Dalam Lindungan Allah

Dalam Lindungan Allah

Ditulis dari Kotbah Pdt. Petrus Agung Purnomo

 

Pagi ini saya ingin sampaikan apa yang Tuhan taruh dalam hati saya selama beberapa hari menjelang tahun lalu berakhir, saya percaya ini merupakan garis yang sangat kuat yang bisa membawa kita memenuhi apa yang Tuhan rencanakan atas kehidupan kita dan atas gereja ini. Dan saya ingin saudara nanti dirumah anda mengulang ulang akan satu pasal ini saja yang akan saya bacakan pada pagi hari ini lalu renungkan baik-baik karena ini merupakan satu janji Tuhan yang luar biasa buat setiap kita tapi juga buat gereja ini.

Saudara sekalian saya ajak kita membuka mazmur 91, hanya ada 16 ayat, saya akan membacakan seluruhnya buat saudara, anda perhatikan dari ayat 1 sampai dengan ayat ke 16, sebelum bacakan saya ingin menjelaskan buat saudara buat para komentator yahudi lama/kuno, mazmur 91 ini mereka yakini sebagai mazmur yang diciptakan pada saat saat penciptanya sedang menghadapi yang namanya DEMONIC ATTACK atau serangan kuasa gelap. Jadi mazmur ini berkaitan langsung dengan apa yang Tuhan janjikan ketika kuasa gelap itu menyerang kehidupan kita secara pribadi dan kehidupan gerejanya. Para komentator Yahudi, agama yahudi lama berpendapat semuanya setuju berdasarkan pengkalimatan-pengkalimatan yang dituliskan dalam mazmur 91 ini maka mereka semuanya berkata ini merupakan mazmur yang keluar yang lahir justru pada saat ada demonic attack ada serangan kuasa gelap. Karena mazmur ini lahir akibat dari demonic attack serangan kuasa gelap tentu ini merupakan jawaban Tuhan atas apa yang merupakan jeritan umatnya pada waktu mereka diserang oleh kuasa gelap.

Oleh karena itu kalau kita membaca ayat ini biarlah dengan pengertian yang baru, ini bukan mazmur biasa yang ditulis atau dikarang atau lahir dari angan-angan manusia tapi ini merupakan jawaban Tuhan, pewahyuan Allah atas jeritan umatnya yang menghadapi serangan kuasa gelap.

Sekarang mari kita lihat :

Psa 91:1  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
Psa 91:2  akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”
Psa 91:3  Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.
Psa 91:4  Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.
Psa 91:5  Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,
Psa 91:6  terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
Psa 91:7  Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.
Psa 91:8  Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.
Psa 91:9  Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,
Psa 91:10  malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;
Psa 91:11  sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
Psa 91:12  Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.
Psa 91:13  Singa dan ular tedung akan kaulangkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga.
Psa 91:14  “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
Psa 91:15  Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.
Psa 91:16  Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.”

Saudara sekalian lihat akan janji Tuhan yang begitu luar biasa, alkitab berkata “ engkau tidak akan kena penyakit sampar, tidak akan kena wabah yang menular, engkau akan menonton ketika ketika ada ribuan orang disebelah kanan dan kirinya akan rebah, tidak akan berakibat apapun dalam hidupmu, engkau akan menonton pembalasan atas orang fasik “, alkitab berkata “ malaikatnya akan diperintahkan kepadamu untuk menopang bahkan tiap langkahmu sampai engkau tidak terantuk oleh batu, ini merupakan PROTEKSI TOTAL yang Allah janjikan buat kita ketika kita masuk tahun 94 ini “.

Pertanyaannya saudara sekalian ada banyak orang Kristen yang sudah mengerti akan janji firman Tuhan ini, mereka berkata “ ada malaikat yang menopang akan langkahku “, mereka berkata “ Allah proteksi aku, orang boleh rebah kanan kiriku aku tidak akan kena akibatnya “.    

Tetapi KENYATAANNYA berapa % dari orang-orang Kristen yang sungguh bisa menikmati janji YANG Tuhan berikan kepada kita?, kalau hanya 0,01% misalnya atau hanya beberapa gelintir orang yang menikmati akan janji ini lalu untuk apa mazmur ini dituliskan?, menurut saya kalau sebagian besar anak-anak Tuhan belum bisa mendapatkan janji yang Allah berikan mestinya bukan dari pihak Allah yang salah, ada sesuatu yang keliru dalam hidup kita menanggapi akan mazmur 91 ini.

Oleh karena itu saya ingin membagikan 2 hal yang mendasar sekali bagaimana sehingga ayat yang ke 3 sampai ayat yang ke 16 ini menjadi bagian kita menjadi milik kita bahkan tanpa engkau minta saya berani berkata, kalau ayat yang pertama saja engkau jaga, engkau pelihara, engkau praktekkan dalam hidupmu, maka otomatis semua janji Allah itu tanpa saudara minta akan datang dan diberikan dalam hidupmu.

