Masa Depan Milik Orang Yang Punya Sayap

Masa Depan Milik Orang Yang Punya Sayap
Di Tulis dari Kotbah Pdt Rudi Darmawan
1 April 2012, GBI RMK – Puri Kencana.

 

Beberapa hari ini Tuhan ingatkan lagi pada saya tentang SAYAP, kemaren di doa pengurapan saya sudah sampaikan tentang sayap baru yang Tuhan sudah beri buat hidup kita adalah Sayap Iman dan Sayap Ketekunan. Itu sebabnya orang percaya itu harus tetap berdiri dalam IMAN nya dan harus TEKUN mengerjakan yang Tuhan rencanakan buat setiap kehidupan kita, sampai akhirnya setiap JANJI Tuhan dan setiap RENCANA Tuhan kita bisa terima, apabila kita sudah bisa menyelesaikan apa yang Dia tugaskan.

Pagi hari ini kita mau belajar lagi firman Tuhan dan saya dapati ada satu anugerah Tuhan yang besar buat setiap kehidupan orang percaya, yang berbicara tentang Sayap – Sayap yang baru. Saya beri judul kotbah pagi hari ini, saya sebetulnya sudah tulis dikertas tapi istri saya bilang tadi malam,” jangan pakai kertas lah ketik di Ipad kan sudah dibeliin masa tidak pernah dipakai, jangan minder “, saya bilang “ saya tidak minder saya sedikit agak ribet kalau pakai ini, sebab ini kalau kesentuh sedikit semuanya berubah”, jadi saya sangat lebih consent kepada ini dari pada nanti kepada kehendak Tuhan tapi saya mau belajar penuhi kata Tuhan dan penuhi kata istri itu katanya lebih baik, yang punya istri katakan?, amin…ha ha ha, kata Tuhan dan kata istri kalau diikuti itu lebih baik, katanya, yang punya istri katakan?, ha ha cuma Broeri yang amin.

Ok, saya percaya hari – hari ini adalah hari hari yang ajaib dan saya terlalu percaya bahwa tahun 2012 adalah TAHUN PENAMBAHAN, saya setuju, karena apa, karena faktanya tahun 2011 ada banyak orang sebenarnya sudah akan terima apa yang Tuhan janjikan tapi faktanya dengan kurangnya ketekunan kita , dengan kurangnya semangat kita, dengan kurangnya gairah kita dan cinta kita kepada Tuhan mengakibatkan tahun 2011 lewat begitu saja. Tapi Tuhan itu baik, Dia berkata diberi tahun 2012, artinya bagi Tuhan tidak ada jalan yang tertutup, bagi Tuhan selalu ada second chance ada kesempatan kedua, tahun 2012 merupakan TAHUN KESEMPATAN dimana Tuhan memberikan PENAMBAHAN kepada kita untuk kita terima apa Dia janjikan, yang percaya dan mau, katakan, amin.

Tahun 2012 sudah kita lewati selama 3 bulan sekarang kita memasuki tahun 2012 bulannya yang ke 4 tanggal yang pertama. Saya percaya dari anugerah kepada anugerah yang Tuhan sediakan kepada kita, yang semestinya kita sebagai orang percaya bisa mengambil apa yang Tuhan sediakan, bisa meraih dengan maksimal apa yang menjadi rencana Tuhan dan bisa menerima hal-hal yang ajaib dalam kehidupan kita. Saya melihat ada banyak orang yang di tahun 2011 yang tertinggal tapi mereka sungguh-sungguh dan tetap percaya pada Tuhan dan pada tahun 2012 mereka terima semua keajaiban dan mereka terima maksimal dihadapan Tuhan.

Anugerah Tuhan itu begitu besar dalam setiap kehidupan kita, apa itu anugerahNya?, kalau kita menyadari akan Anugerah Tuhan yang memungkinkan kita untuk selalu disetiap ketertinggalan kita, untuk selalu disetiap langkah kita yang mungkin lebih lambat dari apa yang Tuhan mau. Tapi Tuhan selalu berkata begini  kalau Dia berjalan terlalu cepat dan kita tidak bisa mengikutinya, Tuhan itu AJAIB, Dia berhenti dan Dia tunggui kita. Tapi hari ini 2012 saya percaya ini TAHUN PERCEPATAN, ini sudah waktunya anak –anak Tuhan, kita semua harus belajar senantiasa mengikuti akan GELOMBANG TUHAN, mengikuti KEGERAKAN ROH KUDUS, mengikuti akan RENCANA DAN KEHENDAKNYA.

 Itu sebabnya tahun ini diberikan TAHUN PENAMBAHAN, supaya kita jangan lagi menunggu, jangan lagi bermalas-malasan, jangan lagi tidak giat, tapi Tuhan mau kita hari-hari ini kita sungguh giat, kita sungguh tekun, kita sungguh percaya dan apa yang Dia janjikan dan Dia sediakan buat kehidupan kita, kita bisa raih, karena apa?, kalau tahun 2012 ini kita tertinggal, hanya tinggal 8 bulan lagi kita masuki tahun 2013, itu ada masa, ada season, ada harga baru, tapi saya percaya hari ini kalau anda menangkap sesuatu hari ini dan dari dalam rohmu kau berkata “ Tuhan Aku Mau “,  Tuhan berikan akan SAYAP YANG BARU untuk naik terbang tinggi dan saya mau katakan Masa depan itu ada hanya bagi orang –orang yang punya KECEPATAN dan bisa naik TERBANG TINGGI bersama dengan Tuhan “. Amin.

Saudara yang dikasihi Tuhan mari buka kitab Amsal 1, coba kita lihat pada ayat yang ke 17, Amsal 1 : 17,

demikian firman Tuhan, mari kit abaca bersama-sama :

Pro 1:17  Sebab percumalah jaring dibentangkan di depan mata segala yang bersayap,

Amsal menulis sebab percumalah jaring dibentangkan di depan mata segala yang BERSAYAP, saudara yang dikasihi Tuhan ayat ini menginspirasi saya berbicara tentang SETIAP ORANG YANG PUNYA SAYAP DIA TIDAK KENA JERAT, SETIAP ORANG YANG PUNYA SAYAP DIA AKAN NAIK DAN MASA DEPAN SUNGGUH ADA DALAM KEHIDUPANNYA. Lalu sayap apa pak?, kemaren kita sudah bicara soal SAYAP IMAN dan KETEKUNAN.

1.Hari ini saya mau bicara tentang SAYAP PENGERTIAN,

sebab tanpa pengertian terkadang kelak Iman kita, Ketekunan kita, tanpa pengertian menjadi sia-sia.Dan bahkan ada banyak orang hari-hari bertahan, ia berkata “ saya beriman pak, saya bertekun pak, saya percaya dan sambil bernyanyihatiku percaya “, ngga ada yang terjadi  karena imannya tanpa disertai dengan pengertian, nanti  dibagian yang terakhir saya mau berkata tidak hanya iman, ketekunan dan pengertian tetapi Tuhan juga mau kita punya SAYAP yang namanya KERELAAN. Saudara yang di kasihi Tuhan sebuah KERELAAN bicara soal TINDAKAN kita, kalau kita gabungkan antara IMAN kita dengan KETEKUNAN kita itu sudah luar biasa, “ tapi itu akan jadi? Jadi pak “, jadinya agak sedikit lama karena hari-hari ini ada banyak orang berteriak “ Pak sudah 6 tahun saya berdoa untuk satu hal, saya beriman, saya bertekun, belum jadi-jadi juga “. Hari ini iman kita, ketekunan kita tambah dengan sebuah PENGERTIAN kalau kita mengerti apa yang namanya IMAN itu maka kita bisa melakukan sesuatu yang Tuhan mau. Kita bisamengerjakannya seperti apa yang kita imani kalau anda cukup beriman saja.

