Bertumbuh dengan Kuat

Bertumbuh dengan Kuat

Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Saya mau beritahu sesuatu saudara,  Allah itu tritunggal ada Bapa, Putra dan Roh Kudus, ada hal yang aneh kalau kita membaca firman Tuhan , Yesus berkata  dalam bahasa sehari-harinya begini “ Kalau engkau menghujat Aku tidak ada masalah setiap kali pengampunan Tuhan disediakan buat kita tetapi kalau engkau menghujat Roh Kudus itu dosa yang tidak bisa diampuni”, didalam perjanjian lama Allah Bapa berkata “karena orang Isreal telah mendukakakan RohNya lalu Tuhan bangkit melawan mereka”, aneh sekali bahwa Bapa disorga dan Yesus Tuhan kita dengan pribadi Roh Kudus yang satu ini begitu protective, anda perhatikan itu kenapa? Karena ROH ALLAH ini punya KARAKTER YANG BEGITU LEMBUT DAN PERASAANNYA BEGITU HALUS, saudara tidak usah berkata menolak DIA kalau batinmu itu menolak walaupun tidak terekspresikan DIA mengerti saudara.

Kenapa tidak banyak pada hari ini orang-orang yang bisa dibawa TENGGELAM DIDALAM HADIRATNYA?, diantaranya karena HATI KITA REJECT, kita tolak DIA , dengan banyak alasan dengan banyak perkataan sebenarnya kita tolak DIA. Dan itu terjadi karena kita tidak menyadari SESUNGGUHNYA DIA ITU PRIBADI, oya semua orang tahu DIA PRIBADI tetapi sampai pada titik KESADARAN, Dia itu Allah dan Dia itu PRIBADI yang punya PERASAAN. Tidak banyak orang Kristen yang menyadari hal itu sehingga kita berkali-kali kita tidak pernah concern dan tidak pernah peduli dengan apa yang sebetulnya Tuhan rasakan atas kehidupan kita, oleh karena itu saya mengajarkan pada pagi hari ini saya sampaikan kepada saudara, setiap kali IA mengulurkan tangannya untuk memberkati menolong kita JANGAN PERNAH SEGAN untuk segera menyambar akan tangan itu, karena sekali engkau LAMBAT engkau TUNDA, seperti Ruben saudara akan kehilangan ANUGERAH TUHAN yang besar itu.

Dan saya katakan tidak ada gunanya setelah MASA ITU lewat,saudara cari hamba Tuhan atau cari saya, karena saya cuma SALURAN, cuma PIPA saja, kalau kerannya sudah ditutup itu keran tidak akan mengeluarkan apa –apa, andai dibuka akan bunyi crookkhhh…….hanya udara tapi tidak ada apa-apanya, jadi tidak ada MANUSIA SUPER, yang ada hanya orang dipakai sebagai SALURAN pada SAAT Tuhan menghendaki.

Sekarang buka surat Kolose pasal 2:7 ,  ini ayat luar biasa saya bagikan untuk saudara pada pagi hari ini, pagi ini saya mau mengajak kita untuk belajar bagaimana kita bisa BERTUMBUH  KUAT didalam Tuhan. Saya bacakan dulu bahasa Indonesia anda perhatikan pada alkitab anda masing-masing.

Col 2:7  Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Saudara sekalian ada banyak versi alkitab yang sering kali saya berikan referensinya atau pembandingnya kepada saudara, mungkin anda bertanya kalau begitu ada yang salah atau yang benar?, bukan saudara. Kenapa bisa banyak referensinya karena begini : bahasa Ibrani itu punya banyakMAKNA, PENGERTIAN, PENGUNGKAPAN HATI, yang begitu dalam dan luas sekali, itu juga ada pada bahasa Yunani. Sehingga setiap penulis untuk bisa mengungkapkan tepat dengan bahasa Inggris atau bahasa yang lain seringkali mengalami kesulitan. Misalnya katakan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia kalau anda perhatikan ada PERBEDAAN-PERBEDAAN yang tajam sekali, misalnya : bahasa Indonesia untuk menyebut PADI kita tahu itu merupakan tanaman yang masih disawah dan belum dipetik dan orang berkata itu  PADI.

Lalu ketika di tuai tinggal bulir-bulirnya tapi masih ada kulitnya orang bilang itu GABAH, kemudian ketika dikupas orang bilang itu BERAS dan ketika dimasak orang bilang itu NASI, kan tidak ada “ pesan ayam goreng 1 dan BERAS sepiring,  tidak ada yang seperti itu tetapi kita berkata pesan ayam goreng + nasi sepiring, tidak ada berkata pesan ayam goreng + GABAH sepiring, tidak ada yang seperti itu, ‘itu ayam ya’, anda akan dianggap sebagai ayam kalau makan pesannya BERAS jadi kalau pesan mustinya NASI.