Apa yang salah dari kita sering kali kita melihat hanya janji-janjinya tanpa kita pedulikan bagaimana kita bisa mendapatkan janji itu. Saya ingin kita melihat sekarang ayat yang pertama, dengar baik-baik khususnya pada kalimat yang pertama ini harus dilewati, lalu kalimat kedua pada ayat yang sama harus dilewati juga, lalu semua janji ini otomatis jadi milik saudara dengan kata lain sebenarnya anda dan saya tidak usah mengklaim janji yang Allah berikan kalau kita jalankan kewajiban kita, jalankan perintahNya otomatis semuanya akan Dia berikan buat kita.

1. Sekarang perhatikan ayat yang pertama dari mazmur 91 :

 Psa 91:1  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa

Saudara janji Allah pertama-tama terbuka pada waktu ada orang duduk dalam lindungan yang mahatinggi, bahasa inggrisnya bagus sekali kalimat ini berbunyi demikian  He that dwelleth in the secret place of the most Hig, yaitu ia yang tinggal ditempat rahasia daripada yang Mahatinggi yaitu Allah sendiri.

Janji ini ayat 3 sampai 16 berlaku hanya untuk siapa?, hanya untuk mereka yang tinggal ditempat rahasia daripada Allah yang Mahatinggi. Janji ini tidak berlaku untuk semua orang Kristen hanya anak-anakNya yang tinggal ditempat rahasia dari Allah yang Maha tinggi.

Sekarang orang bertanya dimana tempat rahasia Tuhan?, sebetulnya ini sesuatu yang simple yang hampir setahun ini saya terus sampaikan untuk saudara. tapi dengar baik-baik tanpa kita sadari apa yang diajarkan selama ini membuka sesuatu tabir proteksi Allah yang begitu besar dalam hidup kita. Mengapa orang Kristen gagal untuk bisa mencapai proteksi dan berkat Allah yang besar? Karena mereka tidak mau tinggal ditempat rahasia dari Allah yang maha tinggi.

Sekarang saya mau tunjukan buat saudara dimana sebetulnya secret place, tempat rahasia dari Allah yang maha tinggi. Buka bersama dengan saya matius 6 : 6 :

Mat 6:6  Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Saya pernah sampaikan ini dalam doa malam 2 kamis yang lalu, sekarang saya mau ulang lagi, anda lihat mulai dari ayat yang ke 5 dan terutama perhatikan ayat yang ke 6 dari Matius pasal ke 6 :

Mat 6:5  “Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Ini bahaya sekali, banyak orang Kristen ingin recognition, ingin dikenal orang. Kemarin Tuhan mengajar saya menarik sekali, orang itu pada hakekatnya ada kebutuhan rohani, ada kebutuhan jiwani, ada kebutuhan jasmani. Kebutuhan jiwani ini seringkali yang harus ditaklukan karena itu selfish, itu manusia daging kita, apa itu kebutuhan jiwani : kebutuhan untuk dipuji, diberi kata-kata yang indah, diangkat-angkat, itu daging sebetulnya, tapi sering kali kalau diabaikan akan menimbulkan problem. Jadi orang itu perlu dipuji-puji, jadi kalau saudara kurang pujian itu kadang-kadang kurang sehat pertumbuhannya, jadi aneh-aneh, kalau rohnya tidak kuat, lalu orang itu perlu dihargai akan pekerjaannya, walaupun kalau terus-terusan begitu anda akan sombong dan jatuh juga.

Tetapi kalau itu terus-terusan, alkitab berkata ketika engkau tunjukan siapa dirimu, engkau pamerkan kehebatanmu, orang berkata “ ini orang hebat ini orang hebat “, makin banyak pujian anda dapatkan dibumi ini disorga nanti “ loh Tuhan aku berbuat ini itu “, “ kamu sudah dapatkan upahnya waktu orang puji-puji kamu, orang tepuk-tepuk tangan buat kamu, ya itu upahmu “, lah itu celaka saudara kerjaan bertahun-tahun musnah dibumi saja, jadi mari beri semua kemuliaan buat Tuhan supaya Allah memberikan hadiah buat kita daripada dari manusia.

Sekarang perhatikan ayat yang ke 6 ini penting sekali :

Mat 6:6  Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi, dalam bahasa inggrisnya masuklah kedalam secret chamber, dalam ruang dalam, dalam tempat rahasiamu, di secret placemu.

