah itu lebih bagus lagi, ok ya pak saya tunggu draft nya dari bapak, siap”, kemudian telephone kami tutup.

Saya ngomong sama istri saya “ kita pindah rumah”, istri saya pucat, istri saya berkata “ kita tidak punya uang, saya mengerti, bayarnya pakai apa?, uang, tapi bagaimana?, ia mulai panik, saya cerita apa yang terjadi, kenapa istri saya seperti itu karena ia terbiasa memperhatikan hal-hal yang detail, ia berkata “ya sudahlah aku yang penting ikut kamulah imanku tidak nyampai tapi aku tidak mau menghalangi karena hal ini dari Tuhan “. Setelah saya keteman saya sarjana hukum anak Tuhan juga, saya bilang “ tolong buatkan akte perjanjian jual beli sementara, ok kamu beli rumah dimana?, disini, harga berapa?, harga sekian, diangsur berapa lama?, jangan disebut, bunganya berapa?, jangan disebut, uang mukanya berapa?, jangan disebut, loohh…lantas bagaimana ini???, gini-gini saya ajarin pokoknya pihak I kepada pihak kedua akan mengangsur setiap bulan sampai mencapai jumlah Rp………….,- ( tanpa bunga ) . sesuai dengan kemampuan dan BERKAT TUHAN, apa ada perjanjian hukum dengan kata BERKAT TUHAN???, “surat perjanjian itu harus ada nilai nominalnya saya ini kuliah hukum bertahun-tahun belum pernah ada yang seperti ini ”, loh ini ILMU BARU waktu kamu lulus ilmunya keluar, sudah tolong buatkan sesuai dengan yang saya katakan buatkan 2 rangkap + meterai.

Setelah selesai saya bawa surat itu kerumah bapak pemilik real estate, saya bilang “ pak saya mau tunjukan draftnya”, kemudian ia baca “ wah bagus sekali ‘ADA KATA BERKAT TUHANNYA kalau dari kemampuan kita pribadi tidak bisa tapi oleh BERKAT TUHAN , ‘ betul’ ,  ILMU BARU saya beritahu saudara’, “setuju bapak setuju, kalau bapak sudah setuju bapak yang tanda tangan dulu”,  kalau saya duluan nanti dikira grrrr…, ia tanda tangan saya ikuti, ia pegang draft satu saya satu. Terus ia berkata ‘pak saya hanya minta bapak segera pindah kemari ‘, beres pak seminggu saya pindah, tinggal angkat koper semua sudah lengkap perabotnya.

Setelah kami pindah, kita mulai mengangsur, Tuhan bekerja luar biasa, 6 bulan pertama saya bisa mengangsur Rp 19.000.000,- , berarti setiap bulan -/+ Rp 3. 150.000,-, lumayan saudara yang saya bilang tidak mampu, Tuhan berikan kemampuan, tanpa harus cari uang diluar,berkat mulai mengalir, setelah enam bulan ada hamba Tuhan kurang ajar bergurau tapi menyinggung perasaan Tuhan bukan perasaan saya, dia ngomong begini “ kalau saya pikir kamu ini orang yang menghalangi Yesus datang kedua kali, ‘kok bisa’ saya bilang, “kasihan dong teman-teman kita sudah seminar dimana-mana, akhir zaman… akhir zaman, ada yang ketakutan… ada yang senang karena kalau Tuhan datang hutangnya tidak usah bayar…, Yesus sudah berdiri dari tahtanya Dia mau turun menjemput umatNya, dia lihat kedunia waktu Dia lihat kamu dilemma, mau tidak diangkat ngga enak sama kamu sungkan, kalau diangkat RUMAHMU BELUM LUNAS, jadi Tuhan duduk lagi, kamu yang menghalangi, saya bilang “kurang ajar ini orang”, saya tidak sakit hati karena ia bergurau, tapi rupanya Tuhan tersinggung perasaannya.