Kemaren saya nonton televisi Stephen Tong kotbah dia bilang begini “ kalau orang cuma beriman saja itu seperti orang yang sedang belajar berenang, dia buka buku dia belajar, dia tahu ini semua dia beriman, sebab orang beriman itu seperti orang yang CUMA TAHU tentang berenang, orang yang punya PENGERTIAN kata dia adalah orang tahu baca firman, tahu bagaimana caranya belajar berenang tetapi dia tidak pernah MEMPRAKTEKKANNYA tetapi orang yang punya KERELAAN mengerjakannya dia berkata  dia mungkin ngga belajar dia mungkin ngga ngerti tapi dia suka berenang, lalu persoalannya yang mana yang lebih canggih?, yang BANYAK TAHU tentang berenang atau MENGERTI tentang buku berenang atau yang SUKA BERENANG, yang hebat adalah DIA SUKA BACA BUKU BERENANG, DIA MENGERTI APA ITU CARANYA BERENANG DAN DIA MELAKUKAN. Seorang Motivator berkata begini “ banyak tahu banyak mengerti tidak berdampak apa-apa bagi hidup kita “, tetapi kalau kita tahu dan kita mengerti dan kita MELAKUKANNYA maka segalanya akan datang pada hidup kita.

Dengar baik-baik, banyak tahu banyak mengerti ngga berdampak apa-apa buat hidup kita  tetapi tetapi dari apa yang kita TAHU dari apa yang kita MENGERTI, KITA MELAKUKANNYA maka akan terjadi segalanya “.

Itu sebabnya IMAN kita , KETEKUNAN kita harus ditambahi dengan PENGERTIAN, alkitab berkata  “ percuma jaring dibentangkan ”, karena orang yang punya PENGERTIAN dia tahu dimana ada jerat. Saudara yang dikasihi Tuhan dengarkan baik-baik, 2012 TAHUN PENAMBAHAN kalau hidup kita hari ini DIBERKATI TUHAN, dengarkan baik-baik ada 2 pengertian dari ayat ini ;

1.yang pertama, mau berbicara kalau ada orang diberkati Tuhan dan dia tidak punya pengertian, bentang dan jaring bisa jadi jerat buat hidupnya.

2. yang kedua, kalau orang punya PENGERTIAN dan dia diberkati Tuhan, dia tahu dimana ada JERAT, dunia boleh menjerat dia, Iblis boleh menjerat dia bahkan kenyamanan boleh menjerat dia, tapi dia berkata aku punya PENGERTIAN, apa yang Tuhan beri buat hidupku aku tahu, aku harus ke NEX LEVEL aku harus terbang tinggi, kalau jaring dibentangkan kita punya pengertian dan  kita punya SAYAP PENGERTIAN, kita akan terbang tinggi melintasi jaring itu.

Stephen Tong berkata begini “ orang yang hanya punya iman dan ketekunan saja dia hanya tahu dia hanya punya bukunya, orang yang hanya punya pengertian punya iman dan ditambah pengertian dia suka baca dia ngerti tapi dia tidak bisa berenang, orang karismatik katanya orang yang suka berenang tapi ngga punya pengertian dan ngga punya iman katanya, jadi apa jadi juga tapi katanya orang yang punya KELAKUAN yang suka berenang, dia berkata bahwa orang yang suka berenang tanpa latihan dan ngga ngerti teorinya, berenang sih bisa ngga tenggelam tapi jalannya lama, saudara pernah lihat orang berenang lama gayanya sudah luar biasa tapi ngga jalan-jalan begitu aja, ada orang yang cuma tahu baca bukunya punya pengertian cara berenang tapi ngga pernah berenang coba aja jorokin pasti tenggelam.

Lalu yang dimaksudkan seperti apa pak?, yang dimaksudkan adalah begini KITA PUNYA PENGERTIAN, KITA TAHU DAN KITA MELAKUKANNYA, hari ini Tuhan akan memberikan kepada kita tentang SAYAP PENGERTIAN, bagaimana pengertiannya?, satu tadi kalau kita diberkati Tuhan ingat ada jaring yang dibentangkan kalau kita tidak punya pengertian kita bisa kena jerat dengan setiap apa yang Tuhan taruh dan bahkan kalau kau berkata hari ini aku diberkati Tuhan kalau kau tidak punya pengertian. dengarkan baik –baik, ada jaring didepan yang terbentang buat menjerat hidupmu tapi saya berdoa hari ini Tuhan berkati kita, Tuhan tambahkan kita apa?, SAYAP PENGERTIAN, supaya kalau ada jerat kita bisa terbang naik bersama dengan Tuhan, yang mau katakan, Amin.

Saudara yang dikasihi Tuhan, hari –hari ini kita harus belajar banyak hal yang Tuhan mau dalam kehidupan kita, hari-hari ini kita harus mengerti bahwa rencana bahwa Tuhan itu begitu dashyat begitu hebat buat hidup setiap orang yang percaya. Itu sebabnya kita mau berkata kepada Tuhan “ Tuhan tolongi aku buat aku MENGERTI Tuhan akan setiap RENCANAMU buat kehidupanku “.  Diawal saya katakan kita butuh apa yang namanya KETEKUNAN, kita butuh apa yang namanya IMAN, untuk membawa kita naik dan mencapai apa yang Tuhan sediakan. Saudara yang dikasihi Tuhan saya mau katakan hari-hari ini bahwa apa yang Tuhan rencanakan apa yang Tuhan sediakan sungguh ada pada kita, itu sebabnya mari kita PERCAYA kepada Tuhan dan mari kita tahu bahwa hari ini tidak hanya IMAN, tidak hanya KETEKUNAN tapi Tuhan juga membawakan kepada kita apa?, yang namanya SAYAP PENGERTIAN.

Mari kita buka Wahyu 4 : 1, kita baca bersama-sama :

Rev 4:1  Kemudian dari pada itu aku melihat: Sesungguhnya, sebuah pintu terbuka di sorga dan suara yang dahulu yang telah kudengar, berkata kepadaku seperti bunyi sangkakala, katanya: Naiklah ke mari dan Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.

Saudara yang dikasihi Tuhan alkitab berkata ada pintu yang terbuka dan Tuhan ingin menunjukkan sesuatu, kalau kita mendengar akan perkataan ada pintu yang terbuka dan DIA ingin memperlihatkan sesuatu hanya orang yang punya PENGERTIAN, hanya orang yang punya SAYAP PENGERTIAN, dia bisa menangkap apa yang TERBUKA dan apa yang DISEDIAKAN, caranya bagaimana pak?, caranya sederhana, Tuhan berkata NAIK BERSAMA DENGAN AKU, ayat ini menunjukan ada pintu yang terbuka dan apa yang akan terjadi, itu bicara soal MASA DEPAN kita.

Kalau Tuhan berkata pintu sudah dibukakan dan Dia akan menunjukan sesuatu yang baru buat hidup kita, artinya apa sungguh kalau kita mengerti, sungguh kalau kita tahu apa yang Tuhan sediakan sesungguhnya MASA DEPAN ADA BAGI ORANG-ORANG YANG PUNYA PENGERTIAN. Bagaimana pak kita bisa menangkap pengertian?, sedehana, alkitab berkata “ NAIK, kita harus NAIK, mari kemari NAIK”, hanya orang-orang yang mau naik, hanya orang-orang yang mau terbang bersama dengan Tuhan dia bisa melihat segala sesuatu apa yang disediakan Tuhan dalam kehidupannya itu sebabnya kita butuh apa yang namanya SAYAP PENGERTIAN.

Saudara yang dikasihi Tuhan bicara  soal MASA DEPAN dan hanya orang –orang yang merespon dengan BENAR dan dia mau NAIK bersama dengan Tuhan dan dia bisa MELIHAT apa yang disediakan Tuhan yang menjadi MASA DEPAN nya. Jadi kalau kita punya ketekunan, kita punya iman, kitakan menerima segala sesuatu tetapi berbahayanya ada jerat, tapi kalau kita mengerti dan kita mau naik terbang tinggi jerat tidak akan kena kepada kita, tetapi wahyu berkata dia tunjukkan kepada kita bahwa Pintu Surga telah terbuka buat kita dan dia berkata “ mari naik dan mari lihat apa yang akan terjadi “, saudara yang dikasihi Tuhan kalau hari –hari ini kita bisa naik dalam sebuah ketinggian bersama dengan Tuhan maka saya percaya kita bisa melihat apa yang akan terjadi.