Terus dikatakan begini tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi, BAPA itu ditempat tersembunyi, Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. Ada terjemahan lain yang bagus sekali, kalimatnya berbunyi begini, dengar baik-baik ini simple sekali, setiap kali saya berbicara tentang TEMPAT RAHASIA dimana Allah itu ada, apa itu sebetulnya?, alkitab berkata begini “ kalau kamu berdoa, kunci kamar, tutup pintu dan berdoalah kepada BAPAmu yang ada ditempat yang tersembunyi “, dalam terjemahan yang lain kalimat ini berbunyi begini “ pray to thy Father, berdoalah kepada BAPAmu, who as with you, yang bersama dengan kamu, when you are alone “. Karena ada orang berkata begini “ pak saya tidak punya tempat rahasia, kamar saya cuma gitu tok, masuk kolong pun bukan rahasia lagi loh banyak barang disitu “.

TEMPAT RAHASIA INI ADALAH TEMPAT DIMANA SAUDARA SENDIRI DENGAN DIA.

Alkitab berkata “ datanglah kepada Bapamu yang ditempat tersembunyi “ artinya apa TEMPAT DIMANA ENGKAU SENDIRI , itulah Bapamu ada. “ Pray to thy Father who as with you when you are alone “, “ datanglah kepada Bapamu yang disurga yang akan ada bersama dengan kamu pada waktu engkau sendiri “, dan akibatnya dikatakan “ maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu “, bukan Cuma membalas tapi  shall reward thee openly , akan membalas, menghadiahi engkau, memberkati engkau secara terbuka.

Saudara alkitab berkata “He that dwelleth in the secret place of the most Hig, ia yangtinggal ditempat rahasia daripada yang Mahatinggi  artinya apa?,

Disitu terjadi ketika saudara dan saya mulai ada persekutuan pribadi dengan Bapamu disorga, ITU TEMPAT RAHASIAMU, tidak selalu dalam kamar, kalau engkau jalan ketaman atau dimanapun engkau berada atau dipinggir jalan. Ketika engkau sendiri dan berkata “ Tuhan aku bersama dengan Engkau, aku mau bersekutu dengan Engkau “, sampai ditempat kerjaan, dalam bis, di kendaraan umum, dikereta api, di travel, ENGKAU BERKOMUNIKASI DENGAN ALLAHMU ITULAH TEMPAT RAHASIA. Dimana engkau dan Allah Bapamu sendiri bersama-sama bersekutu. Dan Itulah janji bagi orang yang bersekutu dengan Bapa disorga secara intim, secara pribadi maka ayat 3 sampai 16 dari mazmur 91 akan menjadi milik kita.

Saya berani berkata buat saudara janji Tuhan dalam mazmur 91 bukan untuk semua orang Kristen karena kalimat itu dimulai “ ia yang tinggal ditempat tersembunyi dari yang maha kuasa, hanya mereka inilah yang mewarisi akan janji itu “.

Sekarang kita kembali kepada mazmur 91, ayat ke 9 sejauh mana sebetulnya Allah ingin kita memiliki HUBUNGAN PRIBADI dengan Dia.

Psa 91:9  Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu

Yang membuat bukan Dia tapi kita, perhatikan kata perteduhan dari kata ibrani Mawin dan kata Mawin ini dari akar kata Onah dan kata Onah sebetulnya artinya dwelling together as in married, tinggal bersama seperti seorang yang menikah, dalam kaitan seperti pernikahan. Kalau kita menjadikan Dia tempat perteduhan kita, HUBUNGAN yang Tuhan inginkan adalah KEINTIMAN SEBAGAI SEPASANG SUAMI ISTRI, sebagaimana dalam pernikahan, bukan hubungan tetangga yang dengan penuh basa-basi dan aturan permainan tetapi seperti HUBUNGAN PERNIKAHAN yaitulah ORANG YANG TINGGAL DITEMPAT TERSEMBUNYI, TEMPAT RAHASIA DARI YANG MAHA TINGGI dan Allah berkata pada waktu engkau SENDIRI maka BAPAmu akan ada bersama dengan engkau dan mazmur yang sama berkata karena engkau telah membuat DIA tempat perteduhanmu,

Karena kita menjadikan Tuhan sebagai SUAMI kita dan kita sebagai MEMPELAINYA, anda bisa mengerti apa yang saya maksudkan, HUBUNGAN seperti inilah yang Tuhan inginkan, ada intimacy KEINTIMAN DENGAN ALLAH, orang yang INTIM dengan Tuhan, Allah berkata “ Aku kirim malaikatKu untuk menjagai jalannya. Aku akan PROTEKSI dia, ribuan orang boleh rebah dikanan kirinya, dia hanya menonton dan tidak akan terpengaruh apapun keadaan sekitarnya “, itu merupakan janji Tuhan.

Sekarang buka dengan saya I Korintus 6 :

1Co 6:16  Atau tidak tahukah kamu, bahwa siapa yang mengikatkan dirinya pada perempuan cabul, menjadi satu tubuh dengan dia? Sebab, demikianlah kata nas: “Keduanya akan menjadi satu daging.”