Karena kurang dari seminggu setelah hari itu, saya masih ingat ketika saya keluar rumah dengan mobil lama saya, Roh Kudus berkata jelas sekali “ KEKURANGAN PEMBAYARAN RUMAH SELESAIKAN “, padahal sisanya masih Rp 300 juta, kalau anda dengar begitu anda ngomongnya apa?bingung tidak punya uang?, tapi saya berkata “baik Tuhan BERKATI AKU DULU nanti berkatnya aku bayar rumah “,  saya beritahu kepada saudara sisanya Rp 300 juta saya lunasi hanya butuh 3 bulan, pada waktu itu puncaknya krisis moneter, 3 bulan uang itu seperti tidak ada nilainya masuk kepada saya, saya kembalikan perpuluhan yang Tuhan suruh TABUR saya TABUR, dalam waktu 3 bulan LUNAS, bapak itu berkata “ pak saya pikir saya membantu pendeta tapi krismon seperti ini saya butuh uang kontan, semua pembangunan property terhenti waktu bapak bayar ternyata pendeta yang menolong saya”,  terus dia bilang “pak apakah ada pendeta lain yang butuh rumah”.  Siapa butuh rumah? BERDOALAH, dengar baik-baik, DARIMANA SEMUANYA DIMULAI KETIKA TUHAN BERKATA KEPADA SAYA DOA SEPERTI RAJA HIZKIA.

BACA ALKITAB JANGAN SEORANG PUN KEHILANGAN APA YANG ADA DALAM FIRMAN TUHAN

2. YANG KEDUA, ANDA HARUS MENGERTI DIDALAM FIRMAN TUHAN ADA HUKUM HUKUM KEBENARAN.

Coba lihat : Rom 3:27  Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman! ( KJV) Where is boasting then? It is excluded. By what law? of works? Nay: but by the law of faith. (HUKUM IMAN)

Rom 8:1  Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Rom 8:2  Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.

Rom 8:1  There is therefore now no condemnation to them which are in Christ Jesus, who walk not after the flesh, but after the Spirit. Rom 8:2  For the law of the Spirit of life in Christ Jesus hath made me free from the law of sin and death.

Yakobus 1:25  Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

Lihat saudara ini ada yang namanya HUKUM IMAN di Roma 3:27, HUKUM ROH KEHIDUPAN di Roma 8:2, HUKUM YANG SEMPURNA di Yakobus 1:25, perhatikan kata LAW/HUKUM kata LAW/HUKUM, apa yang SIGNIFIKAN dari kata HUKUM ini,

 HUKUM ini mempunyai kekuatan lebih dari sekedar TEORI.  

Contohnya : kita tahu ada TEORI DARWIN yang berkata manusia berasal dari monyet tapi siapa yang SETUJU nenek moyang kita adalah monyet?, angkat tangan tinggi-tinggi, ‘tidak adakan’, artinya itu baru TEORI belum diterima secara universal, tapi kalau itu HUKUM contohnya seperti HUKUM GRAVITASI yaitu benda kalau anda lemparkan keatas pasti akan turun kebawah karena ada daya tarik bumi. Kemanapun engkau pergi didunia ini atau anda mengerjakan apapun hukum itu dalam perhitungan, anda buat pesawat terbang atau buat apapun masuk dalam hukum gravitasi,

HUKUM ITU BERLAKU SECARA UNIVERSAL DAN SETIAP ORANG YANG MENGAPLIKASIKANNYA DIA MEMPEROLEH KEUNTUNGAN DARIPADANYA.

 Alkitab kita ini berisi dengan HUKUM artinya HUKUM ini berlaku universal siapapun saudara kalau engkau meneliti HUKUM yang sempurna ini dan MELAKUKANNYA engkau akan berbahagia karenanya. Jadi kalau seorang baca alkitab atau anda belajar seperti TSOA ini 6 bulan,

1. Yang pertama anda musti membaca Alkitab secara KESELURUHAN supaya ROH ALLAH dengan gampang MENGINGATKAN kita apa yang pernah diajarkan kepada kita.

2. Yang kedua  didalam Alkitab anda musti mengerti ada HUKUM/LAW, kenapa kalau saya mengajar seperti ini anda menerima BENEFITnya karena saya mengajarkan HUKUM yang tidak berlaku pilih kasih, HUKUM itu berlaku UNIVERSAL bagi semua anak Tuhan, kalau sekali anda MENANGKAP KEBENARANnya dan anda PERCAYA itu HUKUM menjadi milik saudara.