Beberapa waktu yang lalu saya ketemu dengan orang-orang, ditempat saya berolah raga, berenang, dia berkata begini“ Pak bagaimana nih kerusuhan seperti ini ?“, saya bilang “ tidak akan ada apalah “, itu sudah biasa, kalau kerusuhan biasa, terus dia berkata “ bagaimana bapak bisa bilang tidak ada apa nya ?“, gampang saya bilang “ asal 2 orang itu saja dipegang aman kok “, asal W… sama P… dipegang tidak akan ada apa – apa semuanya pasti aman“, o ya begitu ya pak, suasana ditempat kami berenang tiba-tiba jadi sunyi senyap, “ benar juga “, SBY lagi pergi keluar negeri lagi minta advis sama-sama bangsa lain, kalau dia bilang selesai, semua selesai tok, orang yang demo ngga lebih dari 50.000 kok, ada yang berkata “ inikan soal BBM pak bukan soal politik “, saya beritahu dalam BBM banyak politiknya dan dalam politik banyak bensinnya, kira-kira seperti itu.

Kalau orang bisa melihat segala sesuatu dan bisa mengamati dan bisa memprediksi segala sesuatu dan bisa naik terbang tinggi maka tidak akan terjadi apa-apa.

 

Hari jumat itu saya punya pelayanan, pelayanan pas dekat daerah kerusuhan, dekat daerah DPR, di belakang KOMDAK, disebuah gedung, pelayanannya masih baru saya belum pernah ketempat itu dan pengurusnya berkata “ Pak jangan sampai ngga datang ya “, saya Cuma berkata begini, pagi itu saya dengar dari kamis sampai jumat demonya panas luar biasa, saya sembahyang “ Tuhan, saya pergi tidak pelayanan “, buat saya sangat gampang telephone saja, batal, saya juga ngga kenal dia karena belum pernah pelayanan, tapi buat saya bukan soal dia tapi soal Tuhan mau atau tidak, saya berdoa Tuhan berkata begini “ Pergi , nanti macet Tuhan sebelum sembahyang jumat pasti macet Tuhan itu daerah macet, Tuhan berkata begini Ya kalau macet perginya lebih pagi toh “, saya pergi lebih pagi sama istri saya pelayanan jam 12 jam 10 saya sudah cari taxi, kebetulan mobil mau dipake jadi saya naik taxi. Saudara sampai disana saya bilang sampai pengurus, saya bilang  “ puji Tuhan saya sampai ditempat ini “, secara hati saya mau berkata begini “ sudahlah tidak usah pelayanan ngapain cuma dikantor pelayanan Cuma 30 menit saya batalkan aja kan selesai ”. itu menceritakan tentang ketakutan saya tapi saya datang ketempat itu saya ceritakan dan saya mulai berkotbah sampaikan sesuatu  hanya -/+ 30 menit, mereka sangat diberkati dan pulangnya saya diberkati dengan luar biasa, disediakan makan siang dan saya mau beritahu ada hal yang ajaib, dia berkata “ Pak jangan hanya bapak, ibu istri bapak harus kesini juga “ saya pulang dengan berkat luar biasa dihantar sampai kebawah dan disediakan taxi.       

Saya pulang, saya berkata begini “ kalau saya TAAT  kepada Tuhan saya MELIHAT sesuatu yang Tuhan perintahkan NAIK , jangan takut LIHAT sesuatu yang AKU sediakan”. Saudara kalau kita punya PENGERTIAN, kalau kita punya UNDER STANDING, kita diberi Tuhan SAYAP PENGERTIAN, untuk membawa setiap kita naik ketempat yang lebih tinggi dan tidak akan pernah menyerah oleh apapun karena saya percaya ketika SAYAP IMAN, SAYAP KETEKUNAN dan ditambahkan oleh Tuhan hari ini dengan  SAYAP PENGERTIAN  yang akan membawa kita NAIK dan memiliki MASA DEPAN bersama dengan Tuhan.

Jangan pernah menyerah tetap percaya, saya melihat ada beberapa orang tokoh ditengah dunia ini, orang-orang yang berhasil, salah satunya Kolonel Sanders orang yang membuat Kentucky Fried Chicken, dia tidak pernah menyerah sekian tahun dalam usahanya, dia tahu apa yang harus dia kerjakan sampai akhirnya makanan ayam goreng ini terkenal diseluruh dunia. Kita juga tahu seorang penemu listrik Thomas Alfa Edison dia terus mencoba akan risetnya tapi hari ini kita menikmati listrik. Saya baru membaca beberapa waktu lalu pemilik Starbuck ternyata pemilik Starbuck itu bukan konglomerat, bukan yang dulunya orang hebat dan Starbuck itu riwayatnya karena Shasha pernah kerja disitu, saya mengerti, dulu pemiliknya seorang pengusaha besar dan Starbuck ini pernah bangkrut  pernah berhenti tapi seorang pegawai yang cinta kepada customers dan cinta kepada pekerjaan ini, dia ngga mikir soal uang tapi ia berkata “ Bos kalau boleh usaha ini kami yang teruskan “, singkat cerita pegawai ini berusaha, dia punya pemahaman, dia punya pengertian, dia punya pengetahuan, dia mau melakukannya sampai hari ini Starbuck ada di negara ini, luar biasa usaha kopi. Waktu saya tanya VISI akan Starbuck ini apa sih?, Visinya bukan jualan kopi kami jualan PELAYANAN itu sebabnya tidak ada kopi yang harganya Rp 45.000 satu gelas kaya di Starbuck, karena Starbuck itu anda boleh ngopi, satu kali anda berkata “ ada lalernya nih “, tambah lagi ganti lagi, saudara mau nongkrong dari pagi sampai malam tidak apa apa di Starbuck karena Starbuck memang jualan tempat bukan jualan kopi, saya melihat omzetnya luar biasa satu tempat saja di Puri Mall saya beritahu 1 bulan -/+ Rp 1 M, jualan kopi Rp 1 M.

Saya mau beritahu kalau kita punya PENGERTIAN untuk bekerja, untuk melayani dan untuk apapun, Tuhan akan tambahkan kepada kita, hari ini saya percaya SAYAP PENGERTIAN itu Tuhan tambahkan didalam kehidupan kita. Amin. Saya juga melihat ada banyak orang-orang yang gagal didalam kehidupannya, mereka gagal menggunakan waktu, mereka gagal menggunakan kesempatan, akibatnya apa? Mereka tidak mendapatkan apa-apa dan bahkan juga ada orang-orang yang bekerja dengan kuat mereka sungguh-sungguh melakukan apa yang menjadi rencana dan kehendaknya dengan keahliannya tapi orang-orang seperti ini akhirnya kandas ditengah jalan. Tapi hanya orang-orang yang BERPEGANG KEPADA TUHAN, orang –orang yang PERCAYA bahwa hidupnya DISERTAI Tuhan, bahwa dia diberikan PENGERTIAN untuk melakukan segala sesuatu maka Tuhan akan bawa dia NAIK lebih tinggi.

Saya percaya hari ini MASA DEPAN sungguh ada ditangan kita, bagi orang yang PERCAYA dan bagi orang yang mengasihi Tuhan akan diberi hari ini SAYAP PENGERTIAN, SAYAP IMAN, SAYAP KETEKUNAN. Saudara yang dikasihi Tuhan seekor burung rajawali mempunyai keunikan tandanya ia suka terbang lebih tinggi daripada burung biasa. Kenapa burung rajawali suka naik terbang tinggi melintasi segala sesuatunya bahkan melintasi burung-burung. Burung rajawali ini punya kekuatan terbang tinggi pada waktu dia menangkap sebuah jarahan, dia mengambil makanannya dari bumi dan dia naik untuk terbang tinggi ketika burung-burung pemangsa yang lain ingin merebut makanannya ingin merebut hasil buruannya, burung ini tidak pernah bergeming untuk apapun dia naik terbang tinggi sampai pada akhirnya burung pemangsa yang lain tidak dapat mengambil dari apa yang dia dapat.

