Melatih Diri Untuk Berkenan

Melatih Diri Untuk Berkenan
Di Tulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

Ada hal yang menarik sekali yang saya perhatikan setiap kali selesai MEZBAH KELUARGA diadakan banyak saudara yang memberikan laporan tentang apa yang terjadi dan saya belajar bahwa sering kali HAL –HAL KECIL itu bisa memberikan GAMBARAN suasana HATI kita masing – masing. Kadang – kadang apa yang DIDALAM KITA terwujud dengan begitu gamblang lewat perkara – perkara sangat simple dan sederhana. Siapa yang hadir dalam MEZBAH KELUARGA minggu yang lalu ?, angkat tangan mu tinggi-tinggi. Ada pertanyaan?, saya tahu tidak semua ketua MK suka dengan ICE BREAKER tapi saya mendorong untuk anda lakukan itu walaupun mungkin untuk pertama kali membuat anda canggung tapi setiap yang didesain untuk diberikan kepada jemaat tentu diharapkan itu memberikan dampak yang besar bagi kehidupan mereka. Dan semuanya itu akan membuat saudara makin mengenal siapa orang-orang disekitarmu.

Saya mau ambil waktu sedikit untuk bicara tentang MEZBAH KELUARGA ini. Gereja jika hanya BERGANTUNG kepada KEBAKTIAN MINGGU minggu semacam ini, kita ini seperti sedang kumpul pada stadion besar lalu kemudian pada waktu perayaan tertentu, anda akan lihat orang-orang membawa akan kain dalam jumlah ribuan orang dan mereka membuat akan konfigurasi bentuk tertentu. Misalnya jika diberi tanda tertentu, maka  masing-masing orang akan membentangkan kain dengan warna-warna yang tertentu juga maka dari jauh akan kelihatan “Oo…ada gambar pak presiden”,  walaupun itu semua dari ribuan orang yang hanya masing-masing membawa sepotong kain, anda pernah lihat itu di televisi, jika di beri kode berikutnya maka akan muncul tulisan “ Selamat ulang tahun kota Jakarta “, misalnya. Waduh…bagus sekali konfigurasinya. Jika kita BERGEREJA semacam ini itu akan membuat saudara hadir dalam perayaan besar disebuah stadion, dimana masing-masing kita seperti MELIHAT orang lain DARI JARAK YANG SANGAT JAUH , anda memperhatikan suatu KONFIGURASI bentuk yang begitu mentakjubkan dari jarak yang sangat jauh, lalu engkau berkata “ waduh perayaan yang diadakan tadi malam luarrr biasaaa….sempurnaaa….tidak ada cacatnya, pasti dilakukan oleh orang-orang hebat semua “. Tetapi jika anda mau MEMPERHATIKAN DENGAN LEBIH SEKSAMA saudara akan MELIHAT KENYATAAN yang berbeda dari pada apa yang anda bayangkan.  Dari jauh semua konfigurasinya bagus sekali tapi waktu didekati siapa ini yang bawa kain-kain yang begitu banyak, anda tidak usah memperhatikan semua, anda lihat ditengah yang satu BELUM MANDI, kepret semua sana sani, baunya dari jarak 2 meter sudah menyengat, yang satu lagi TIDAK GOSOK GIGI ketika dia SENYUM Lombok dan sayur nampak semua dan kuning dimana-mana, yang satu lagi SAKIT MATA, BELE EN merah semua matanya, yang satu lagi CACAT badannya, satu lagi BUTA. Anda TERKEJUT!!! Konfigurasi yang begitu baik ternyata dilakukan oleh orang-orang yang banyak KELEMAHANNYA  tapi itu REALITA yang sebenarnya.

Saudara kalau hanya kebaktian minggu semacam ini, saudara tidak bisa melihat REALITA KEHIDUPAN tiap –tiap orang PRIBADI demi pribadi secara nyata, nanti pada akhirnya ketika anda berjumpa dengan KENYATAAN orang-orang yang MENGECEWAKAN ternyata RAPUH kehidupan kita dan kita berkata “ ini betul-betul mengecewakan aku “, dan akhirnya kita MUNDUR dari Tuhan.

Mezbah keluarga itu MELATIH saudara semua untuk melihat REALITA manusia yang sebenarnya dan orang-orang yang engkau sebut sebagai SAUDARAMU DIDALAM YESUS KRISTUS, engkau harus belajar MELAYANI, MEMAHAMI mereka, MENGERTI mereka dan dalam KEKURANGAN mereka engkau belajar MENDOAKAN.

Minggu lalu ada pertanyaan yang menarik sekali?, di umpamakan bumi ini akan meledak, saudara yang ketua nya tidak pernah ICE BREAKER protes unjuk rasa, kenapa kita sendiri tidak pernah menikmati ICE BREAKER yang lain bisa tertawa tawa kita melotot tegang terus. Bumi ini akan meledak dan setiap keluarga diberi satu KAPSUL ruang angkasa bukan kapsul tablet obat, ini untuk ke ruang angkasa untuk menyelamatkan diri, tiap keluarga di beri satu isinya Cuma 3 orang daya muatnya.

Lalu ditanya “ kalau keluarga mu diberi kapsul itu siapa orang yang akan engkau masukkan didalamnya?, itu rame saudara, akan diketahui isi hati yang sebenarnya dari orang-orang itu.

Ada seorang ibu berkata “ Kalau saya naik sendiri, suami, anak-anak saya, saya tinggal semua terus saya selamatkan diri saya sendiri “, di pikir kok ini orang EGOIS sekali.

Ditanya alasannya kenapa?, “ soalnya anak-anak saya itu kan dekat dengan Papa nya nanti saya ajak nangis minta ketemu Papa nya terus saya jadi repot ya sudah saya tinggal saja “. Di balik EGO nya masih ada KASIH sebetulnya?