Saya mengerti ini sejak masa awal saya bertobat pada waktu itu ketika saya lahir baru umur 17 tahun ada panggilan dalam hati saya untuk menjadi hamba Tuhan, saya mengerti aja, waktu itu hamba Tuhan beda dengan sekarang, sekarang banyak pengusaha jadi pendeta, dulu kalau orang jadi pendeta berat sekali, artinya kalau anda sekolah alkitab/teologia katanya orang begini ‘kalau mau masuk perguruan tinggi dimana-mana ditolak lebih baik masuk sekolah teologia, kalau mau masuk kuliah dan tidak punya biaya akhirnya masuk sekolah teologia, kalau sudah males-malesan dan ogah-ogahan masuknya sekolah teologia, artinya kebanyakan dan tidak seluruhnya yang masuk sekolah teologia adalah pelarian, kemudian dalam gereja pada saat itu systemnya kemajelisan dibanyak tempat sehingga banyak pendeta jadi pegawainya para majelis, kasihan sekali diketatin gajinya, ngga boleh ini ngga boleh itu, dibuat tercekik nyaris mati setiap hari harus doa puasa karena terpaksa dan ini kekejaman dimana-mana. Waktu itu orang tua saya sendiri bertahun-tahun aktif di gereja dan mereka mengerti susah payahnya jadi gembala sidang, dibantai majelis dihajar kanan kiri dengan perkataan, sudah gajinya kurang kotbahnya tidak boleh keliru salah dicerca tidak bagus diomelin segala macam dibandingin dengan pendeta lain ini penderitaan yang luar biasa, ketika mereka dengar saya mau jadi hamba Tuhan ayah saya berkata “tidak boleh, kamu dagang saja nanti kamu punya uang sendiri kamu boleh sambil melayani Tuhan, lebih terhormat tidak ada orang yang nginjek-nginjek kamu”.

Suatu hari saya baca buku-buku Kenneth Haggin tentang IMAN dan saya berkata mestinya ini ada kehidupan lain diluar dari yang biasa saya lihat setiap hari dan jujur pada waktu itu saya bergaul dan melihat kehidupan kehidupan beberapa hamba Tuhan berat sekali hidupnya secara ekonomi dan saya sendiri keadaan keluarga juga dibawah, berat sekali, kami miskin tidak punya apa-apa. Ketika saya baca buku itu saya berkata “ KALAU AKU MENGERTI IMAN ITU APA MESTINYA SEMUA ITU BERES, KUNCINYA DISATU KATA IMAN, KALAU AKU MENGERTI IMAN ITU APA  TIDAK MUNGKIN AKU HIDUP MENDERITA, TIDAK MUNGKIN KELAPARAN”, dalam pengertiannya bukan menderita karena nama Yesus tapi menderita karena tidak punya uang, ini bukan soal gajinya berapa tapi soal IMAN, kalau perlu aku sebagai hamba Tuhan tidak usah gajian Tuhan yang gaji saya, tapi IMAN itu mengoperasikannya bagaimana?, bentuknya BERIMAN bagaimana?, rasanya BERIMAN itu bagaimana?.

Karena tidak mengerti dan saya baru didalam Tuhan datanglah saya ke pendeta, saya bilang “ pak pendeta bolehkah saya bertanya mengenai firman Tuhan, zaman itu banyak pelajar terima Yesus, para pendeta senang juga, muda –muda mulai kenal Tuhan, saya bertanya “ IMAN itu apa sih pak?, makanya baca alkitab baca itu Ibrani 11:1, itulah IMAN, pak yang itu saya mengerti tapi RASAnya beriman itu bagaimana pak?, “beriman itu rasanya YAKIN, yang namanya YAKIN itu bagaimana sih pak?, YAKIN itu MANTAP, MANTAP itu pak?, “MANTAP itu PERCAYA,nah PERCAYA itu?, PERCAYA ya IMAN itu, jelas,….????, waduh…muter…“kurang lebih pak ( kurangnya banyak lebihnya tidak ada).