Saya mau berkata hari ini kalau Tuhan memberikan kepada kita SAYAP PENGERTIAN dan Tuhan bawa kita naik terbang tinggi dan kita diberkati Tuhan, saya mau katakan “ Ayo NAIK TERBANG TINGGI sebab DIA akan menunjukkan sesuatu dan apa yang sudah kita terima dan apa yang sudah kita alami dan apa yang ada ditangan kita, tidak dapat diambil oleh siapa pun, karena apa?, karena kita punya KEMAMPUAN, kita punya PENGERTIAN, naik terbang tinggi bersama dengan Tuhan.

Yang kedua, burung rajawali ini punya kebiasaan ditahun yang ke 6 dan ke 7, biasanya burung ini masuk ketempat persembunyiannya, ditempat dimana ia pernah bertelur dan menetaskan anaknya, dan ditempat itu dia diam beberapa waktu lamanya sambil membersihkan bulu-bulunya yang kotor dan menyembuhkan bulu-bulunya yang patah. Dan bagaimana caranya?, cara yang pertama dia BERDIAM supaya dia tidak makan apa-apa, supaya badannya menjadi ringan, ketika puasanya sudah cukup, dalam berdiamnya burung rajawali ini mulai turun dan mencari tempat air terjun dan di air terjun itulah biasanya bermain, kalau ada burung rajawali bermain ditepi air terjun, biasanya burung rajawali ini baru selesai membereskan akan bulunya yang rontok, baru selesai membereskan akan kotoran-kotoran yang ada pada tubuhnya, dan burung rajawali baru selesai berpuasa mengosongkan dirinya sampai tubuhnya menjadi ringan dan waktu dia terbang diantara air terjun, burung rajawali ini sedang melatih kekuatannya yang baru.

Saya berdoa kebiasaan kita kalau kita diberkati Tuhan mari kita belajar merenungkan berkat ini darimana datangnya, sebab sangatlah berbahaya kalau kita diberkati Tuhan kita tidak mengerti berkat Tuhan datangnya darimana, dan saya percaya kalau kita mulai mengerti, kita mulai berdiam diri, kita menyadari akan segala berkat yang Tuhan berikan pada hidup kita. Maka saya percaya saudara akan diberikan kekuatan yang baru dan bisa meraih berkat yang lebih besar lagi karena bagaimana pun juga hanya ORANG-ORANG YANG PUNYA SAYAP dan mau NAIK terbang tinggi bersama dengan Tuhan, dia akan terima sesuatu yang dashyat dan luar biasa.

Saya berdoa milikilah masa depan dan mintalah sayap iman, sayap ketekunan dan juga sayap pengertian bersama dengan Tuhan.

Kita buka Ibrani 11 : 3, ini yang dimaksudkan dengan sayap pengertian

Heb 11:3  Karena iman kita mengerti, ( jadi iman dan pengertian itu jadi satu, karena iman kita mengerti atau kita mau berkata begini “ kita mengerti karena iman bukan yang pertama harus iman, jadi karena orang yang beriman itu akhirnya dia punya pengertian, karena iman kita mengerti ) bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat.

Heb 11:4  Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati.

Ini ayat sedikit ganjil bagaimana ada orang yang sudah mati tapi masih bisa bicara?, dengan kata lain Habel ini orang yang baik, orang yang mengasihi Tuhannya, sehingga kebaikannya itu dinyatakan dari sebuah persembahan. Hati yang baik, orang yang baik memberikan persembahan yang terbaik kepada Tuhan. Persembahan yang baik ini mau berbicara tentang sebuah persembahan itu punya SUARA, punya sesuatu yang BERBICARA kepada hidup kita, kalau anda dikenal sebagai orang BAIK walaupun engkau sudah mati, walaupun engkau sudah meninggalkan dunia BERITA KEBAIKANMU akan terus berbicara. Habel ini orangnya baik dia mempersembahkan korban yang terbaik kepada Tuhannya maka alkitab berkata Habel ini mendapat PERKENANAN, orang yang punya PENGERTIAN, orang yang hidupnya BAIK dan memberi yang TERBAIK kepada Tuhannya maka digambarkan dia adalah orang yang terus melakukan hal yang baik dan perbuatan baiknya masih BERBICARA walaupun ia sudah mati.

Saya percaya sesuatu yang baik dihasilkan dari hidup kita adalah berbicara tentang PERUBAHAN, Habel ini memberikan yang terbaik kepada Tuhan sebagai persembahan yang luar biasa kepada Tuhan dan Tuhan BERKENAN kepadanya dan apa yang Habel buat masih terus BERBICARA, kebaikan yang ada pada kita untuk kita bisa kerjakan harus ada yang namanya sebuah PERUBAHAN, orang yang punya PENGERTIAN dia akan berubah dari yang tidak baik menjadi yang baik, dari yang baik kepada yang benar, dari yang benar kepada yang berkenan, dari yang berkenan kepada yang signifikan, apa itu?, kepada TUHANNYA yang dia kasihi. Sebuah perjalanan dengan 4 PERUBAHAN saya percaya akan membawa kita dan membawa orang percaya mengerti bahwa sebuah persembahan itu dimulai dari HATI YANG BAIK, hati yang baik kapan datangnya?, datangnya kalau kita MAU BERUBAH. Saya mendapati kenapa ayat ini membawa kita kepada sebuah PERUBAHAN, karena namanya orang yang punya SAYAP PENGERTIAN, dia senantiasa mau berkata “ UBAH AKU TUHAN “.

Saya menuliskan beberapa hal yang luar biasa yang Tuhan mau katakan pada setiap kehidupan kita. Di ayat yang diatas tadi menceritakan tentang PERUBAHAN lewat sebuah PEMBERIAN, Habel itu punya hati yang baik bagi Tuhan, bagi Tuhan dia ditandai dengan pemberian yang terbaik, karena hanya dari hati yang baik atau sudah diubahkan maka akan muncul hal-hal yang baik juga. Dia mau terus berubah dan terus berbuah artinya hanya orang-orang yang punya sayap pengertian akan siap sedia untuk berubah. Banyak orang yang saya jumpai dan saya mendengar dari perkataannya dan berkata seperti ini “ ya kami memang sudah orang yang seperti ini, mau seperti apa lagi “.

Saudara yang dikasihi Tuhan saya mau katakan demi kasih Tuhan, ada satu hal yang DIA kehendaki dalam setiap kehidupan kita, Tuhan sangat merindukan dalam kehidupan kita bukan hanya sekedar kita bisa memberi dan melayani, dengarkan baik sebagai hamba Tuhan saya mau katakan

Tuhan sangat merindukan dari setiap kehidupan kita akan yang namanya sebuah PERUBAHAN.  

Sebab PERUBAHAN itu kita harus kerjakan sampai mati. Alkitab berkata begini karena BAPA kita SEMPURNA baiklah kita menjadi SEMPURNA, seperti  Tuhan kita SEMPURNA, bagaimana kita menjadi SEMPURNA?, KITA HARUS BERUBAH SETIAP HARI.  Tanpa sebuah perubahan tidak ada kesempurnaan. Dan dengarkan baik apa yang dirindukan Tuhan kita harus MENGERJAKANNYA, apa itu namanya pak? SEBUAH PERUBAHAN. Rasul Paulus pernah menjelaskan dalam Roma 12 : 1-2, kita harus BERMETAMORFOSIS, kita harus melakukan perubahan, “ hendaklah kita berubah oleh pembaharuan budi kita sehingga kita dapat membedakan manakah kehendak Allah : apa yang baik, apa yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna ”. saudara yang dikasihi Tuhan hari-hari ini saya menemukan orang-orang yang hidupnya tidak mau berubah. Tapi dengarkan baik, yang Tuhan mau dalam hidup kita untuk apapun yang kita kerjakan,DIA berkata “ BERUBAH NAK, BERUBAH NAK “, itu lebih baik. Ayo colek kiri kanan dan katakan “ AYO BERUBAH  Dan BERBUAH “, istri bilang sama suaminya “ Pa mulai hari ini berubah dan berbuah “, suami bilang sama istrinya “ Ma mulai hari ini berubah dan berbuah “.