Orang kedua berkata “ O kalau saya, anak ku ketiga-tiganya kuselamatkan dulu,nah kamu sama suami mu?, jawab istrinya “ nanti cari NUNUTAN yang lain kalau ada “ katanya, dia mencintai anaknya?

Pak Marso saya paling suka, HEROIK sekali PATRIOT 45, dia berkata “ kalau saya tidak usah naik semua “, loh kenapa?, lah sudah… keluarga saya jumlah 10 dari pada saya selamat sendiri yang lain mati, saya ke pikiran darah tinggi saya naik, sudahlah lebih baik MATI SEMUA selesai “, ini jiwa KEPAHLAWANAN?, waduh luar biasa.

Lalu Pak Ardian bilang “ kalau gitu tak PEE we ( ambil ) saja Pak Marso “, karena kurang jumlahnya dia, tapi semua itu menunjukan HATI KITA MASING-MASING, ada hal-hal yang begitu SIMPLE, yang begitu SEPELE, yang ternyata diungkapkan membuka akan HATI kita. Saya berdoa supaya kita belajar JUJUR dengan hati kita, pada waktu kita merasa masih kurang BENAR di hadapan NYA biar kita bersedia TUHAN membereskannya.

Malam ini kita di beri kesempatan  untuk mengembalikan PERPULUHAN kita, memberikan PERSEMBAHAN SYUKUR kita, itu juga mengungkapkan isi HATI kita. Tadi pagi ada orang bertanya “ apa hubungannya KAPSUL ruang angkasa dengan PERPULUHAN ? ”, saya jawab “ ADA “, dua –duanya itu mengungkapkan HATI kita yang sebenarnya. Kalau anda berkata “ TUHAN tak Hutangi dulu ya “, nah itu hatimu penuh dengan roh hutang. Semua itu menunjuk hanya EKSPRESI saja daripada apa YANG DIDALAM kita.

Mari tundukan kepala, KEMBALIKAN akan PERPULUHAN kita didepan Tuhan dan bawa juga KORBAN SYUKUR kita, kami SEMBAH Engkau dengan HARTA kami pada malam hari ini, terimakan ucapan syukur kami, demi nama Tuhan Yesus, Amin.

Mari buka firman Tuhan Kisah rasul pasal 24,

sebelum itu saya ingin MENDASARI dengan hal ini saudara, dari pengalaman saya melayani Tuhan sekian tahun, saya bertemu dengan banyak orang. Dan seringkali ada satu PERTANYAAN yang sampai hari ini tidak pernah henti-hentinya ditanyakan oleh banyak saudara, dan mereka sama sekali tidak punya DASAR HATI jahat sebetulnya tetapi mereka mencoba mengungkapkan akan FAKTA yang mereka alami dengan JUJUR walaupun sesungguhnya KESIMPULAN nya sering kali KELIRU dan itu menimbulkan BAHAYA dalam kita mengikut Tuhan. Ada orang berkata kepada saya “ Pak, saya sudah LAKUKAN segala sesuatu, saya punya PERSOALAN, saya punya KESULITAN, dan saya sudah buat semua yang Tuhan katakan, saya sudah berikan PERPULUHAN, saya berdoa TIAP PAGI, ada hamba Tuhan berkata musti doa jam 4 pagi, sudah saya buat ini dan itu, saya paksakan mengembalikan PERPULUHAN yang ada walaupun saya sebetulnya dalam keadaan KURANG, saya membaca alkitab satu hari satu pasal, saya doa PUASA dan ini hari yang ke 40 saya melakukan doa puasa, TAPI HASILNYA MANA?, KENYATAANNYA TIDAK SEPERTI YANG SAYA MINTA DAN SAYA DOAKAN!, kenyataan nya Tuhan tidak MENGUBAH kehidupan saya menjadi LEBIH BAIK “, problem saya, keuangan saya, usaha saya, tetap dalam keadaan yang SAMA masih berat seperti dulu.

Ada orang berkata “ saya baca bukunya Morris Cerullo, saya baca bukunya Robert Liardon, saya baca bukunya Benny Hin, saya baca buku Bapak, saya baca semua saya lakukan semua MANA HASIL nya?.  Biasanya kalau orangnya berbicara terlalu KETUS,

kemanusiaan saya keluar saya begini “ iya Tuhan yang KELIRU kamu yang BENAR, memang DIA Tuhan yang tidak berkuasa, bohong DIA, Ayo MURTAD saja “.  

“ O bukan begitu Pak maksudnya “, lah terus begimana???, Kamu sudah BUAT SEMUANYA dari pihakmu sudah BENAR dan Tuhan DIAM saja, Kan DIA ingkar janji?, berarti Tuhan kita ini DUSTA, DIA bukan Tuhan yang BAIK, “ nah tinggalin saja kenapa musti NYEMBAH Allah yang kaya begitu !”.

 “ wah ngga begitu pak maksudnya “ , “ lah terus MAUNYA APA “ saya bilang.

Kalau kamu sudah BENAR musti ada yang SALAH, iya toh, nah ini antara kamu dengan Tuhan dan yang SALAH itu musti TUHAN “.

“ BENAR semua ngga mungkin, kalau BENAR semua harusnya BERUBAH, nah NYATA nya hidupmu tak BERUBAH dan kamu berkata dirimu sudah BENAR berarti TUHAN YANG KELIRU. “

“ Nah untuk apa nyembah Tuhan yang KELIRU “, susah susah nyembah Allah yang KELIRU “. TITIK.

“ Maksudnya bukan begitu” , “ Nah apalagi “  saya bilang.

