What Do You See

What do you see?
Kotbah dari Ps Bill Wilson, 2 Maret 2014
Ditulis oleh Raja Pardamean NHP

What Do you See

Yoh 20:1-10, Kebangkitan Yesus
Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan. “Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.

Apa yang kamu lihat (what do you see)?

Apa yang diperlukan, supaya kita bisa melampaui dunia di sekeliling kita? TUHAN sudah buka pintu-pintu yang tidak dapat ditutupi oleh siapa pun juga. Sudah berapakah di antara kita melihat dan memperhatikan sekolah-sekolah? Sudah berapakah di antara kita yang ke lokasi bencana? Melihat dan mengalami dengan sendiri akan membawa perubahan yang akan terjadi. Mari pergi dan menyaksikan dengan mata sendiri.

Api ROH KUDUS menyala maka sesuatu akan terjadi, sama seperti bentuk air yang bisa berubah. Apakah kita siap untuk suatu perubahan? Dalam Yohanes 20 di atas bukan sekedar kisah Paskah, tetapi apa yang dilihat oleh Maria Magdalena, Simon Petrus, dan Yohanes.

Di mana dua dari tiga murid TUHAN YESUS tidak mengerti apa yang mereka lihat.

Sama seperti pelayanan yang kita beri, apa yang kamu lihat (what do you see)? Pada pembacaan di atas yang mereka lihat adalah batu terguling dan kubur kosong.

Melihat (ß??p?, ucapan: vlépo_) dalam bahasa Yunani, melihat ke kubur tetapi tidak mengerti apa yang dilihat. Melihat apa yang sudah TUHAN kerjakan namun belum melihat apa yang sungguh-sungguh TUHAN kerja.

Maria Magdalena melihat ke kubur tetapi tidak melihat mujizat kebangkitan. Saya melihat sesuatu melampaui tanah kosong itu (yang dimaksud adalah tanah bangunan HS saat ini).

Pada Yoh20:6; Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah,
Melihat (ucapan: tio rio) dalam bahasa Yunani yang berarti melihat dengan pikiran. Jadi Simon Petrus melihat dengan pikirannya.

Maria Magdalena melihat dengan matanya. Melihat (ß??p?, ucapan: vlépo_) tetapi tidak tahu apa yang dilihat. Simon Petrus melihat (tio rio) tetapi tidak mengerti.

Sedangkan Yohanes melihat dan percaya (ideo), tidak melihat dengan mata dan pikiran tetapi melihat dengan hatinya. YESUS melakukan seperti apa yang diucapkan.

Maria Magdalena melihat tetapi tidak tahu apa yang dilihat, Simon Petrus melihat dan berusaha untuk mengerti,

Yohanes melihat YESUS melakukan seperti apa yang diucapkanNya (melihat dengan hati).

By His Grace,
Pastor Bill Wilson

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s