Saudara yang dikasihi Tuhan saya teringat akan acara televisi, saya kalau ingat acara televisi saya senang yang namanya acara ERA 80, siapa yang pernah nonton?, itu orang-orang yang senang lagu-lagu zaman dulu, lagunya tahun 80 dan 70, lagu – lagunya Panbers lagunya Koes Ploes, waktu saya sedang merenungkan firman ini tadi malam saya sempat menulis orang itu kadang-kadang senang dengan hidup masa lalunya, terus masa lalu dan tidak mau berubah, masanya sekarang sudah canggih, kaya saya suka berubah, mau paksain katanya susah, inikan sebuah perubahan, engga mau berubah maunya nyatat terus manual terus, saya senang acara lagu-lagu era 80 waktu saya mengamati lagu itu saya pernah nonton dan ada Koes Ploes waktu itu nyanyi, siapa penggemar Koes Ploes disini?, saya waktu itu penggemar Koes Ploes saudara karena lagu-lagunya simple, asyik dan luar biasa. Salah satu lagu favoritnya adalah Nusantara 1 dan 2, saudara tahu lagunya?, “orang bilang tanah kita tanah surga tongkat kayu dan batu jadi tanaman“…. “ Bukan lautan hanya kolam susu” .…. Wah itu lagu menginspirasi banget… lagu itukan mau berbicara tentang negeri perjanjian…. “ Kail dan jala cukup menghidupimu “, engga cukup sekarang kalau pakai kail dan jala, kalau anda HIDUP DI HARI INI anda masih pegang lagu Koes Ploes dan berkata “ Kail dan jala cukup menghidupimu “, saudara  masih hidup di zaman dulu berpikirnya seperti yang dulu tidak mau berubah, dan kau cari ikan masih pakai kail kasih cacing duduk dibawah jembatan dan mancing ikan… “ Kail dan jala….., saudara  saya beritahu ikannya banyak yang sudah tercemar, yang ada pada waktu kau angkat bukannya ikan ternyata sandal jepit, begitu dilihat tarikan besar begitu diangkat ternyata daster oma-oma yang sudah dibuang dikali nyangkut, saya pernah mancing dapatnya daster bekas.

Ada banyak orang berpikirnya seperti zaman dulu, eh saya beritahu ini ZAMAN YANG LUAR BIASA , kita harus BERUBAH dan BERBUAH. Saudara yang dikasihi Tuhan Habel ini punya PENGERTIAN dia harus BERUBAH. Saudara bayangkan kalau hari ini kerja masih mancing dan menjala, saudara kalah cepat dengan orang Jepang, orang Jepang sudah pakai kapal dengan Sonar supaya ikan datang mereka tangkap begitu banyak kemudian dikelola di kapal sampai darat sudah jadi kaleng sarden langsung dijual. Kita masih “ Kail dan Jala …., orang yang tidak mau berubah pikirannya masih seperti yang dulu dan nyanyi “ Aku masih seperti yang dulu ….”, kalau hati kita mau menjadi baik dan kita bisa memberikan yang terbaik, kita punya SAYAP PENGERTIAN, PENGERTIAN ini berbicara soal PERUBAHAN.

Kalau anda masih hari ini seperti Koes Ploes, saya mau katakan mari ganti lagu kita, mari ganti CARA BERPIKIR kita, lagu lagu rohani juga sama sudah berubah, kalau lagu dulu  “ Terpaku disalib…. Masih ingat lagu itu “ Terpaku disalib Tuhan sudah angkat… apa?…dosaku, darahNYa..”, lagu sekarang sudah tidak seperti itu, ada yang lebih baru lagi lagunya?,  “ Oleh kuasa darahMu…Kau tebus dosaku “.  Mestinya kita bisa belajar dan kita MENGERTI akan apa yang TUHAN MAU, sebuah PERUBAHAN itu kita harus lewati. Saudara kita jangan pernah tidak BERUBAH karena kita tahu karena Allah kita adalah Allah yang senantiasa MEMBERKATI kita, Allah yang mau membawa setiap hidup kita kedalam sebuah RENCANA yang lebih baik lagi, rencana yang lebih luar biasa lagi oleh karena itu kita harus BERMETAMORFOSIS, kita harus mengadakan PERUBAHAN, hanya orang -orang yang punya PENGERTIAN, hanya orang-orang dapat berjalan bersama dengan Tuhan dan diberikan SAYAP yang baru mereka akan melihat sesuatu yang ajaib.

Enstein seorang ilmuwan pernah berkata begini “ hanya orang yang gila ingin dapat hasil yang berbeda tetapi mengerjakan hal yang sama setiap hari “,  Enstein berkata “ hanya orang yang gila yang berkata aku ingin sesuatu yang lebih baik terjadi tetapi yang kau kerjakan itu-itu terus sama terus “,  kita tidak akan pernah menerima sesuatu yang berbeda atau sesuatu yang ajaib kalau kita hanya mengerjakan pekerjaan yang sama setiap hari, jadi kalau kita ingin mengalami perubahan kita punya pengertian mari kita kerjakan sesuatu lebih baik lagi dan jangan pernah melakukan hal yang sama.

Saya mau katakan hidup kita ini hanya ada 2 pilihan : pilihan yang pertama jadi HAMA atau jadi MAHA. Siapa yang mau berubah dari HAMA jadi MAHA?, HAMA sama MAHA apa sih bedanya pak?, orang yang jadi HAMA itu seperti Tomcat atau ulat, itu namanya HAMA, Tomcat ada baiknya pak?, ada, Tomcat ada baiknya untuk para petani supaya berperang dengan HAMA yang lain sehingga petani hasilnya tidak diganggu tapi Tomcat ini kalau diganggu dia mengeluarkan cairan, ulat bulu ini kalau tidak diganggu tidak apa apa, tapi ulat bulu diganggu engga diganggu tetap aja ngegatelin orang lain. Saya menjumpai ada banyak orang hari-hari ini kalau ketemu sama dia hidup kita jadi gatel aja, ketemu atau kumpul sama orang-orang yang termasuk HAMA bukannya MAHA selalu ada perubahan, perubahannya apa?, perubahan ngegatelin hidup kita, kalau kita kumpul sama orang ini kita tahu bahwa ciri-cirinya adalah?, ketika kita kumpul sama orang ini yang ada bukannya ngomong tentang kebaikan Tuhan, bukan ngomong kemajuan, bukan ngomong politik, yang ada cuma ngomongin orang, waktu dia ngomongin orang lama-lama kita jadi marah, itu tanda tanda bukan MAHA itu HAMA, kalau dia datang kerumah kita bukannya jadi damai sejahtera tapi keluarga kita jadi ribut  karena ada inilah ada itulah ada ini ada itu, tiba –tiba dia pulang kita mikir “o iya benar juga ya”, akhirnya pulang kita mulai ngasah golok “jangan jangan suami saya bener nih kaya omongan dia “. Ini bukannya MAHA ini HAMA, anda mau jadi HAMA atau jadi MAHA?, kalau mau jadi MAHA, gampang dari HAMA yang tadinya ulat yang menggatelkan, saudara harus BERUBAH !, jadi kepompong kemudian jadi?, kupu-kupu. Kalau kita berubah jadi kupu-kupu maka Tuhan berkata “ engkau punya SAYAP PENGERTIAN engkau mau berubah dari HAMA menjadi MAHA “.

Kalau saya ketemu dengan orang yang jadi HAMA sampai saya berkata kepada Tuhan “ Tuhan kalau ketemu sama dia jangan lebih dari 2 menit sebab jika saya ketemu lebih dari 2 menit saya bisa gatel semua”.

Saudara yang dikasihi Tuhan saya berdoa kita mengalami PERUBAHAN dan Tuhan membawa kita kepada sebuah PENGERTIAN sehingga apa?, sehingga hidup kita betul-betul DIBERKATI. Dan hanya orang yang punya SAYAP PENGERTIAN, SAYAP IMAN, SAYAP KETEKUNAN, dia akan mendapat MASA DEPAN.

Kenapa orang tidak mau BERUBAH?, karena dia KURANG KEJAM terhadap dirinya!,

ini bahasa saya. Selalu ada EXCUSE, selalu BERALASAN, yang sebenarnya hanya PEMANJAAN dirinya saja dan selalu MEMANDANG ORANG LAIN DARI PERSEPSINYA dan bukan dari kaca mata FIRMAN TUHAN.