Tapi ada orang-orang yang jujur berkata dengan POLOSsaya harus berbuat apalagi ? “, dan sering kali saya harus dengan JUJUR berkata “ saya tidak punya jawaban saudara “. Jangan pernah mengira bahwa hamba Tuhan itu bisa memberikan semua jawaban.

Saya bisa memberikan jawaban ya POKOKNYA PERCAYA, tapikan KENYATAAN hidupmu kan jalan terus .

 Susah kadang-kadang buat saya berkata “ POKOKNYA PERCAYA !“ dan ini KENYATAAN dalam kehidupan kita. Ada banyak hal yang ternyata belum bisa di JAWAB TUNTAS oleh KEHIDUPAN kita masing-masing, INI FAKTA. Oleh karena itu malam ini saya mau mengajak kita BELAJAR satu bagian firman yang sangat PENTING karena pada DASARNYA semua kita pernah mengalami akan kenyataan seperti itu yang membuat kita akhirnya KITA KECEWA DENGAN TUHAN dan AKHIRNYA JUGA KECEWA DENGAN MANUSIA.

Sekarang mari kita lihat Kisah rasul 24

Act 24:10  Lalu wali negeri itu memberi isyarat kepada Paulus, bahwa ia boleh berbicara. Maka berkatalah Paulus: “Aku tahu, bahwa sudah bertahun-tahun lamanya engkau menjadi hakim atas bangsa ini. Karena itu tanpa ragu-ragu aku membela perkaraku ini di hadapanmu:

Act 24:11  Engkau dapat memastikan, bahwa tidak lebih dari dua belas hari yang lalu aku datang ke Yerusalem untuk beribadah.

Act 24:12  Dan tidak pernah orang mendapati aku sedang bertengkar dengan seseorang atau mengadakan huru-hara, baik di dalam Bait Allah, maupun di dalam rumah ibadat, atau di tempat lain di kota.

Act 24:13  Dan mereka tidak dapat membuktikan kepadamu apa yang sekarang dituduhkan mereka kepada diriku.

Act 24:14  Tetapi aku mengakui kepadamu, bahwa aku berbakti kepada Allah nenek moyang kami dengan menganut Jalan Tuhan, yaitu Jalan yang mereka sebut sekte. Aku percaya kepada segala sesuatu yang ada tertulis dalam hukum Taurat dan dalam kitab nabi-nabi.

Act 24:15  Aku menaruh pengharapan kepada Allah, sama seperti mereka juga, bahwa akan ada kebangkitan semua orang mati, baik orang-orang yang benar maupun orang-orang yang tidak benar.

Act 24:16  Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia.

Paulus berkata yang pertama aku bukan KRIMINAL dan yang kedua aku ini orang BERAGAMA sama seperti mereka yang lain. DIMANA BEDANYA? Hidup Paulus membuktikan sesuatu yang luar biasa, ayat 16 dikatakan “Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia”.

Dengarkan baik-baik

SEBAB ITU , kata ini menunjukan ada kaitan dengan ayat sebelumnya, dia berkata “ aku bukan orang Kriminal dan aku orang beragama “. Oleh karena 2 alasan ini SEBAB ITU, dia berkata ini yang membuat dia berbeda dengan orang beragama yang lain, dia berkata ini yang membuat dia BERBEDA dengan orang Yahudi yang punya roh Agamawi, dia berkata  “ Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia”.

Saya ulang lagi Ayat 16 merupakan statement yang kuat sekali :

Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia”.

Dalam terjemahan yang lain King James menulis  begini : “ And here in do I exercise my self “. ( SEBAB ITU AKU MELATIH DIRIKU SENDIRI ), to have always a conscience void of offence toward God, and toward men.( UNTUK SENANTIASA MEMILIKI HATI NURANI YANG TIDAK MENOLAK, TIDAK MELAWAN, TIDAK KECEWA, DENGAN ALLAH DAN MANUSIA )

SEBAB ITU AKU MELATIH DIRIKU SENDIRI, UNTUK SENANTIASA MEMILIKI HATI NURANI YANG TIDAK MENOLAK, TIDAK MELAWAN, TIDAK KECEWA, DENGAN ALLAH DAN MANUSIA.

Berarti , dengarkan baik-baik !,

ini diungkapkan oleh seorang RASUL BESAR, itu berarti hidup orang kristen TIDAK KEBAL dari rasa KECEWA, pertama-tama terhadap TUHANMU dan juga terhadap SESAMA !.

Jangan pernah berpikir kita tidak mungkin KECEWA dengan ALLAH,

Paulus berkata :

“ untuk membuat NURANI nya MURNI tidak KECEWA dengan ALLAH dan MANUSIA, dia harus LATIHANsetiap SAAT dalam hidupnya. ( KITA YANG HARUS MELATIH DIRI KITA SENDIRI ), ini yang menarik sekali, kata  EXERCISE  berasal dari kata yunani AS KEH O, dan kata ini dalam seluruh perjanjian baru HANYA SATU KALI disebut saudara dan kata ini punya 2 pengertian dasar :

1 . yang pertama adalah :  TAKE PAIN atau MENDERITA KESAKITAN.

2. yang kedua adalah :  HEALING ART IN MEDICAL RIGHTING atau KETRAMPILAN DALAM KESEMBUHAN DALAM HAL OBAT-OBATAN.

Nah artinya begini saudara, Paulus berkata “ I Exercise my self “,  aku melatih diriku sendiri itu artinya :

Pada waktu dia dihadapkan pada banyak REALITA yang bisa membuat dia KECEWA dengan ALLAH dan MANUSIA, maka dia mengambil akan TANGGUNG JAWAB itu untuk sebagai LATIHAN dalam hidupnya dan dia berkata “ aku berani MENDERITA KESAKITAN oleh karena KENYATAAN yang tidak sesuai dengan apa yang aku HARAPKAN “.