1Co 6:17  Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

Dengar ini kaitan dengan pernikahan dan dalam HUBUNGAN kita dengan Tuhan.

Kalau ada intimacy dengan Allah kita akan SATU ROH dengan DIA, roh kita akan semakin MELEKAT dengan ROHNYA DIA, lalu kita memiliki HUBUNGAN yang special dengan Allah kita dan orang yang seperti ini alkitab berkata adalah orang yang  He that dwelleth in the secret place of the most Hig, orang yang tinggal ditempat tersembunyi dari Allah yang maha kuasa, Allah yang maha tinggi dan orang ini berhak mewarisi akan semua janji Allah.

Saudara pertanyaannya kemudian adalah kalau kita tinggal dan kita menetap pada hadirat BAPA apa akibatNYa?

Buka bersama dengan saya Yohanes 15 :

Joh 15:1  “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
Joh 15:2  Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Joh 15:3  Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.
Joh 15:4  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.
Joh 15:5  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Banyak orang menafsirkan dengan gampang sekali, “ Oo..yang penting kita percaya Yesus ..kita berbuah “, No No…, saudara tahu buah anggur antara batangnya dan rantingnya susah dibedakan karena seperti sulur-suluran, susah dibedakan menyatu, bukan tempelan, dikasih pines bukan tapi itu menyatu batang dengan rantingnya seperti labu dan DIA berkata “ kalau kamu yang pertama tinggal didalam AKU, AKU akan tinggal didalam kamu “, bayangkan kalau Allah tinggal didalam kita sebagai akibat kita tinggal didalam DIA, apa itu?

Buka bersama dengan saya Keluaran 29 :

Exo 29:43  Di sanalah Aku akan bertemu dengan orang Israel, dan tempat itu akan dikuduskan oleh kemuliaan-Ku.
Exo 29:44  Aku akan menguduskan Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu Harun dan anak-anaknya akan Kukuduskan supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.
Exo 29:45  Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Kata dweel, kata diam dari akar kata ibrani sekinah dan kata sekinah itu artinya his glory present, hadirat yang mulia dari Allah. Dengar baik-baik, kalau anda membaca perjanjian lama terutama setiap mendengar kata HADIRAT TUHAN itu konsepnya teologia yahudi apa itu? Hadirat yang dapat DIRASAKAN dan HADIRAT yang teancheable, hadirat yang REAL ,NYATA , bukan orang Cuma ngomong “ Oo hadirat nya …hadiratnya “ dan feeld bisa dirasakan. Dan Allah berkata “ Aku akan tinggal ditengah-tengah mereka “, kata TINGGAL dari kata SEKINAH HIS GLORY PRESENT, hadirat yang mulia dari Allah akan tinggal dalam kehidupan kita, hadiratnya menguduskan kita, kemuliaannya menguduskan kita, siapa yang tahan menjamah hidup kita?

Otomatis kalau kita tinggal DITEMPAT TERSEMBUNYI, tempat dimana Allah ada, ada hubungan pribadi yang dekat dengan BAPAmu disorga, maka BAPAmu akan tinggal dalam hidupmu dan dengan Allah tinggal maka GLORY PRESENT hadirat yang mulia dari Allah akan tinggal dalam hidup kita, ketika hadiratNya tinggal dalam kehidupan kita, siapa yang tahan berdiri dihadapan kita?, bukan karena kehebatan kita tapi karena Allah yang tinggal didalam kita.

Ingat mazmur 91 tidak berlaku untuk semua orang Kristen hanya orang Kristen yang mau tinggal DIDALAM HADIRATNYA.

dan banyak orang Kristen mengerti ini tapi tidak pernah mau dipraktekkan dalam hidupnya, saya mau katakan buat saudara, engkau akan kehilangan berkat besar kalau tidak mau mulai mengambil waktu  BERSEKUTU dengan BAPAmu disurga secara pribadi. Saya mau katakan tahun ini serangan kuasa gelap akan makin gila-gilaan tetapi juga saya berani berkata tahun ini adalah tahun PERBEDAAN, anda akan melihat antara orang fasik dan orang benar, antara orang yang tinggal didalam hadiratNya dan orang yang diluar hadiratNya.

Saudara seketika akan melihat PERUBAHAN dan PERBEDAAN yang sangat menyolok, orang tidak bisa lagi menutupi dirinya dengan aktivitas – aktivitas manusia, orang akan dilihat langsung apa yang ada DALAM BATINNYA, Quality dan kadar rohaninya akan langsung kelihatan dari apa yang nampak dari kehidupannya sehari-hari. Engkau boleh berbicara muluk muluk tentang gereja yang ideal, tentang hamba Tuhan yang ideal, tentang prinsip yang ideal tapi orang tidak mau dengar perkataan seperti itu lagi karena orang hanya mau melihat BUAH, BUAH dan BUAH dalam kehidupan kita. Engkau boleh berteori bermacam – macam tetapi BUAH HIDUPMU tidak menunjukkan apapun juga tanpa KEMENANGAN yang kelihatan dari hidupmu.