Habel ini punya kakak namanya Kain, saya pernah merenungkan tentang kenapa akhirnya Kain membunuh Habel? Ternyata jawabannya sederhana karena Kain didalam hatinya mau berkata “ kalau aku tidak bunuh adikku, aku selalu merasa kalah, aku selalu merasa tidak mendapat perkenanan Tuhan, aku selalu merasa tersaingi “, itu sebabnya dengan jalan gampang kain berkata “ lebih baik aku bunuh Habel “. Saudara orang yang tidak mau berubah dari HAMA kepada MAHA, orang yang tidak mau mengalami PERUBAHAN dia selalu BERALASAN,

dengarkan baik, kalau engkau tidak membiarkan dirimu berubah bersama dengan Tuhan, dengarkan baik, cepat atau lambat KEMINDERANMU, KETIDAK NYAMANAN MU kelak akan bisa MEMBUNUH orang lain dan engkau berkata “ semuanya tidak benar hanya AKU YANG BENAR “.

Saya menemukan dalam sebuah konseling ternyata ada banyak orang –orang yang selalu berkata DIRINYA BENAR, suami istri berkata DIRINYA BENAR. Saudara yang dikasihi Tuhan, saya mau berkata begini “ dia tidak tahu bahwa sebetulnya yang membuat MASALAH bukan orang lain tetapi yang membuat MASALAH adalah DIRINYA SENDIRI tetapi dia selalu merasa BENAR dan selalu orang lain yang dianggap salah.

Saudara yang dikasihi Tuhan dengarkan baik, ada satu tip yang bagus Tuhan berkata begini “ kalau kita menghadapi MASALAH kita mnghadapi PERGUMULAN, apapun itu bentuknya jangan pernah kita beralasan, jangan pernah kita excuse itukan orang lain tapi mari kita berkata “ ini MASALAH datang kepadaku biarkan aku berubah karena masalah ini “, kalau Tuhan memberi kepada kita SAYAP PENGERTIAN  Tuhan mau hidup kita BERUBAH dan bukan menyalahkan orang lain. Tuhan mau kita jadi MAHA dan bukan jadi HAMA tapi Tuhan mau hidup kita BERUBAH dan mengalami PERUBAHAN, dengan jalan seperti apa Pak?, Dengan jalan kita diberi oleh Tuhan SAYAP SAYAP PENGERTIAN dalam kehidupan kita.

Saudara yang dikasihi Tuhan saya berdoa kiranya hari ini Tuhan menambahkan kepada kita lagi apa yang namanya SAYAP PENGERTIAN dan mau dengan RELA dididik dan diajari Tuhan untuk supaya kita bisa menghasilkan BUAH. Saya bersyukur ada orang-orang yang saya lihat sekarang ini mengalami PERUBAHAN dan bahkan teman-temannya berkata orang ini sudah BERUBAH. Saya berdoa semua jemaat kita termasuk saya dan keluarga dan kita semua,

HANYA SATU YANG TUHAN RINDUKAN DALAM HIDUP KITA YAITU KITA HARUS BERUBAH, BERUBAH MENJADI SEMPURNA MENJADI SAMA SEPERTI YESUS.  

Anda mau berubah?, Amin, maka anda akan diberikan oleh Tuhan SAYAP PENGERTIAN, tanpa anda berkata Amin untuk sebuah PERUBAHAN maka tidak akan pernah Tuhan memberikan SAYAP PENGERTIAN.

2.Sayap yang terakhir, yang kedua namanya SAYAP KERELAAN

Buka Ibrani 11 : 21, saya akan tutup dengan SAYAP KERELAAN ini penting karena waktu kita beriman, waktu kita tekun, waktu kita punya pengertian dan kita melakukan dengan RELA maka dengarkan baik, apa yang Tuhan janjikan, apa yang Tuhan sediakan akan NYATA dalam kehidupan kita di TAHUN PENAMBAHAN ini. Mari kita baca perlahan- lahan.

Heb 11:21  Karena iman maka Yakub, ketika hampir waktunya akan mati, memberkati kedua anak Yusuf, lalu menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya.

Alkitab berkata Yakub ini menjelang matinya ia memberkati kedua anak Yusuf, anak Yusuf ini diberkati berbicara tentang apa yang Yakub punya diberikan. Berbicara tentang anaknya Yusuf 2 anak yang bernama Manasye dan Efraim. Saudara yang dikasihi Tuhan saya mau katakan bahwa Efraim dan Manasye itu di berkati oleh Yakub dan ayat ini mau menceritakan kepada kita bahwa orang kalau punya KEBAIKAN, orang punya KERELAAN melakukan apa yang MENJADI BAGIANNYA, maka orang ini akan menjadi MAKSIMAL dihadapan Tuhan.

Alkitab berkata “ Yakub memberkati kedua anak Yusuf, lalu menyembah sambil bersandar pada kepala tongkatnya. Kenapa Yakub ketika mau mati membawa tongkatnya? waktu saya menyelidiki dan membaca suatu artikel ternyata zaman dahulu ketika seseorang mengalami lawatan Tuhan, ketika seseorang mempunyai perjalanan dengan Tuhan, mengalami hal-hal yang menakjubkan dalam kehidupannya, orang Israel zaman dahulu menulis akan kisahnya disebuah tongkat. Misalnya kemaren saya didoakan oleh Glory Bachman, saya jatuh, berbahasa Roh, saya pelepasan, dia tulis dia beri tanda di tongkatnya, nah Yakub ini menjelang matinya tongkatnya dibawa dan dia mau berkati kedua anak Yusuf Efraim dan Manasye. Efraim dan Manasye bukan hanya diberkati tetapi alkitab berkata dia ini berhak terima warisan. Orang yang baik kata Amsal meninggalkan warisan buat anak cucunya, dan orang yang baik seperti Yakub menulis akan kisah kebaikan Tuhan dalam hidupnya. Ketika dia mengalami Tuhan dia tulis ditempatnya dan ketika dia mati dia sandarkan kepalanya di tongkatnya supaya orang lain tahu bahwa Tuhan telah banyak berbuat baik kepada dia,dan hidupnya dia berikan kepada orang lain.

Saudara yang dikasihi Tuhan kemaren waktu ada donor darah dibawah, saya sempat ketemu dengan pemilik gedung ini namanya Pak Tony Saputra, saya ngobrol tentang pelayanan, tiba-tiba dia berkata begini, ketika saya Tanya “ Pak, gimana itu rumah yatim yang bapak mau buat panti asuhan ?”, dia berkata “ saya sudah gambar, saya sudah dapat tanah 1000m dan saya akan bangun, “saya doakan “ saya bilang, “ya terima kasih pak”. Dia bilang “ ini tanah lucu dan ini rencana Tuhan  lucu buat hidup saya “ , saya beli tanah 1000m ini dan saya akan bangun panti, saya sudah gambar tapi istri saya tidak tahu tapi anehnya nya waktu dia sudah siapkan dananya untuk dia bangun, tiba-tiba waktu makan dia bilang sama istrinya “ ma aku sudah beli tanah aku mau buat panti “, tiba-tiba istrinya melotot “ kok ngga bilang-bilang sama saya “, kira-kira bahasanya begitu, terus pak Tony bilang “ ya belum waktunya nanti saya akan ngomong “, ketika dia ngomong beberapa waktu kemudian, anaknya di Amerika telephone maminya, dia berkata “ mami Tuhan taruh dihatiku untuk sebuah pelayanan untuk anak anak panti asuhan “, maminya langsung berkata “ betul papimu sudah siapkan tanah dan dia sudah gambar “