Ketika doanya TIDAK DI JAWAB  oleh Tuhan, ketika manusia MENGECEWAKAN dia dan dia berkata “ SAKIT ” dan dia berkata “ TAKE PAIN”, aku ambil PENDERITAAN INI, KESAKITAN ITU dan dia mulai MENGOBATI DIRINYA SENDIRI dan berkata “ I Exercise my self “.

Engkau dan saya tidak bisa mengharapkan manusia lain datang merawat engkau dan menyembuhkan batin mu, saudara dan saya yang HARUS berani berkata “ aku rela MENDERITA sakit itu, sambil aku LATIHAN dan MENGOBATI diri ku sendiri, supaya NURANI ku tidak KECEWA dengan ALLAH dan MANUSIA “.

Orang yang KECEWA dengan MANUSIA, orang itu PASTI sudah KECEWA dengan ALLAH.

Tidak mungkin ada dosa terhadap sesama sebelum ada dosa terhadap Allah yang diatas.

Dan Paulus  berkata aku MELATIH diri ku, aku MENGOBATI diri ku sendiri, supaya NURANI ku tetap MURNI dengan cara aku MELATIH setiap hari, supaya tidak KECEWA dengan ALLAH dan MANUSIA.

Karena ALLAH dengan DAGING kita selalu BERBEDA, DAGING kita dengan GAMPANG sekali KECEWA dengan TUHAN dan MANUSIA.

Tapi sering kali kita tidak berani berkata terus terang “ aku KECEWA dengan TUHAN “. Ngga berani karena kita berkata “ aku orang KRISTEN, rasane WAGU bilang KECEWA dengan Tuhan, kita berkata “ ah engga enak HATI yah masa dengan Tuhan KECEWA, entar Tuhan MARAH tambah parah keadaan ku “.

Lalu kemudian itu DIKUMPULKAN dalam hati dan PELAMPIASANNYA KECEWA dengan MANUSIA, tapi DASARNYA orang itu KECEWA DENGAN ALLAH.

Kalau saya KECEWA DENGAN MANUSIA karena saya KECEWA DENGAN ALLAH. Tapi coba DITUTUPI oleh kita dan kita berkata “ TIDAK “.

KEKECEWAAN ku dengan MANUSIA sebetulnya AKARNYA adalah KEKECEWAAN dengan ALLAH.

Kenapa bisa begitu?, karena kita tidak pernah mau MELATIH DIRI KITA SENDIRI. Setiap saat kita harus LATIHAN ketika hal yang menyakitkan datang, kita berkata “ Tuhan ini saatnya aku LATIHAN, aku KESAKITAN, aku OBATI dan aku akan tinggal dibawah SAYAP kesembuhan MU “.

Saudara sekalian kalau kita berani dan rela dan mau LATIHAN dalam hidup kita, saudara dan saya akan punya NURANI yang sungguh-sungguh BERBEDA dari sekedar orang BERAGAMA.

Nah saya mau beri RESEP 3, makan 3 x sehari, ok !, anda TELAN jangan pernah NAWAR lagi, TELAN SAJA!!!. Saya berdoa ketika engkau TELAN ini menjadi kekuatan yang baru didalam roh kita.

I . yang pertama, buka Lukas pasal 12

Saya berdoa ini dapat MENGOBATI LUKA MU hari ini dan setelah itu SETIAP HARI kita LATIHAN MENGOBATI akan kekecewaan kita sendiri. Jangan berharap “ Loh aku kok tidak ditilik i sama ketua MK ku “, “aku menderita kok kurang peka “ , siapa yang suruh saudara begitu, Paulus berkata “I exercise my self “, engkau yang harus latihan sendiri, amin

Luk 12:6  Bukankah burung pipit dijual lima ekor dua duit? Sungguhpun demikian tidak seekorpun dari padanya yang dilupakan Allah,

Burung saja Tuhan tidak lupakan.

Luk 12:7  bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya. Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

Ini yang ajaib saudara, kita tidak pernah bisa hitung rambut kita kecuali kita memang mau cukur habis, digunduli baru mungkin ketahuan berapa jumlahnya. Tapi Dia berkata “bahkan rambut kepalamupun terhitung semuanya . Karena itu jangan takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit “. Luar biasa tidak?, rambut dikepala kita terhitung oleh Tuhan, coba berapa rambut kepala saudara?,5 tahun baru selesai, saya yakin kita tidak sanggup menghitungnya, baru dapat 10 rontok 3, dapat 300 tiba-tiba yang satu putih, berubah, susah sekali. Anda ke salon, ke tukang cukur dari level manapun dari kelas pohon sampai kelas paling mahal. Jago-jago potong rambut, bu Voni sekali pun, banyak anak-anak di potong olehnya, Hasto itu made in bu Voni ya?, bukan. Sudah lain, berubah, keren sekarang, dulu biasanya bu Voni yang potong.

Suruh ngitung rambut tidak bisa, nyapu rambut bisa, tetapi Tuhan mau berkata TIDAK ADA PERKARA DALAM HIDUP KITA YANG DILUAR DARI PADA KONTROL TUHAN. Allah tahu dengan DETAIL akan hidup kita SEMUANYA dari hal BESAR sampai hal KECIL. Rambutmu anda mau keriting, kribo, anda mau apain saja DIA tahu dengan PERSIS. Dan anehnya Tuhan tidak BINGUNG, kemarin lurus sekarang tiba-tiba melungker-lungker seperti hati kita, lalu ganti lagi rambut yang menantang Allah jegrak ( berdiri ) anda pernah lihat itu model Punk?, dan Tuhan tidak HERAN, dicat hijau kuning, DIA tetap bisa menghitungNYA, Luar biasa. Anda mau gondrong, mau cukur gaya apa pun, DIA tetap tahu jumlah rambut dikepala saudara.