Bahasa kita saja bahasa Indonesia punya istilah yang bermacam-macam untuk barang yang sama tetapi orang-orang yang berbahasa Inggris menyebut PADI ya RICE, GABAH ya RICE, BERAS ya RICE, NASI ya RICE, makanya ada Rice cooker. Jadi bagaimana MENGUNGKAPKANNYA lah mungkin kalau itu digunakan dalam bahasa Inggris harus dijelaskan, nah penjelasannya bisa beberapa kalimat yang dipakai, anda mengerti ya. Jadi kalau ada beberapa versi sebetulnya kalau itu disatukan akan memperkaya,  memberikan akan ungkapan yang sebenarnya dari apa yang ada dalam hati Tuhan yang Dia mau sampaikan buat kita. Jadi itu bukan sesuatu yang perlu untuk dipertentangkan tapi kalau digabungkan itu akan memperkaya bagaimana sebetulnya UNGKAPAN Allah kepada kita. Karena apa yang ada didalam hati Tuhan tidak mungkin dicerna dengan cara berpikir kita apalagi kalau perbendaharaan bahasa kita masih tergolong sangat sederhana.

Nah oleh karena itu saya mau bacakan dari satu versi yang diberi nama Living Bible dan kalimatnya diungkapkan dengan bagus dan indah. Alkitab berkata demikian :

Col 2:7,  Let your roots grow down into him, biarlah akar-akarmu bertumbuh kebawah, and draw up nourishment from him, menghisap makanan dari Dia. See that you go on growing in the lord and became strong and vigorous, sehingga kita bisa melihat bahwa engkau terus bertumbuh didalam Tuhan, menjadi kuat dan perkasa    

Nah saudara sekalian ada 2 hal  yang alkitab ini sampaikan berdasarkan apa yang Paulus tulis dalam Kolose 2:7  bagaimana orang bisa BERTUMBUH KUAT didalam Tuhan, 2 hal ini penting sekali dan Paulus mengungkapkan dengan luar biasa :

  1.  Yang pertama, dia berkata kita harus grow down into him , BERTUMBUH KEBAWAH kepada Dia.

Saudara tahu di timur tengah banyak tanaman korma, 2 minggu lalu bapak Arifin ke Semarang lalu kami makan siang bersama, lalu dia berkata ‘saya minta yang bakar-bakar’, macam macam itu bisa jagung bakar, daging bakar dan sebagainya, waktu makan itu restorannya menyediakan menu tambahan apa itu Korma, kami bertanya ‘loh kok ini ada korma’, ‘iya, karena ini bulan puasa kami tambahi dengan korma’. Tahukah anda bagaimana tanaman Korma itu ditanam?, korma tumbuh di padang pasir di timur tengah, banyak sekali dan padang pasir itu punya angin yang begitu kuat dan kalau tumbuhan tidak punya AKAR YANG KUAT DIDALAM dengan gampang akan tumbang.

Nah apa yang para petani KORMA perbuat untuk menanam pohon korma, biji korma yang ditanam ditanah itu pada umumnya bukan hanya ditanam kemudian ditutup dengan tanah tetapi korma itu ditanam lalu diatasnya ditumpuki batu yang besar dan kuat, batu karang. Sehingga ketika benihnya mulai pecah dan KEHIDUPAN mulai muncul, tidak bisa pertama-tama NAIK KEATAS tetapi akan TUMBUH KEBAWAH dulu, grow down, sebelum dia bisa grow out dia harus tumbuh KEDALAM DULU sehingga akarnya itu sudah akan merambat begitu kuat sampai kemudian kapan petani itu mengangkat batu itu?, tidak pernah diangkat, kenapa?, karena begitu korma ini akarnya mulai kuat, didasar daripada gurun pasir itu biasanya ada MATA AIR yang luar biasa jernihnya maka AKAR itu akan akhirnya menembus sampai ke mata air itu. Nah dia akan menghisap begitu banyak air kedalamnya lalu lama-lama ia akan MAKIN LAMA MAKIN KUAT MAKIN KUAT setelah dia cukup BERTUMBUH KEBAWAH maka mau tidak mau NATURALNYA dia akan TUMBUH JUGA KEATAS. Nah pertumbuhan keatas itu tidak dengan gampang, kenapa?, karena korma ini harus mengatasi BATU yang ditaruh diatasnya, makin kuat akarnya makin kuat pertumbuhannya maka SECARA PERLAHAN TAPI PASTI dia mampu satu kali kelak menggulingkan akan batu itu dengan sendirinya. Jadi bukan karena petani mengambil batu itu, tidak, tetapi karena PERTUMBUHAN YANG KUAT itu dengan sendirinya dia sanggup menggulingkan akan batu yang besar.