Saya berani berkata engkau akan dibedakan langsung oleh Allah, antara orang yang tinggal DITEMPAT TERSEMBUNYI dari Allah yang maha tinggi dari orang yang bisanya bicara tetapi tidak pernah mempraktekkan ini dalam kehidupannya. Mazmur ini hanya berlaku untuk orang mau tinggal DITEMPAT TERSEMBUNYI  dari Allah yang maha tinggi. Hanya kalau saudara dan saya ambil WAKTU PRIBADI dengan Tuhan, sediakan waktu lebih banyak lagi dengan Tuhan, anda akan bertahan.

Saya baca sebuah buku, saya mau kutip perkataan pendeta Billy Graham ini orang besar sampai sekarang masih hidup sedang sakit tapi masih tetap melayani pekerjaan Tuhan, Billy berkata begini, ini yang membuat saya kaget dan prihatin, dengar “ hari ini kalau ROH KUDUS ditarik dari gereja, diangkat kembali maka 90% dari semua kegiatan gereja yang sedang berjalan akan terus berjalan seperti biasa “, apa akibatnya? Apa implikasinya?, artinya dia mau berkata :

“ 90% pekerjaan anak anak Tuhan hari – hari ini tanpa ROH KUDUS  “.

Sehingga kalau ditarikpun tidak ada bedanya, contoh : saya mungkin, saya bicara tanpa bantuan tissue ini, satu jam bicara kalau tissue ini saya buang tetap saya bisa bicara seperti saya bicara hari ini, karena saya tidak pakai ini. Hal sama dengan gereja, Billy Graham keliling seluruh dunia dan dia menyimpulkan : “ Kalau ROH KUDUS ditarik dari gereja 90% yang kita kerjakan jalan terus, berarti hanya 10% dari semua gereja yang ada, yang betul tergantung dari HOLLY SPIRIT “.

Karena ketika ROH KUDUS ditarik yang 10 % akan hancur, yang 90% mayoritas akan jalan terus karena yang dipakai otak dan kekuatan dirinya sendiri tapi gereja yang seperti ini tidak akan tahan menghadapi tahun ini, PROTEKSI Allah akan hilang dari hidup kita, tidak akan pernah muncul malaikat yang diperintahkan untuk menopang akan hidup kita. PILIHAN DITANGAN KITA SEKALIAN!

Kalau saudara bisa mengerti JANJI Allah ini, ini JANJI hanya untuk mereka yang mau tinggal DITEMPAT TERSEMBUNYI dari Allah yang maha tinggi bukan untuk orang yang mencoba menjaga dirinya sendiri, mencoba memproteksi hidupnya sendiri tapi Allah ingin dari setiap kita TINGGAL di tempat tersembunyi dari Allah yang maha tinggi.

Ambil WAKTU PRIBADI dengan Tuhan secara khusus, KENALI DIA, AJAK DIA BERSEKUTU, AJAK DIA BICARA.

Nanti pada bagian terakhir saya mau tunjukan ayat yang luar biasa.

2.Yang kedua, yang Terakhir, balik ke mazmur 91 saya mau tunjukan hal yang kedua, saya bacakan lagi ayat pertama :

Psa 91:1  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa.

Bahasa inggrisnya :

Psa 91:1  He that dwelleth in the secret place of the most High ( kalimat kedua ini merupakan AKIBATNYA )  shall abide under the shadow of the Almighty.  Akan tinggal didalam bayang-bayang dari Allah yang maha kuasa, bahasa aslinya ELL SHADAI.

Orang yang tinggal ditempat tersembunyi dari Allah yang maha kuasa, ORANG YANG TINGGAL DIDALAM HADIRAT ALLAH MAKA ALLAH AKAN TINGGAL DALAM HIDUPNYA, SEKINAH HIS GLORY PRESENT. Hadirat Allah yang mulia tinggal dalam hidup kita, orang yang belajar kenal dan dekat dengan AllahNya, Alkitab berkata shall abide under the shadow of the Almighty ,  Akan tinggal didalam bayang-bayang dari Allah yang maha kuasa, itulah : ELL SHADAI. Apa artinya?, jadi mazmur ini hanya berlaku bagi kategori :

1. orang yang tinggal dalam Hadirat Allah. Dan kalau kita tinggal dalam Hadirat Allah akibatnya apa?, kita akan tinggal dibawah bayang-bayang dari ELL SHADAI. Pertanyaannya begini?, hari ini kita banyak nyanyi Ell Shadai, semua teriak Ell Shadai, stiker Ell Shadai, rumah makan Ell shadai, persekutuan Ell Shadai, tanpa orang itu mengerti Ell Shadai itu apa?, kapan pertama kali Allah berkata “ Akulah Ell Shadai “, kapan itu ?, buka bersama dengan saya kejadian 17, kalau saudara mengerti akan latar belakangnya baru boleh teriak Ell Shadai, kalau tidak malu dan tidak ada gunanya bagi kehidupan kita.