Seringkali ketika kita mulai stress, rambut mulai rontok, disisir kita ada rambut segumpal, sudah panik. Tuhan rontok ini!, Tuhan berkata GUA TAHU, MUSIM GUGUR NAK SEBENTAR LAGI MUSIM DINGIN ”, DIA tahu persis HEBATkan Tuhan ini. TELAN ini masukan dalam roh mu. Kalau engkau mulai KECEWA dengan Tuhan, Tuhan Yesus berkata “ rambut di kepala mu terhitung semua apalagi PERKARA YANG LEBIH BESAR ! “

Coba lihat  Roma 8 : 28, anda sudah hafal ayat ini saya mau ulang lagi karena firman Tuhan diulang ribuan kali akan tetap punya kekuatan yang makin besar.

Rom 8:28  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Dalam segala sesuatu DIA ikut kerja, rambut dikepala DIA mengerti, tidak ada perkara yang diluar kontrolnya, SEMUA DALAM KONTROL TUHAN.

Kemaren beberapa hari yang lalu saya diskusi dengan Pak Marso dikantor tentang SUBJEK yang sama. Ada banyak orang yang mengeluh “ kenapa saya berdoa dan tidak ada jawabanya? “, “ mesti doa yang seperti apa? “, dan ini pertanyaan yang terus terngiang dalam telinga orang-orang percaya khususnya kalau anda dipepet oleh keadaan yang menjepit saudara. Saudara lagi kost duit dari orang tua berhenti tiba-tiba ibu kostnya nagih, itu REALITA yang dihadapi. Anda bisnis buka giro pada harinya tidak ada duit lalu anda belajar berdoa dan ketika itu engkau berteriak “ pak sejam lagi, ini aku mesti apa sekarang, aku sudah begini, begini, begini ”. sampai waktunya lewat tidak ada uang datang dan kita berkata “ mana Tuhan? “.

Saya mau berkata kepada saudara dengan JUJUR ada banyak hal yang saya tidak bisa jawab :

1 . yang pertama, karena saya tidak tahu HATIMU YANG SEBENARNYA bagaimana dengan Tuhan. Sekalipun engkau merasa BENAR, semua orang merasa BENAR, kalau perlu NGAJARI Tuhan bagaimana cara mengatur dunia kita paling bisa.

2 . Tetapi yang kedua mungkin ada banyak hal yang merupakan MISTERI yang musti dipecahkan oleh Roh Tuhan sendiri dalam kehidupan kita.

Tetapi saya cerita pengalaman saya dengan Pak Marso, kami sedang persiapan ke Amerika dan diundang oleh sebuah gereja kita yang di Vancouver untuk buat retreat disana. Karena mereka undang saya jadi saya dibayarin tiketnya. Tetapi saya ini baca bukunya Lauren Cuningham pendiri Youth With the Mission, dia punya pengalaman kurang menguntungkan dengan keluarganya, dia termasuk hamba Tuhan yang banyak keliling dunia. Suatu hari dia pulang kerumahnya setelah sekian bulan pelayanan. Anaknya tidak kenal dia sebagai Papa nya. Anda bisa bayangkan kalau anda pulang kerumah lalu ditanya sama anakmu “ Om itu siapa? “ , bingung tidak?, Papa nya sendiri anaknya tidak mengerti. Jadi dia HANCUR HATI dihadapan Tuhan, dia mulai berdoa dan Tuhan berkata “ kamu mesti beri PRIORITAS lebih lagi buat keluarga mu “. Dan akhirnya dia buat komitmen dalam setahun aku hanya mau pergi sekian waktu, kalau lebih dari waktu ini berarti aku harus ajak seluruh keluargaku. Dan dia berkata “ Tuhan selalu mencukupi kebutuhan mereka “. Karena bepergian itu ongkosnya besar sekali. Ketika saya baca buku itu kena di hati saya. Dan saya berkata “ Tuhan aku mau buat yang sama, karena saya tahu Tuhan juga mau begitu “. Saya tahu ini KEBENARAN kena di HATI saya, jadi hampir sepanjang tahun ini saya mulai ajak istri saya dan waktu lalu ke Australi saya ajak anak pertama, sekarang mau ke Amerika dan Canada saya ajak anak kedua, saya ajak body guard kecil saya Samy. Tapi konsekuensinya saya harus bayar tiket untuk istri dan anak saya. Saya ada tiket gratis dari Singapore ke Amerika tetapi sisanya saya harus bayar. Saya hitung-hitung yang harus saya bayar kira-kira Rp 4 juta untuk tiket 2 orang, itu belum tiket saya, dengan tiket saya kira-kira Rp 7 juta. Dan saya tidak punya duit dan saya berkata kepada istri saya “ kamu tidak mau berseru dihadapan Tuhan “, terus dia berkata “ ngga kepingin “, kita tidak punya uang untuk bayar tiket. Suatu pagi dia keluar dari kamar dia nangis, saya pikir “ Oh Tuhan sudah berbicara ini pasti diberi Tuhan “. Ternyata bukan begitu ia berkata “ saya rencananya mau minta dengan Tuhan, waktu menyembah HADIRATNYA begitu kuat dan ROH KUDUS berkata kepada saya “ engkau itu begitu BERHARGA di mata KU, engkau SPECIAL di mata KU “, Nangis saudara.  Jadi keluar kamar nangis, saya bilang “loh  kok nangis sudah minta? ”. “ tidak bisa minta saya jadi lupa semua kebutuhan, tidak jadi minta, tapi hati saya lega “ katanya. Jadi kami tidak pernah berdoa minta tiket, tidak pernah, lalu tiba-tiba beberapa hari yang lalu ada orang telp saya, “ Pak minta no account bapak “, ya saya kasih, dia bilang “ ada persembahan buat bapak “, orang itu kirim uang Rp 3 juta. Saya bilang Tuhan mulai bekerja, beberapa hari kemudian ada orang kirim lagi Rp 1 juta, Dia beritahu untuk pelayanan Pak Petrus ke luar negeri. Teng teng…..selesai kisahnya selesai, begitu aja.