Pindah ke pendeta lain, “pak IMAN itu apa pak? Nah IMAN itu Ibrani 11:1, yang itu saya tahu, tapi RASAnya beriman? ,Beriman itu YAKIN,YAKIN itu apa pak?, YAKIN itu MANTAP, MANTAP itu pak?, itulah PERCAYA?, PERCAYA ya IMAN itu, loohhh kok sama ya ilmunya, sekolahnya sama kali ya.

Pindah ke pendeta 3 “persis jawaban”, bukan makin jelas lama-lama makin bingung.

Pindah ke pendeta ke 4 sekarang sudah almarhum pulang kerumah BAPA, saya bilang “ pak pendeta IMAN itu apa?, Oo Ibrani 11: 1, wah..celaka habis ini pasti YAKIN, MANTAP,PERCAYA,IMAN, terus saya langsung short cut, “begini aja pak saya ini sudah Tanya kebanyak pendeta tapi lama-lama saya makin bingung, “makanya kita perlu belajar mengenal lebih dalam lagi, “ Begini aja pak pendeta saya ini tidak punya apa-apa, usia makin bertambah, saya rasa saya perlu istri suatu kali, aku pikir kalau saya ngabarin injil naik bis kota rasanya kurang mantap dan saya punya kebutuhan saya kepingin punya sepeda motor “,

“ TOLONG PAK PENDETA AJARI SAYA DARI FIRMAN SUPAYA SAYA BERIMAN DAN BISA PUNYA SEPEDA MOTOR !!!”

“ Boleh ngomong apa saja yang penting hasilnya punya sepeda motor, kok nekad pak maklum masih baru, kok kurang ajar pak makanya jadi pendeta akhirnya, jangan suka ngetes pendeta anda kelak jadi pendeta, gitu aja pak”.

Tapi ini pendeta jujur ia berkata “ loh orang saya sekarang aja saya tidak punya sepeda motor kok suruh ngajarin kamu, kalau saya punya saya ajarin, ‘jadi kita sama melaratnya ya pak, …iya.”Langsung saya berhenti tanya pendeta mengenai soal IMAN.

Tapi saya belajar ada THE LAW OF FAITH, ada HUKUM IMAN, FIRMAN TUHAN yang tertulis didalam alkitab adalah LAW/HUKUM yang anda bisa PELAJARI oleh PERTOLONGAN ROH KUDUS, anda bisa baca , anda bisa pelajari, anda bisa mengerti apa artinya ini, karena itu kalau anda belajar seperti ini coba lihat akan LAW/HUKUM nya, perhatikan semua pengajar nanti anda akan melihat titik – titik simpul yang sama, disitu engkau bisa berkata ‘ini loh HUKUMnya’, jangan Cuma serap luarnya , serap sampai kedalamnya, sampai MENGERTI Oh ada hukumnya ini hukumnya, kalau anda terapkan seperti itu pasti luar biasa hasilnya.

Saya berkata jujur kepada anda, dari kami SMA , pendeta kami pak Adi sutanto sudah MENDIDIK sejak kami remaja mengenai soal UANG. Teman-teman lama yang sekarang ada itu kalau ngomong UANG anda tidak usah ngajarin mereka, mereka ngerti apa yang harus mereka perbuat, sampai hari ini impactnya besar buat kami gereja secara keuangan kami diberkati Tuhan tapi kalau dibandingkan dengan project yang baru uang kami jadi tidak ada artinya. Tapi kalau minus project itu kami ini limpah sekali dan itu unbelieveable, karena cara MEMBERI jemaat MENULAR kepada jemaat yang lain.

Saya masih ingat dulu ketika mulai kuliah, pak Adi tanya sama saya “ kamu ngasih PERPULUHAN?, saya jawab  tidak, kenapa tidak memberi perpuluhan?, saya kan belum kerja,terus dia ngomong begini understandingnya simple tapi masuk sampai hari ini “ kamukan dapat uang jajan dari orang tuamu?, ya ada, saya tidak suka jajan kok pak Adi, paling sebulan saya terima uang jajan Rp 1000,-, kalau kamu terima Rp 1000/bulan PERPULUHANmu seharusnya berapa?, Rp 100,-, saya berkata “uang Rp 100,- buat apa dikasihkan Tuhan kan malu, dia bilangTuhan tidak lihat NILAInya tapi DIA melihat KETAATANmu”, dan ia muternya ngomongnya bagus ia berkata “ uang Rp 100,- yang kamu persembahkan kepada gereja, oleh gereja itu dipakai membuat bulletin dan uangmu dipakai membeli perangko dalam kota waktu itu harganya Rp 100,-, entah bagaimana bulletin ini sampai kesuatu alamat yang didalamnya ada orang yang belum menerima Tuhan dan ketika ia baca bulletin itu ia BERTOBAT, jasanya siapa itu?, penulisnya tapi juga kamu ikut andil dengan Rp 100,- satu jiwa diselamatkan”. Iya benar juga sejak saat itu masuk kehati saya. Itu LAW ternyata, nanti kita lihat bagian perbagian.