Gen 17:1  Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: “Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.

Gen 17:2  Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak

Dengar baik-baik saya mau jelaskan buat saudara, Allah berjanji kepada Abraham, “ Aku buat keturunan mu seperti pasir dilaut dan bintang dilangit “, Abraham berkata “ ya Tuhan aku percaya “, pada waktu Allah berkata begitu Abraham masih kuat, zaman dulu orang masih kuat-kuat sampai tua perkasa, ditunggu- ditunggu janji Tuhan engga muncul-muncul, terus mikir pake otaknya Oo Tuhan berkata “ nah Tuhan berfirman jangan diterima apa adanya, mari kita teliti dulu apa artinya Tuhan berbicara ini “, Oo artinya “ kitakan punya otak kita punya tenaga masa kita diem saja, bisa hamil sendiri, wong Sara itu mandul, jadi kita berusaha MARI KITA BANTU TUHAN, Tuhankan hanya ngomong tok yang kerjakan kita, Tuhan yang berfirman kita yang kerja, musti begitu katanya bantu dong Tuhan kalau tidak kasihan repot, berapa juta umat manusia kerjaannya kan banyak, Ee Sara bantu Tuhan “ Abraham itu Hagar ambil “, Mau orang laki ya kan, buat Abraham dia mikir gini “ aku tidak punya anak yang mewarisi hartaku siapa? ”, pelayanku aku engga rela, lebih baik dengan pembantu engga apa-apa asal itu anakku, bolehkan, boleh, wah senang, ada istri baik, paling baik sedunia, aku boleh kawin lagi, ketika dia kawin lahirlah Ismail. Saudara apa itu betul anak dari Tuhan?, tidak, itu dari KEDAGINGANNYA, anda tahu Tuhan DIAMKAN  saja berapa tahun, dari pasal 16 ayat terakhir dan pasal 17 ayat pertama tadi selisihnya berapa 13 tahun. Tuhan selalu begitu, kalau anda sudah mulai bantu Tuhan DIA langsung TUTUP MULUTNYA, ditunggu sampai apa?, sampai loyo, sudah 99 tahun, sudah tidak ada gairah suami istri, Sara sudah peot sudah tua, sudah mikirnya mati, dia SUDAH TIDAK MAMPU LAGI MENOLONG TUHAN, ke MAHA KUASAANNYA baru muncul pada waktu saudara ngaku AKU TIDAK BERDAYA LAGI, selama engkau masih berkata aku masih bisa ini masih bisa itu, tidak pernah engkau kenalan dengan yang namanya ELL SHADAI ALL MIGTHY GOD.

Orang yang tinggal DIDALAM HADIRAT ALLAH, shall abide under the shadow of the Almighty, kalau saudara tinggal dalam hadiratNYA, engkau lihat kemuliaanNYA, engkau akan sadar hidupku ini tidak ada apa-apanya, pada saat engkau sadar aku ini tidak ada apa-apanya, engkau tersungkur dibawah kakiNya ELL SHADAI akan menampakkan diri, ALL MIGTHY GOD. Sekarang lihat saudara hampir semua tokoh di alkitab dibegitukan oleh Tuhan apalagi kita, pasti.

contohnya Yusuf, siapa yang menjanjikan ia akan dipakai luar biasa, dikasih mimpi bulan bintang menyembah dia, berkas berkas gandum menyembah dia, dibencikan, kemudian ia dibuang, sampai prosesnya 11 tahun dibuang, Tuhan menunggu apa sih?, nunggu dia MATI DARI SEMUA AMBISINYA,  karena begini saudara orang kalau diberi janji yang indah DAGING nya ikutkan, contoh misalnya sayang ngomong “ wah Irene saya merasa kamu akan menjadi Chatrien Culmannya Semarang, kira-kira besok dia pakainya long dress terus, kalau pimpin pujiannya mulai begini-begini seperti Chatrien Culman “, kenapa? Karena walaupun itu perkataan dari Tuhan tetapi DAGINGNYA senang.