Saya bilang “ saya juga bingung “. Kalau ada orang Pak saya berdoa begini begini…tapi tidak ada jawaban, saya tidak menyalahkan anda dan berkata “ kamu tidak rohani sih , nih rohani tidak bisa saudara “. Saya tahu saya tidak mungkin menerapkan pengalaman rohani saya kepada orang lain, tidak bisa saudara. Saya tidak berkata “ bahwa anda tidak rohani, saya rohani, anda tidak beriman, saya beriman, mungkin anda berdoa lebih keras dari kami berdoa, FAKTANYA kami dari kebutuhan ini kami tidak berdoa “. tapi membuktikan bahwa DIA betul – betul menghitung rambut di kepala dan menghitung berapa kebutuhan kami.

Tapi saya ingin berkata kepada saudara DIATAS SEMUA KENYATAAN YANG ENGKAU HADAPI, DIA ALLAH YANG TIDAK PERNAH LEPAS KONTROL SEDIKITPUN DARI KEHIDUPAN KITA.

Kalau rambut dikepala DIA menghitung , apalagi yang lain saudara. Saya tidak berkata bahwa anda semua harus punya pengalaman rohani yang sama, TIDAK !, Allah memberkati kita, Allah bekerja dengan cara yang berbeda-beda. Pak Marso memberikan teorinya “ wah karena Pak Agung ini adalah hamba Tuhan yang dipakai, jadi Allah memberkati “. “ Wah ya puji Tuhan kalau begitu enak dong saya, yang tidak enak yang lain “ saya berkata. Tapi BASIC nya saya tidak mau berteori tentang itu karena saya sendiri juga tidak mengerti tetapi yang saya tahu BAPAK KU YANG BAIK ITU TAHU SEMUA KEBUTUHAN KITA. Kezia, Samuel dan Shaza tidak perlu setiap hari minta makan, saya tahu mereka perlu makan, saya berkata “ ayo anak-anak makan semua “. Mestinya kita harus percaya, kita sebagai Papa yang tidak sempurna saja, sebagian besar yang kita berikan kepada mereka BUKAN KARENA PERMINTAAN MEREKA. Betul nggak.

Anda melahirkan dirumah sakit kenapa tidak di rumah makan, anak mu kan tidak minta “ lahirkan aku dirumah sakit “ tetapi engkau lahirkan anakmu dirumah sakit karena engkau tahu ada dokternya, ada perawatnya, hygienis, terjamin kesehatannya. Ketika lahir bayi tidak berkata “ beri aku pakaian dan popok “, tetapi kita yang memberikannya. Itu semua INISIATIF ORANG TUANYA. Ketika dewasa anda, siapa yang minta?, ketika umur sekian kasih bubur, umur sekian di kasih Pizza hut, umur sekian dikasih Yakiniku, siapa yang minta? tidak ada. ORANG TUA MEMIKIRKAN SEMUA APA YANG BISA DIBERIKAN UNTUK ANAKNYA.

Usia sekolah, anda sekolahkan dia, anak tidak pernah minta, ya minta karena melihat yang lain, tetapi sebagai orang tua engkau MEMIKIRKAN, setelah dewasa, carikan jodoh, carikan pekerjaan, carikan macam-macam. DIPIKIRKAN SEMUA OLEH ORANG TUA TANPA DIMINTA OLEH ANAK YANG BERSANGKUTAN. Itu PAPA yang tidak sempurnanya saja mengerti. Jadi BASIC nya rambut di kepala DIA hitung, DIA tahu semuanya, kenapa tidak mulai sekarang kita berkata ALLAHKU ITU BAIK, PAPAKU DISURGA ITU BAIK ! “. Daripada kita ngomel.  Mari kita belajar akan prinsip ini, ini OBAT pertama untuk mengobati hidupmu.

II .  yang kedua. I Petrus 5 : 7, saya berdoa agar HATI mu dibuka oleh ROH KUDUS untuk bisa PERCAYA, kalau susah TELAN saja, masukkan dalam rohmu.

1Pet 5:7  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

1Pet 5:8  Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Dalam terjemahan yang lain, the Living bible menterjemahkan begini : “ let him have all your Worries and care “, biarkan Tuhan itu memiliki semua rasa KUATIR dan KEPEDULIAN mu akan sesuatu, apa yang engkau RISAUKAN, apa yang engkau KUATIRKAN biarkan Tuhan yang MEMILIKI. Kekuatiran mu serahkan ke DIA biarkan DIA yang punya. “ for he always thinking about you “, KARENA DIA SELALU MEMIKIRKAN KAMU dan MEMPERHATIKAN SEGALA SESUATU YANG MENJADI PERHATIANMU, YANG MENJADI PERGUMULANMU. kurang apa Tuhan itu?. Luar biasa.

Diperhatikan, diamati terus yang menjadi PERGUMULAN kita. Nah kalau kita bisa PERCAYA ini, maka engkau tidak dengan gampang dapat DITELAN OLEH IBLIS tetapi kalau tidak PERCAYA bahwa TUHAN ITU BAIK maka engkau akan masuk ke mulutnya.