ORANG MENGEMBALIKAN PERPULUHAN ADALAH BELAJAR TAKUT AKAN ALLAH

Banyak orang berkata “ pak apakah PERPULUHAN itu masih ada”, ribut terus soal begitu, padahal alkitab mengajar bukan soal jumlahnya dan itu bukan pajaknya Tuhan buat kita tapi sebenarnya mengajar kita takut akan Tuhan, orang yang ribut terus soal itu sebenarnya ia tidak mau belajar takut akan Tuhan.

 3.  YANG KETIGA, ANDA PERLU RHEMA   

Joh 8:32  dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

Saya mau tanya siapa percaya KEBENARAN memerdekakan kita?, angkat tangan tinggi-tinggi, salah, siapa bilang?, baca lagi, yang MEMERDEKAKAN itu apa?, dan kamu akan MENGETAHUI KEBENARAN dan KEBENARAN ITU akan memerdekakan kamu, artinya ITU adalah KEBENARAN YANG KAMU KETAHUI , KEBENARAN tidak memerdekakan sampai kita ketahuinya.

Contoh :  bahwa YESUS adalah JURU SELAMAT manusia, diluar apakah semua kenal YESUS terima YESUS percaya YESUS?, belum, kenapa karena mereka BELUM MENGETAHUI KEBENARAN ITU, anda dan saya hari ini terima YESUS karena SUDAH MENGETAHUI KEBENARAN ITU/And you shall know the truth, and the truth shall make you free. Itu RHEMA, kenapa kita perlu belajar, kenapa anda perlu RHEMA karena kalau itu RHEMA di WAHYUKAN bagi saudara maka apa yang engkau KETAHUI akan membuat engkau DIMERDEKAKAN.

Contoh berikutnya : sekian puluh tahun yang lalu di hutan sekitar Birma ditemukan seorang tentara Jepang zaman perang dunia ke 2, tahun 70an artinya perang sudah USAI 25 tahun, tentara ini sudah tua sekali, compang camping, bangun kemah satu, senjatanya masih ada bayonetnya masih ada samurainya masih ada, ditemukan orang tidak sengaja ternyata dalam 25 tahun itu bagi dia perang MASIH berlangsung, teman-temannya sudah piknik kemana-mana Jepangnya sudah makmur, ini orang masih compang camping tiap pagi menghadap bendera Nipon memberikan hormat, buat dia perang MASIH berlangsung dia masih patrol kemana-mana paling ketemunya babi hutan, KEBENARANNYA adalah THE WAR IS OVER/ PERANG SUDAH USAI, tapi dia BELUM MENGETAHUI KEBENARAN ITU, untung tidak bunuh orang waktu ketahuan tidak ada orang berani mendekat, lalu dipanggilkan bekas tentara Jepang suruh pakai seragam, nyanyi lagu-lagu Nipon, baris lalu ia ketemu mantan komandannya ia senang bukan main, lalu diberitahu kepadanya perang telah USAI 25 tahun yang lalu, KEBENARANNYA adalah THE WAR IS OVER/ PERANG SUDAH USAI, tapi dia BELUM MENGETAHUI KEBENARAN ITU.

Makanya kalau baca alkitab, membaca saja ternyata tidak cukup, ANDA PERLU ROH KUDUS MENERANGI CARA BERPIKIR KITA.  