Waktu pak Tony cerita seperti itu, saya berkata “ benar ya Tuhan itu ajaib, buat setiap RENCANANYA yang kita sambut dan kita kerjakan ”, maka DIA berkata ini “ orang baik “, orang yang punya SAYAP KERELAAN selalu belajar MENYESUAIKAN dengan apa yang Tuhan mau. Kisah tempat yang pak Tony miliki awalnya sederhana, awalnya pak Tony punya sopir lagi berhenti di lampu merah, lampu merah kebon jeruk, tiba –tiba ada anak muda naik motor nabrak mobilnya dia, sopirnya marah anak ini dibawa kerumahnya pak Tony dihakimilah dia disitu, dia berkata “ kamu sudah nabrak mobil bos “, mobilnya mobil Alphard ditabrak sama motor sudah butut, ternyata yang nabrak ini pekerja gereja, mungkin “ Aldo kali “, di bawa kerumah orang kaya dihakimi, akhirnya pak Tony tidak tega, di berkata “ kamu harus ganti mobil saya, -/+ waktu 15 juta “, anak muda ini berkata “ saya full timer di gereja gaji saya cuma segini “, “ mana pendeta kamu “, pendetanya di telepon, pendetanya berkata “ saya akan ganti pak, saya akan datang kekantor bapak saya kan selesaikan semuanya “, akhirnya dia datang kekantornya, waktu dia datang rupanya ROH KUDUS bekerja memberikan belas kasihan, dan ROH KUDUS berkata “ masa pendeta musti bayar mahal –mahal, kamu kan pengusaha gedungnya saja sudah mewah ada gereja lagi diatasnya, masa gereja yang satu diberkati gereja yang satu lagi kamu peras, gitukan “, dia merasa tertuduh, akhirnya singkat cerita mereka jadi ngobrol bukannya pendeta itu harus bayar ganti rugi malah pak Tony ngobrol visi, “ pak saya punya visi ingin membangun rumah panti asuhan, bapak cari tanah saja 1000m nanti saya yang bayar “.

Hari ini ada tanah 1000m dan akan dibangun panti asuhan, dimulai dari mana? Dari motor butut nabrak Alphard. Orang yang punya KERELAAN dan KEBAIKAN dan mau BERUBAH bersama dengan Tuhan, saya percaya masa depan keluarga pak Tony tidak pernah diabaikan oleh Tuhan. Hanya orang yang punya SAYAP PENGERTIAN dan SAYAP KERELAAN melakukan apa yang Tuhan mau walaupun mungkin keadaannya berubah tapi hari itu dia berkata “ kok ajaib ya pak, saya bisa seperti itu, kok ajaib ya diamdiam istri saya tidak marah, kok ajaib ya anak saya minta sebuah pelayanan yang sama “. Saudara sebuah RENCANA TUHAN BESAR terkadang kita hanya melihat parsial, terkadang kita hanya melihat kecil tapi saya ada ANUGERAH TUHAN di tengah-tengah kita, ada KEBAIKAN TUHAN ditengah- tengah kita bagi orang yang terpanggil sesuai dengan rencanaNYA.

Saudara yang dikasihi Tuhan, Habel ini orang yang baik dia punya SAYAP PENGERTIAN tapi Yakub ini punya SAYAP yang namanya SAYAP KERELAAN, hidup kita harus DIBAGI. Seorang motivator bernama Tung Desem Waringin dia berkata “ kalau anda ingin menjadi orang yang kaya, anda harus terutama memperkaya orang lain. kalau kita ingin menjadi orang yang kaya, kita harus belajar memperkaya orang lain “.

Waktu kita bisa memperkaya orang lain maka sesungguhnya kekayaan yang akan datang kepada kita jauh lebih besar dari apa yang kita kerjakan.

Saudara yang dikasihi Tuhan saya berdoa yang kedua, SAYAP KEBAIKAN dan SAYAP KERELAAN untuk melakukan apa yang Tuhan sediakan buat hidup kita, kita laksanakan. Dalam hidup saya jujur saya mau berkata ada banyak hal yang AJAIB, 14-15 tahun yang lalu saya tinggalkan semua pekerjaan dan sampai hari ini saya melihat ANUGERAH TUHAN begitu besar, kalau saya jujur mau berkata dan ini bukan membanggakan diri, saya mau berkata ini sebuah kisah, sebuah kenyataan, saya pernah memberikan sertifikat rumah saya buat seorang teman untuk usaha, istri saya tidak tahu, saya kata orang kalau sudah senang sama orang, sudah cocok sama orang “ kepala “ pun dikasih. Belakangan beberapa waktu istri saya tahu tapi dia tidak marah, tapi orang –orang disekitar saya berkata ” kamu ini gila sertifikat rumah ditaruh dibank dikasih orang berusaha, lah kalau orang itu usahanya bangkrut tuh rumahmu akan disita “. Saya bilang “ saya percaya kalau pun bangkrut disita, Tuhan bisa beri yang batu “. Hari ini teman saya merupakan orang yang diberkati Tuhan, adiknya saja punya rumah di Alfa 2, tingkat 2, apalagi kakaknya, saya sama seperti dia, cek dan giro dirumah saya masih banyak, waktu pak Ronald datang kerumah saya mendoakan, saya pikir didoakan supaya orangnya bayar hutang, ini Nabi berkata “ ini cek dan giro sudah berapa lama ?, sudah 7 tahun pak ”, dia berkata “ engga usah dipikirin, ditagih lagi, buang dalam nama Yesus, tahun pembebasan “, saya buang. Ada satu serifikat dirumah saya, hari ini masih ada dibrangkas rumah saya, saya tidak berani buang karena itu sertifikat orang, siapa tahu dia datang bawa duit, dia bayar hutang saya, sertifikatnya saya bisa pulangin.

Saudara yang dikasihi Tuhan, tidak hanya seperti itu, ada banyak hal yang saya lakukan dengan KEAJAIBAN. Dan saya berkata begini “ Tuhan saya hanya punya satu, saya punya KERELAAN untuk melakukan KEBAIKAN “. Hari ini sebetulnya saya katakan, kemaren saya sudah selesai dengan  pembangunan rumah sekolah, secara fisik sudah selesai dan bahkan secara hutang sudah saya selesaikan semuanya. Namun kemaren pulang dari ibadah doa pengurapan, Tuhan berkata “ selesaikan bedah rumah satu lagi “ , saya bilang “ yang mana Tuhan “, dan saya berkata “ Tuhan saya LAKUKAN “.   Ada rumah yang akan saya bedah besok, saya berdoa tidak lebih dari 2 bulan, bahkan saya targetkan 1 bulan rumahnya harus selesai.

Dan saya percaya waktu hidup kita, tangan kita terulur buat KEBAIKAN, waktu kita punya KERELAAN mengerjakan apa yang Tuhan mau. Dan Tuhan berikan kepada kita SAYAP KERELAAN untuk mengerjakannya maka saya percaya kita akan menjadi orang-orang yang tidak pernah miskin dan tidak pernah terhentikan untuk apapun juga, kitakan naik terbang tinggi melintasi segala badai hidup dan mencapai masa depan bersama dengan Tuhan. “ DIA berkata NAIK ada pintu yang TERBUKA dan lihat suatu KEAJAIBAN akan terjadi “.

Saya mau tutup dengan sebuah cerita, dalam hidup saya ada banyak hal yang Tuhan rindukan tetapi menurut saya tidak sepenuhnya sebagian dari apa yang Tuhan mau, saya yang kerjakan, sebagian besar dari apa yang saya nikmati hari ini adalah banyak karena orang lain. lebih dari 14 -15 tahun tanda kutip saya tidak kerja apa-apa, saya tidak dagang dan jualan apa-apa. Tapi hari ini KEAJAIBAN Tuhan luar biasa, kalau saya jujur saya meriwend apa yang saya terima hari-hari ini, saya berkata “ TUHAN ITU AJAIB “, dan termasuk alat yang saya pakai ini (IPAD) dan semua yang ada pada keluarga kami. Saya berkata kalau bukan Tuhan dan KEBAIKAN Tuhan, saya bersyukur saya punya teman-teman yang sangat mendukung dan mereka mengerti akan artinya sebuah KORBAN dan sebuah KERELAAN. Saya mengerti akan hidup saya BAHWA SEMUANYA KARENA KEMURAHAN DAN KEBAIKAN TUHAN.              