2Tim 2:13  jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”

Dalam terjemahan yang lain dikatakan “ If an when we ad to week to have any faith a live “, BAHKAN KETIKA KITA BEGITU LEMAH SEHINGGA KITA TIDAK PUNYA LAGI SISA IMAN. Begitu lemah sampai tidak punya sisa iman, baru saya baca ini pertama kali saya berkata “ Tuhan benarkah engkau berkata begini ? “. Tapi alkitab berkata begitu, “ He reminds faithfull to us “ DIA TETAP SETIA KEPADA KITA. “ And will help us “, DAN AKAN MENOLONG KITA. “ For he cannot this own us “, DIA TIDAK BISA MEMBUANG KITA. “ who a part of himself “, YANG MENJADI BAGIAN DARI DIRINYA SENDIRI. Kita ini bagiannya DIA. “ and he will always carriot his promise to us. DIA AKAN SELALU MEMBERIKAN SEMUA JANJI JANJINYA KEPADA KITA.

Saya memberi contoh begini : kalau ada orang yang tangannya lumpuh satu, apa dia bisa begini? ( angkat kedua tangannya ),  sudah potong tangan gua buang, tidak mungkin. Dia akan bawa-bawa terus kemana pun tangannya itu pergi dia ikut pergi dengan tangannya yang lumpuh. Dia akan coba gendong tangannya, dia minta didoakan, di obati dengan berbagai cara supaya tambah baik. SEBAB KITA BAGIAN DARI DARI, DENGAN DIA MEMBUANG KITA BERARTI ALLAH MEMOTONG DIRINYA SENDIRI. Itu KASIH yang begitu besar.

HUBUNGAN kita dengan BAPA DISURGA seperti HUBUNGAN ORANG TUA DENGAN ANAK. Saya beri contoh : satu kali anak saya yang pertama datang, “ Papa aku minta es cream, Pa aku minta es Cream ”, dia mendesak minta es cream, sebagai Papa yang saya tahu saya bukan ayah yang sempurna tapi cukup baik menurut saya paling tidak. saya melihat tidak ada salahnya tetapi saya melihat ada kepentingan lebih dari sekedar es cream. Saya ingin memberikan itu berikan itu kepada dia untuk menyenangkan hatinya tapi saya ingin ada keuntungan tambahan buat anak saya. Jadi saya berkata “ baik Papa belikan es cream nanti sore, sekarang tidur siang dulu , cuci muka dan kaki, tidur siang “. Kalau kamu tidur dapat es cream, tidak tidur tidak dapat es cream. Kadang –kadang kita minta dan Tuhan beri SYARAT. Ketika dia tidur sorenya dapat es cream. Kalau dia berkata “ aku tidak mau tidur “, saya berkata “ tidak ada es cream hari ini “. Kadang-kadang anak kita berkata begini waktu naik mobil “ Pa lapar pa beli roti pa “. “ Oh lapar belajar dulu nanti setelah belajar saya kasih kamu makan “, semaput anak digitukan. Ya dia bilang lapar, ya berhenti saya belikan dia roti + Fanta 1 kaleng. Ada kalanya kami yang ingin memberikan sesuatu, pada waktu mau ke Eropa, istri saya berkata “ Kezia nanti mama belikan sepatu roda “. Saya dengar Hesti dulu suka main sepatu roda, kenapa tidak suruh Hesti ngajarin anak-anak. Karena dirumah kami banyak anak-anak main sepatu roda kemudian dia lihat di TV, jadi dia kepingin sekali tapi belum sempat ngomong, istri saya sudah mengatakan ingin membelikannya. “ Ah mama bohong paling-paling tidak dibelikan…begini…begini “, saya berkata “ hei Papa yang janji ”, anak saya tahu kalau saya yang janji tidak pernah bohong kalau mamanya sedikit-sedikit kadang kadang tidak tepat tetapi kalau Papanya SELALU TEPAT, sekali Papanya berkata “ Papa yang janji “, TENANG dia. Kalau mamanya “ paling paling tidak dibelikan nanti ini itu m…m….”,  saya berkata “ papa yang belikan “, senang dia. sampai di Eropa kami carikan barang itu sebelum hari raya Pentakosta, carikan dulu dapat barangnya, berat bawanya. Saya kirim fax sama anak saya “ Papa dan Mama sudah belikan sepatu roda “. Waktu kami pulang dia tahu didalam koper besar ada sepatu roda. Walau pun anak saya “ sering tidak percaya “, tapi KAMI INGIN belikan dia. Saya tidak berkata “ kamu anak yang TIDAK BERIMAN kepada Papa dan Mamanya “. Tidak bisa, mungkin dia tidak yakin mamanya mau betul-betul belikan dia tetapi KAMI INGIN tiba-tiba itupun jadi KENYATAAN.

Saudara mengerti Tuhan, jadi ALLAH itu bukan ALLAH yang RUMIT. Bagaimanapun kitakan diciptakan SERUPA dan SEGAMBAR dengan DIA. Jadi model kita dengan anak kita ya SERUPA, kecuali anda itu Papa yang KIKIR nya LUAR BIASA. “ Ma roti “, “ tidak usah makan nasi kecap saja “, “ Papa dulu sengsara nak zaman jepang makan jagung sama tiwul, kamu minta roti, tidak usah “. Itu lain ceritalah Bocengli lah yang kaya gitu, anda perlu melihat IMAGE Bapa yang lebih baik. Pada umumnya saya bicara sesuatu yang ideal , kalau kita melihat akan FAKTA itu bukankah DIA ITU ALLAH YANG BAIK.  Sekalipun anda tidak punya SISA IMAN kalau DIA berkata AKU JANJI pasti DIA AKAN BERI. Kenyataannya saya tidak berdoa.