Saya beri contoh :

Mat 16:13  Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”  Mat 16:14  Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”  Mat 16:15  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”  Mat 16:16  Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”  Mat 16:17  Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.  Mat 16:18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Mat 16:19  Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

Lihat ketika IA bertanya “ kata orang siapa AKU?”, selalu Tuhan mengizinkan kita untuk bertanya, Tuhan bertanya kepada murid-muridnya “ kata orang siapakah AKU ini?”, murid –murid menjawab ada yang mengatakan Yohanes pembaptis, Elia, ada juga Yeremia atau salah satu dari nabi, Ayub juga berkata hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau.

“ Menurut kamu siapa AKU ini?”, 12 orang ditanya tidak ada satupun memberikan jawaban lalu Petrus berkata “You are the Christ, the Son of the living God”/Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” , dan Tuhan berkata ““Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.  Terjemahan lain berkata “ Sebab darah dan daging tidak MEWAHYUKAN itu kepadamu tetapi BAPA KU yang disorga yang MEWAHYUKAN itu kepadamu“,  pewahyuan yang diterima oleh Petrus yang membuat Tuhan berkata kamu berbahagia.

Hebatnya pewahyuan itu jika anda terima sebagai RHEMA buat hidup anda, RHEMA itu masuk kedalam BATIN/ROH anda dan itu yang MEMBANGKITKAN IMAN anda.

Rom 10:17  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Kata firman berasal dari kata RHEMA dengan LOGOS bedanya apa? LOGOS menurut pengertian doktrin dari Ps. Yonggi Cho, LOGOS adalah isi seluruh alkitab.

Tapi bagian dari LOGOS ini yang DIHIDUPKAN OLEH ROH KUDUS dan diberikan buat kita KHUSUS itu adalah RHEMA.

IMAN TIMBUL DARI PENDENGARAN OLEH RHEMA

Petrus terima Rhema “You are the Christ, the Son of the living God”.

Lihat kemudian kejadian setelah itu :

Joh 6:60  Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: “Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?” Joh 6:61  Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: “Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu? Joh 6:62  Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada? Joh 6:63  Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Joh 6:64  Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya.” Sebab Yesus tahu dari semula, siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia. Joh 6:65  Lalu Ia berkata: “Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.” Joh 6:66  Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. Joh 6:67  Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Joh 6:68  Jawab Simon Petrus kepada-Nya: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; Joh 6:69  dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.”

Bagian terakhir itu sebenarnya bukan kata Engkau yang Kudus dari Allah tetapi kalimat yang sama dipakai adalah And we believe and are sure that You are that Christ, the Son of the living God.Bayangkan saudara begitu banyak murid Tuhan berkata “Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?”,  Kemudian mereka Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.  Seringkali saya mau katakan para pemimpin mengalami problem seperti ini. Nanti kelak kita semua mencapai satu titik belajar tiap Karunia IMAN itu ada ukurannya, kalau ukuran IMANmu belum seperti itu memang bergaul dengan yang begini mengerikan, karena tutup mata tidak mungkin tapi kalau orangnya main di level seperti itu hal itu biasa.

Sekian banyak murid tinggalkan YESUS karena perkataannya KERAS tapi Petrus berkata “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi?” dan terakhir RHEMA yang Petrus terima di Matius 16:16 keluar lagi dan dia berkata “And we believe and are sure that You are that Christ, the Son of the living God.RHEMA yang dia terima di Matius 16 yang membuat dia bertahan,  dia berkata “ AKU TIDAK PERGI, SEMUA BOLEH PERGI, AKU TINGGAL”, ITULAH RHEMA .

Dalam keadaan seperti apapun engkau dapat berkata aku tidak guncang bukan karena kekuatan manusia kita tapi karena RHEMA Tuhan yang menguatkan kita.

Ringkasan Kotbah :  

1. Yang pertama anda musti membaca Alkitab secara KESELURUHAN supaya ROH ALLAH dengan gampang MENGINGATKAN kita apa yang pernah diajarkan kepada kita.

2. ANDA HARUS MENGERTI DIDALAM FIRMAN TUHAN ADA HUKUM HUKUM KEBENARAN dan HUKUM HUKUM itu akan memberikan KEUNTUNGAN kepada Anda.

3. ANDA PERLU RHEMA, karena jika RHEMA itu masuk kedalam BATIN/ROH anda maka akan MEMBANGKITKAN IMAN anda.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s