BELAS KASIHAN AKAN SELALU MENANG

Yakobus 2:13  ( ITB )Sebab penghakiman yang tak berbelas kasihan akan berlaku atas orang yang tidak berbelas kasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.

Yakobus 2:13  ( IBIS ) Sebab Allah tidak akan menunjukkan belas kasihan kepada orang yang tidak mengenal belas kasihan. Tetapi belas kasihan lebih kuat daripada hukuman!

Hari sabtu tanggal 14 Juli saya berkunjung ke Bogor karena ada saudara sepupu yang menikah, anak perempuan dari paman saya, sebelumnya paman saya mengundang Via telp, dia adik dari almarhum mama saya, almarhum mama saya itu 10 saudara, 2 wanita & 8 pria, 3 orang sudah RIP.

Pk 3 siang saya berangkat naik motor dan tiba di Bogor 5 sore, sampai di tempat resepsi pernikahan di club house salah satu perumahan terbaik di Bogor,  saya bertemu dengan sepupu – sepupu saya dan paman saya, usia paman saya sekarang mungkin 68 – 70 tahun, rambut nya sudah putih semua beruban, saya ngobrol dengan paman saya dan menanyakan kesehatannya sambil menikmati hidangan pesta, tiba-tiba didalam hati saya terdengar suara Roh Kudus berbisik ” BELAS KASIHAN KU TIDAK PERNAH HABIS “. Paman saya ini mempunyai 6 orang anak, 3 putra 3 putri, yang sudah menikah 3 orang dan anak-anaknya semua sudah bekerja

Saya teringat ketika mama saya masih hidup, ia selalu berbicara saya kepada saya tentang paman saya yang satu ini, kita harus selalu mengasihi dia, karena dia yang paling sulit hidupnya, saudara mami yang lain baik -baik saja. Saya tahu paman saya yang satu ini hidupnya memang banyak masalah dan kesulitan tetapi setiap kali ia datang ke mama saya, mama saya selalu berusaha untuk menolongnya.

Sekian puluh tahun yang lalu ketika istri paman saya meninggal, anak – anaknya masih kecil, saya membayangkan ketika sepupu saya ditinggal mamanya, betapa sulit nya hidup mereka saat itu, mama saya setiap hari berusaha mengirimkan makanan untuk anak-anaknya dan berusaha memenuhi keperluan mereka, saya belajar apa itu  BELAS KASIHAN dari pada mama saya.

Saya bersyukur Belas Kasihan Tuhan untuk paman saya, di hari tuanya dia dapat menikahkan anaknya, keluarga mereka berkecukupan itu semua karena anugerahNya.

Pdt Petrus Agung dalam salah satu artikel yang saya baca mengatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh JKI Injil Kerajaan, semua orang dapat pula melakukannya/mengcopy semua program yang dilakukan JKI IK dan melakukan hal yang sama tapi ada satu hal yang mendasari dan menjadi prinsip pelayanan dari JKI IK yang belum tentu semua dapat dilakukan oleh semua orang yaitu BELAS KASIHAN,

Pelayanan yang didasari dan dimotivasi hanya oleh BELAS KASIHAN TUHAN.

Setelah waktu larut malam saya harus segera pulang, saya pamit dengan paman saya, dalam perjalanan pulang ke Jakarta saya harus segera mengisi bensin karena kalau tidak motor saya dapat kehabisan bensin dan mogok dijalan, pada saat itu posisi saya didaerah Sawangan, pada saat saya masuk ke pom bensin terdekat didaerah itu , saya kaget ternyata kunci motor saya hilang karena terjatuh sehingga saya tidak bisa membuka bangku belakang ( kunci kontak motor saya sudah lama haus hingga longgar tapi saya tidak segera menggantinya ), jujur hati saya waktu itu cukup tegang bagaimana saya biasa pulang ke jakarta jika motor saya tidak dapat diisi bensinnya.

Petugas pom bensin bertanya kepada saya ” kenapa pak ? “, saya katakan ” kunci motor saya hilang “, petugas itu bilang ” pak, parkir didepan kantor saja “, motor pun saya parkir disana dan petugas pom bensin itu mulai membantu saya, coba membuka jok belakang saya, ada seorang pengendara motor yang sedang mengisi bensin berhenti dan mencoba membantu, petugas pom bensin yang pertama tidak berhasil membuka kuncinya, datanglah petugas kedua yang membantu, dan petugas ini berkata kepada saya ” pak, bagaimana kalau slot kuncinya dirusak saja, nanti bapak ganti yang baru “, saya berkata ” Ok tidak masalah pak, yang penting saya bisa isi bensin dan pulang ke jakarta “. akhirnya kuncinya dapat dibuka. saya ucapkan banyak terima kasih atas pertolongan petugas pom bensin dan memberikan tips tanda terima kasih.

dalam perjalanan pulang saya merenungkan pertolongan yang baru saja saya terima,  dan begitu banyak orang yang BERBELAS KASIHAN kepada saya dan menolong saya ketika saya mengalami masalah dan kesulitan,

saya menyadari bahwa APA YANG KITA TABUR PASTI AKAN KITA TUAI,  Tuhan dapat mengulurkan tanganNya melalui orang lain, mengapa BELAS KASIHAN harus selalu menjadi SIKAP HATI  atau DASAR MOTIVASI setiap orang percaya untuk kita melayani dan menolong orang lain?

Karena TUHAN PASTI AKAN MEMBALAS KITA dengan  MENARUH BELAS KASIHANNYA dihati seseorang untuk MEMBANTU dan MENOLONG kita.

Sering saya mengamati, mengapa terjadi perselisihan didalam pelayanan digereja atau seseorang yang melayani Tuhan menjadi lelah, ternyata perselisihan dan kelelahan itu disebabkan MOTIVASI yang salah, salah satu contoh adalah ketika seorang melayani Tuhan tetapi yang menjadi tujuannya adalah mendapatkan pujian manusia dan kedudukan digereja, contoh lain adalah mengapa seorang pelayan Tuhan kelelahan dan kecewa karena apa yang diharapkan tidak tercapai karena ia menganggap pelayanan itu sebuah profesi, apa yang dilakukan haruslah mendapatkan imbalan seperti yang ia inginkan.

tetapi alkitab menulis berkali-kali didalam Injil, apa yang MENGGERAKKAN TUHAN YESUS.

Matius 9:36  Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

Matius 14:14  Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Mat 15:32  Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: “Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan.”

BELAS KASIHAN ADALAH ENERGI  KEKAL YANG TIDAK PERNAH PADAM , YANG DICURAHKAN OLEH BAPA DI SURGA

HIDUP KITA YANG ADA SAAT INI ADALAH KARENA BELAS KASIHAN TUHAN,  APA YANG KITA TERIMA SERING KALI OLEH KARENA BELAS KASIHAN ORANG LAIN,

BIARLAH BELAS KASIHAN MENJADI DASAR MOTIVASI HIDUP KITA DALAM MELAYANI TUHAN . AMIN

Tinggalkan Balasan