Yusuf diberi janji wahhduhh langsung buktinya apa?, kalau kakaknya nakal langsung lapor bapaknya, supaya ia dihormati sama yang lain, dia mencoba naik dengan MAUNYA SENDIRI. 11 tahun dan beberapa ia tahun tinggal dipenjara, TUHAN TUNGGU IA MATI BETUL, setelah itu ada juru minuman mimpi dia tafsirkan mimpinya tepat, begitu ini orang dikeluarkan dari penjara, Ee ingat system  koneksi Yusuf berkata “ jangan lupa ya sama teman lama “,  ok ok aku tidak akan lupa, lupa tidak saudara, ia lupa, lupanya 2 tahun juru minuman ini, DIBIARKAN TUHAN 2 tahun lagi, seminggu ditunggu, 2 bulan, ditunggu 6 bulan ngamuk, 1 tahun frustasi, 2 tahun habis, ya sudah nasibku begini, kalau bukan Tuhan tidak bisa, waktu dia MENYERAH begitu hari berikutnya diangkat, itu Yusuf loh, anda lebih hebat dari Yusuf?, tidak mungkin, mesti DIKERJAIN persis sama, anda masih punya AMBISI?, belum bisa ketemu ELL SHADAI, sampai anda tersungkur bilang ya Tuhanku aku MENYERAH, baru ELL SHADAI muncul, tapi sampai orang MENYERAH itu susah sekali, ada orang dari lahir sampai mati tidak pernah MENYERAH sama Tuhan dan tidak pernah ketemu ELL SHADAI, nyanyi doang tidak pernah ketemu ELL SHADAI.

Contoh ketiga Gideon ini orang penakutnya luar biasa, minta tanda bolak balik , Tuhan kasih tanda, terus Tuhan berkata “ kumpulkan pasukan “, yang terkumpul 30.000 pasukan, dia bilang lumayan, Allah berkata “ Gideon terlalu banyak aku minta sedikit saja “,  ini orang penakut diberi teman 30.000 besar hati, DIA bilang “ kurangi “ , kenapa Tuhan?, nanti kalau terlalu banyak dan mereka menang mereka bilang kami menang sendiri tanpa Tuhan, saya perang sendiri.

Tuhan itu tidak pernah mau memberikan kemuliaannya kepada orang lain, Dia mau yakinkan bahwa nanti kemuliaan itu buat AKU. Makannya orang Kristen pinter-pinter kalau berdoa “ Tuhan nanti Kemuliaan buat Engkau tetapi Berkatnya buat aku “, ya sama saja saudara, pinternya luar biasa, kita meraih Tuhan dengan kata “ kemuliaan bagiMU kemuliaan bagiMU “, sebetulnya tujuannya adalah supaya dapat berkatNya. Kemudian Allah kurangi pasukan Gideon tinggal berapa?, 300 orang. Kalau sudah 300 orang, mereka bisa menang perang, akhirnya mereka mengerti Tuhan yang berbuat.

Jadi Allah itu GOAL nya itu apa sih?, DIA hanya mau membuat semua kita berkata “ Tuhan aku menyerah aku tidak ada apa apanya“ , kalau saudara sampai titik itu, saya yakin ELL SHADAI itu turun, waktu ELL SHADAI turun, “ the all mighty God Allah, yang maha kuasa, yang diluar pikiran mu, Dia akan beri. Cuma itu teologia kalau anda putar-putar nanti ketemunya Tuhan begitu tok tapi untuk itu ENGKAU HARUS BERSEKUTU DENGAN DIA. kenapa? kalau endda tidak bisa.

Saya beri contoh Daniel, ini orang jabatannya no 2 di Babel, kapan Daniel bisa tersungkur?, berkata “ aku menyerah “, waktu dia ketemu Tuhan sendiri, dia berkata “ My splender turn to a corruption “, keanggunanku berubah jadi kebusukan.  Yesaya pasal 1 sampai pasal 5 sudah bernubuat “ demikianlah firman Tuhan “, pasal 6 dia melihat Tuhan dia berkata “ celaka najis bibir aku “. Contoh ketiga Ayub, dia bantah dia bela dirinya, ketemu Tuhan sekali, Allah Cuma berkata “ buaya, kuda nil, burung onta, ditunjukan kemuliaanNYA “, dia bilang “ aku cabut perkataanku, duduk dalam debu dan abu “. MENYERAH dengan Tuhan.

Orang yang tinggal dalam the secret place of the most High, shall abide under the shadow of Ell Shadai,

kalau saudara tidak ada waktu dengan Tuhanmu, engkau tidak pernah mengerti KELEMAHANMU, engkau lihat KEHEBATANMU, setiap engkau lihat kehebatanmu engkau tidak pernah bisa ketemu dengan ELL SHADAI, waktu engkau ketemu dengan KEMULIAANNYA engkau tahu betapa BUSUK nya kita ini, pada waktu engkau ketemu dengan KEBUSUKAN kita, engkau baru bisa mengerti bahwa aku  BUTUH ELL SHADAI.