Kalau anda bisa PERCAYA ini anda sudah BERIMAN sebetulnya.  BERIMAN kepada DIA YANG BAIK. Bukan hanya BERIMAN hanya kepada PERBUATAN NYA tetapi BERIMAN kepada KEBAIKANNYA.

Heb 13:5  Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Amplified bible mengatakan :

(5) Let your character or moral disposition be free from love of money [including greed, avarice, lust, and craving for earthly possessions] and be satisfied with your present [circumstances and with what you have];

for He [God] Himself has said,  KARENA DIA TUHAN SENDIRI TELAH BERKATA

I will not in any way fail you, AKU TIDAK AKAN DENGAN CARA BAGAIMANA PUN JUGA MEMBUAT KAMU GAGAL

nor give you up nor leave you without support. AKU TIDAK AKAN MENYERAH DENGAN KAMU, ATAU TIDAK MAU MENGURUSI KAMU LAGI, AKU TIDAK AKAN MENINGGALKAN KAMU TANPA DUKUNGAN

 [I will] not, [I will] not, [I will] not,  (3X DIA ULANG), TIDAK AKAN, TIDAK AKAN, TIDAK AKAN

in any degree , DALAM TINGKATAN SEPERTI APAPUN JUGA

leave you helpless, MENINGGALKAN ENGKAU TANPA PERTOLONGAN

nor forsake, MENYINGKIRKAN ENGKAU, nor let [you] down, MEMBUAT ENGKAU TERGELETAK ATAU JATUH

( relax My hold on you)!, MELEPASKAN GENGGAMANKU ATAS DIRIMU

[ Assuredly not!], PASTI TIDAK !

Engkau Tanya kepada BAPA DISURGA, IA menjawab “ I WILL NOT, AKU TIDAK AKAN “.

Tanya kepada Tuhan YESUS, IA menjawab “I WILL NOT, AKU TIDAK AKAN “.

Tanya kepada Roh Kudus, IA menjawab “I WILL NOT, AKU TIDAK AKAN “.

Dengan cara bagaimana pun juga membuat engkau gagal, TIDAK AKAN!. PASTI TIDAK!, TUHAN YANG JAMIN SENDIRI BUAT KITA. Bukankah kita punya ALLAH YANG LUAR BIASA, bukankah ia ALLAH YANG BAIK.

1 . engkau harus PERCAYA tidak ada sesuatu yang diluar KONTROLNYA.

2 . engkau harus PERCAYA bahwa TUHAN YESUS ITU BAIK, GOD is GOOD all the time.

Minggu depan belajar ALLAH ITU BAIK SEPANJANG WAKTU. Kalau engkau susah berkata GOD IS GOOD LATIHAN, KATAKAN  GOD IS GOOD. Supaya engkau tidak KECEWA, ketika engkau mengalami apa pun katakan selalu TUHAN ITU BAIK.

Suatu kali saya berdoa, ada beberapa hal didalam HATI saya yang membuatnya PENUH, saya berdoa di kamar sendirian, dan saya berkata “ TUHAN ENGKAU BAIK, ENGKAU BAIK, ENGKAU BAIK “ , saya bisa merasakan ada seperti Liquid, Minyak yang turun dari atas memenuhi HATI dan ini MINYAK SUKACITA. Semua SAMPAH DIHATI ditekan habis, HATI SAYA PENUH DENGAN SUKACITA. Saya pingin ketawa sendiri,  Hilang semua sampah -sampahnya, waktu engkau berkata GOD IS GOOD, GOD IS GOOD, GOD IS GOOD. Maka kebaikanNYA akan turun dalam hidupmu.

III . ayat terakhir I Kor 15 : 30 -32, ini harus diminum setiap hari

1Co 15:30  Dan kami juga–mengapakah kami setiap saat membawa diri kami ke dalam bahaya?

1Co 15:31  Saudara-saudara, tiap-tiap hari aku berhadapan dengan maut. Demi kebanggaanku akan kamu dalam Kristus Yesus, Tuhan kita, aku katakan, bahwa hal ini benar.

(KJV)  I protest by your rejoicing which I have in Christ Jesus our Lord, I die daily. AKU MATI SETIAP HARI

1Co 15:32  Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka “marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati”.

Paulus berkata “ I die daily, AKU MATI SETIAP HARI “, waktu semua yang PAHIT datang dalam kehidupan kita, kita berkata “ TUHAN AKU MAU MATI DARI SEMUA  KEDAGINGANKU “. Die to self daily. Tiap hari mati atas KEDAGINGAN kita sendiri

Ayat terakhir sebelum kita berdoa

Rom 8:35  Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?

Dengarkan baik-baik , orang Kristen TERNYATA bisa mengalami penindasan, kesesakan, aniaya, kelaparan, kelaparan karena orang kurang, ketelanjangan karena orang kurang, bahaya atau pedang, semua itu DIALAMI oleh Paulus.

Rom 8:36  Seperti ada tertulis: “Oleh karena Engkau kami ada dalam bahaya maut sepanjang hari, kami telah dianggap sebagai domba-domba sembelihan.”

(KJV)  As it is written, For thy sake we are killed all the day long; UNTUK KEPENTINGANMU INI KAMI DIBUNUH SEPANJANG HARI.Dibunuh apanya? DIBUNUH KEDAGINGANNYA!

we are accounted as sheep for the slaughter. Kami telah dianggap sebagai domba sembelihan.

I DIE DAILY, kata Paulus, kalau ini jadi REALITA HIDUPMU. Kita Exercise, kita MELATIH diri kita sendiri, sehingga tidak ada KEKECEWAAN TERHADAP ALLAH dan KEPADA MANUSIA.

amin

http://www.4shared.com/mp3/VIYH_rYO/Melatih_Diri_U_Berkenan.html

4 responses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s