Tapi satu hal yang saya mau ceritakan dan saya tidak akan pernah berhenti menceritakan ini, ada orang yang SANGAT PENTING dalam hidup saya namanya BETTY, istri saya. Saya masih ingat kurang lebih 12-13 tahun yang lalu, dia mengambil sebuah KEPUTUSAN yang penting buat keluarga dan sekaligus buat hidup saya. Kalau anda tidak kenal dia, anda akan berkata begini “ orang ini beda ya “, bapak gembala dan ibu gembala, memang beda, ada bedanya tapi saya SUKA dengan PERBEDAAN, saya orang yang CINTA dengan PERBEDAAN , karena saya mau berkata SEBUAH PERBEDAAN MEMBUAT KITA JADI KAYA. Ada jangan pernah alergi dengan sebuah PERBEDAAN, PERBEDAAN membuat engkau mempunyai PENGERTIAN. Saya kalau punya istri yang sama seperti saya tidak ada bedanya, rumah saya koleksinya Cuma satu tapi hari ini rumah saya koleksinya dua. Betty orang yang membawa perubahan buat hidup saya tapi saya mau ceritakan sebuah kisah yang menarik. Kalau anda tidak kenal dia anda akan berkata ini orang beda, memang beda, dia sedikit cermat, dia sedikit efektiv dan dia APA ADANYA. Jadi kalau anda tidak kenal sungguh sungguh dengan dia, anda akan lihat sesuatu yang berbeda, itu sebabnya hari ini saya sponsori saya katakan mari kenal dia, saya kenal dia, jadi saya mengerti PERBEDAAN ITU INDAH.

Saudara yang dikasihi Tuhan, 12 tahun yang lalu dia mengambil sebuah KEPUTUSAN yang penting, waktu saya hari itu memutuskan diri menjadi full timer dan kurang lebih baru saya lewati 2 tahun. Saya mengalami sebuah pergumulan, mungkin sebagian besar anda sudah mendengar cerita ini tapi saya ingin ulang lagi.

Sebuah KERELAAN itu akan membawa hidup kita sampai ke sebuah DESTINY dan sebuah KERELAAN dari hidup kita itu juga akan membawa hidup orang lain kepada DESTINYnya.

KEBAIKAN yang kita kerjakan kepada orang lain tidak hanya mengubah keadaan dan ekonominya lebih baik tapi KERELAAAN kita untuk MEMBERKATI orang lain akan membawa DESTINY orang itu sampai kepada Tuhan. Pelayanan di Teluk Naga saya dedikasikan untuk membawa setiap orang sampai kepada Destinynya karena  saya tahu ada banyak orang punya ketergantungan, banyak orang punya kekurangan tapi baiklah kita yang berkelebihan bisa membagikan untuk semuanya. Betty orang yang berbeda, saya mau katakan baik ia sebagai istri saya, baik sebagai teman saya dan termasuk nabi buat saya, tidak hanya nabi buat gereja juga buat gembala sidang juga. Kalau ada perkataan saya yang salah kalau saya kotbah, apalagi kalau ada bahasa-bahasa yang lain pulang saya langsung kena koreksi saya. “ dia bilang ini salah omongnya ngga bisa begini harusnya begini“, maksud kamu apa “, waduh diskusi saudara, kalau saya berkata begini dan dia berkata begitu sampai dia mendapatkan kebenarannya dan kalau saya belum bertobat belum tidur sampai altar call, ini nabi luar biasa.

Saudara yang dikasihi Tuhan beberapa tahun yang lalu dia mengambil keputusan yang penting buat keluarga dan buat hidup saya. Hari ini saya mau berkata, kalau hari ini saya bisa berdiri dan melayani jadi hamba Tuhan ini adalah sebuah KEPUTUSAN dari seorang istri yang punya KERELAAN untuk berjalan bersama Tuhan melaksanakan pekerjaanNYA dan mensupport suami yang adalah pendetanya sendiri. Beberapa tahun yang lalu kami mengalami pergumulan dalam hal keuangan. Pagi itu dia menghampiri saya dan berkata “ kita harus mengambil keputusan, kita tidak bisa hidup seperti ini, kita harus sungguhsungguh HANCUR dengan Tuhan atau kita kembali kerja dan kita melayani “. Dan hari itu dia putuskan untuk tetap bersama dengan Tuhan.

Saya masih ingat dia berkata begini “ aku ini istrimu yang tahu hatimu selain Tuhan, karena sejak kamu kerja, kamu melayani, kamu beliin mobil pendeta, kamu bantu pekerjaan Tuhan, ( bu Dewi keluarga pak Erik tahu tentang saya ), tapi pagi hari ini dia berkata kepada saya “ aku istrimu aku RELA ikut engkau tidak pakai ini… ( perhiasaan ) tidak pakai itu… ( perhiasan ) dan makan apa adanya “ dan dia tunjuk wajah saya “ asal kamu jadi pendeta “ . kemaren saya kotbah ini di persekutuan doa semua cewe berkata “ So Sweet “, ha ha ha… itu sebabnya dia mau undang istri saya dia mau ketemu “ yang mana sih istrinya pendetanya kaya gini “.  Dia berkata “ aku RELA ikut kamu apa saja asal kamu jadi pendeta “. Hari itu selesailah sudah pergumulan saya. Dan membuat hari ini ada sebagaimana adanya.

Kata RELA yang dipakai oleh Betty menginspirasi saya sampai hari ini. Saya berkata yang kedua kalau kita punya SAYAP KERELAAN hidup kita bisa DIBAGIKAN bagi orang lain, untuk mencapai perbaikan orang lain dan mencapai destinynya maka saya beritahu engkau tidak usah kuatir untuk hidupmu dan saya mau berkata MASA DEPAN SUNGGUH ADA BAGI ORANG-ORANG YANG PUNYA SAYAP PENGERTIAN DAN SAYAP KERELAAN DAN LIHAT APA YANG TUHAN BISA BERI.

Hari ini  hidup saya seperti firman terbuka, saya tidak kerja apa-apa, saya hanya berdoa dan melayani sebisa saya, tapi hari ini saya bersyukur 2 atau 3 tahun lagi mungkin masa saya akan selesai. Anak saya yang perempuan sudah selesai sekolah dan misi, saya hanya berdoa “ Tuhan satu lagi beri dia jodoh “, kalau dapat jodoh segera saya kawinkan, semua berdoa buat jodoh. anak yang kedua yang kecil sedang skripsi, saya berkata paling lama 2 tahun lagi S2 selesai, dia kerja. Dan saya tidak perlu apa-apa lagi. dan saya berkata “ Tuhan Engkau Ajaib “. mungkin diumur 55 atau 60 saya sudah selesai dan saya tidak berkata “ saya selama-lamanya jadi pendeta disini, jadi gembala disini, tidak, mungkin 60 ada orang yang siap menggantikan saya ”. Gereja ini punya kita bersama tapi apa yang kita bisa abdikan, apa yang bisa kita bagikan, kalau hidup kita punya KERELAAN maka hidup kita akan jadi MAKSIMAL bagi Tuhan dan MAKSIMAL bagi orang lain dan membawa orang kepada DESTINYnya.  

Saya berdoa hari ini engkau punya SAYAP IMAN dan punya SAYAP KETEKUNAN tapi tidak hanya itu, engkau harus bawa IMAN dan KETEKUNAN mu kepada SEBUAH PENGERTIAN, sebab kalau hanya IMAN dan TEKUN ,engkau tidak mengerti untuk apa?, engkau akan BERGUMUL dan akhirnya engkau akan KECEWA. Tapi kalau kau punya IMAN dan KETEKUNAN, engkau punya juga PENGERTIAN itu yang membuat engkau BERTAHAN. Suami istri kalau engkau tidak punya PENGERTIAN, dengarkan baik-baik engkau dapat dengan mudah berkata SELESAI.    

Saya berdoa hari ini anda punya IMAN, KETEKUNAN dan PENGERTIAN membuat kita bertahan tapi yang menjadikan semuanya dari yang tidak ada menjadi ada karena kita punya KERELAAN untuk berbagi kepada yang lain. tidak hanya kepada orang lain, suami istri harus BERBAGI supaya apa?, supaya kita bisa melihat TUJUAN Tuhan buat suami kita, dan kita juga bisa belajar mengasihi istri.

Saya berdoa hari ini kalau engkau punya KERELAAN, punya PENGERTIAN, punya KETEKUNAN dan punya IMAN, saya mau katakan demi nama YESUS, MASA DEPAN SUNGGUH ADA PADA HIDUPMU DAN ENGKAU JADI ORANG YANG TIDAK TERHENTIKAN DAN TERKALAHKAN OLEH APAPUN. AMIN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s