Kemaren anak anak main drama bagus sekali, saya bilang the best, cerita tentang si bungsu anak yang hilang, saudara tahu dari mana si bungsu itu bisa bertobat?, waktu dia makan makanan ampas babi dan dia bayangkan KEMULIAAN ditempat BapakNya, kalau dari lahir dia makan ampas babi dia tidak mungkin bertobat tetapi karena dia pernah melihat KEMULIAAN TUHAN dibandingkan dengan dirinya hari ini yang bau dan makan ampas babi, balik saudara, mengerti, PERTOBATAN lahir dari situ. Makanya Paulus berkata “ dalam KELEMAHAN ku kuasanya sempurna “, anda mau putar- putar balik-balik begitu saja, cuma manusia kalau belum DIBANTING tidak bisa bertobat, diomongin gini tok “ ya.. ya.. ya “, besok kesinggung masalah pribadinya keluar semua tanduknya “ Opo… “,  kalau sudah begitu ELL SHADAI nya mundur.

Tuhan mau kita TINGGAL DALAM HADIRATNYA, otomatis engkau akan sadar akan KELEMAHANMU, KESADARAN seperti  itu akan membuat DIA BEKERJA dengan luar biasa.

Anak anak pelajar baru buat retreat minggu lalu, saya hadiri 2 sesion mereka, dari pertama saya tahu tidak spektakuler yang mereka terima dari Tuhan, ada perasaan gentar apakah ini akan jalan dengan baik, saya hanya bicara 2 x sisanya mereka sendiri, diajak puasa lagi, mana mungkin ada orang mau ikut, dalam keadaan lemah seperti itu harapan ke Tuhannya besar, saya bersaksi buat saudara saya memang tidak ikut seluruhnya tapi setiap session ketika saya datang tidak pernah tidak ROH KUDUS mesti melawat dan itu luar biasa, saya hanya tumpang tangan pada satu orang, setiap kali penyembahan ROH ALLAH melanda mereka pada jatuh, bagaimana Tuhan jamah dan lawat mereka, dahsyat, bahkan ketika saya tidak ada, mereka saling melayani dan Tuhan bekerja powerfull sekali, beberapa anak sekolah diundang dan didoakan, mereka menangis dijamah Tuhan luar biasa. Kok bisa begitu? ELL SHADAI, pada waktu kita bilang “ aku kuat “, pada waktu itu saya sedang sakit, saya sudah bilang bu Vonny kalau bisa saya datang kalau tidak saya mau tidur.

DITENGAH TENGAH PENGHARAPAN KEPADA MANUSIA HILANG, ELL SHADAI AKAN DATANG DAN MENYATAKAN AKAN KEPERKASAANNYA  

Buka ayat yang terakhir mazmur 27, saya berdoa supaya ini juga merupakan RESPON dari kita sekalian, saya ingin kita semua membacakan ayat ini, nanti saya akan membacakannya terjemahan dari Living Bible, ini benar-benar kena dihati saya :

Psa 27:8  Hatiku mengikuti firman Mu: “Carilah wajah Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN.

Saudara kalau anda mempunya alkitab the Living Bible ayat ini bagus sekali, berbunyi begini “ My heart has heart you say ( hatiku mendengar Engkau berkata ) apa yang dikatakan?, come and talk with Me all my people ( datang dan berbicaralah kepadaKU, hai umatKU ), kemudian Daud berkata “ and my heart respond, Lord I am coming ( Tuhan aku datang ) “.

Adakah disini orang-orang mendengar Allah berbicara dalam hati kita,“ come and talk with Me all my people ”,  datang dan berbicaralah kepadaKU, hai umatKU, dan biarlah hati kita meresponi dengan berkata “Lord I am coming , Tuhan aku datang.

Saya katakan sekali lagi, kalau engkau ingin DIPROTEKSI Allah, malaikatnya diperintahkan kepadamu, mulailah berkata “ Lord Iam coming “, Tuhan aku datang. Saudara akan melihat ANUGERAH Allah yang besar, waktu engkau tinggal dalam HADIRATNYA, engkau akan dibawah  “ shall abide under the shadow of ELL SHADAI, engkau akan dibawah bayang-bayang naungan dari Allah yang MAHA KUASA, tidak ada satupun yang tahan berdiri dihadapan DIA yang tinggal dalam kita.

AMIN.

http://www.4shared.com/mp3/42rzd7Z5/Dalam_Lindungan_ALLAH.html

2 responses

  1. Puji Tuhan,,luar biasa! Dasyat bangt!! Great! Setiap dalam lindungan Tuhann,pasti akan dislamatkan!!! “Lord I’m coming”!!! Thanks Lord

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s