Nah ketika ia mampu menggulingkan, ia akan tumbuh keatas terus menerus  dan jadi pohon korma yang kuat. Nah itulah sebabnya kenapa Paulus berkata “yang pertama kita harus GROW DOWN INTO HIM, kita harus BERTUMBUH KEBAWAH KEPADA TUHAN, jangan berakar pada PELAYANAN, jangan berakar pada AKTIVITAS, jangan berakar kepada KEGIATAN, jangan berakar hanya kepada KEBAKTIAN tetapi BERAKAR KEPADA TUHAN YESUS sendiri dan itu yang alkitab ajarkan buat kita.

Kalau kita mau jadi orang yang BERTUMBUH KUAT, jangan berakar pada kegiatan, pelayanan, pada jabatan gerejani, pada kebaktian kebaktian kita tok tetapi BERAKAR DIDALAM DIA KEPADA YESUS TUHAN ITU YANG MEMBUAT KITA SOLID DAN  MEMBUAT KITA KUAT. Paulus berkata grow down into him mari kita bertumbuh kuat kebawah kepada Tuhan kita.

Apa yang terjadi jika kita tidak mau bertumbuh kuat? Oh repot sekali, saudara saya mau memberikan 2 contoh orang yang tidak bisa bertumbuh kuat :

  • Yang pertama,  buka Kejadian 49 : 3-4, saya sampaikan sekilas pada waktu doa malam lalu,

sebelumnnya saya mau jelaskan dulu, dengar baik-baik saudara :   

ditempat Abraham berasal di Haran Ur kasdim, mereka punya semacam tradisi yaitu tradisi mengenai hak kesulungan, hak kesulungan itu apa? Itu milik daripada anak laki pertama dari keluarga itu ,

biasanya hak kesulungan itu dimanifestasikan dalam 2 wujud :

  • yang pertama adalah anak laki sulung akan menerima 2 porsi daripada warisan orang tuanya, kalau misalnya masing-masing mendapat 10 bagian maka anak sulung laki mendapatkan mendapat 20 bagian, bukan hanya itu biasanya sebelum bapaknya mati maka bapanya akan mengucapkan berkat kepada anak sulung ini dengan harapan semua berkat orang tuanya diterima oleh anak sulung ini, itu berkat yang luar biasa, itu diteruskan karena berasal dari Allah dalam perjanjian lama hak kesulungan itu dipertahankan dan Tuhan memberikan beberapa patokan tetapi ternyata tidak semua orang yang lahir dengan hak kesulungan bisa tetap menjaga atau mendapati atau memelihara atau memiliki akan hak kesulungan itu karena menurut tradisi yang ada hak kesulungan tersebut bisa diperjual belikan dan ternyata bisa hilang, kalau bapanya tidak mau memberikan kepada anak itu, maka anak itu tidak akan pernah bisa mendapatkan hak kesulungannya. Jadi sebenarnya hak itu bukan hal yang mati kalau seandainya seperti saya, saya ini anak laki anak pertama juga secara hukum perjanjian lama saya punya hak kesulungan tetapi kalau ayah saya tidak mau memberikan kepada saya maka dengan alasan yang kuat tentunya maka saya akan kehilangan hak kesulungan itu dan itu yang membuat Allah berkata “ Aku membenci Esau tetapi mengasihi Yakub “, karena Esau menganggap enteng hak kesulungan itu, Yakub mati –matian berusaha mendapatkannya.

Nah saudara sekalian orang yang juga kehilangan hak kesulungan setelah Esau adalah Ruben, nah apa yang Yakub katakan tentang Ruben ini, perhatikan dari Kejadian 49 : 3-4 :

Gen 49:3  Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan.

Gen 49:4  Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama, sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. Dia telah menaiki petiduranku!

Ruben ini berzinah dengan gundik daripada Yakub yang bernama Bilha, dan Bilha ini adalah ibu kandung daripada Dan serta Naftali. Mengerti saudara jadi dalam keluarga Yakub itu rumit karena Ruben berzinah dengan istri ayahnya, kemudian Yakub berkata ‘Ruben tidak mendapatkan hak kesulungan’, Amplified bible menterjemahkan begini :

(3) Reuben, you are my firstborn, my might, the beginning (the firstfruits) of my manly strength and vigor; [your birthright gave you] the preeminence in dignity and the preeminence in power.

Hak kelahiranmu memberikan modal dasar, jadi ketetapan lahir memang sudah dalam kondisi begitu, hak kelahiranmu karena engkau anak sulung laki-laki pertama, engkau punya BAWAAN, dalam kemuliaan, keluhuran dan kuasa.  Jadi karena ia anak sulung pertama maka ia punya BAWAAN sebagai anak sulung pertama yaitu HAK KESULUNGAN tadi, kemuliaan, keluhuran dan kuasa. Itu dimiliki Ruben sebagai BAWAAN, dia tidak usah berusaha, tidak usah membeli, dia tidak usah membeli , tidak usah membayar, dia punya BAWAAN sebagai orang yang mulia dan berkuasa.

Ambil contoh kalau seseorang lahir di Amerika sekalipun ia orang Indonesia atau anak anda lahir di Amerika maka begitu anak  itu lahir maka anak itu langsung diakui sebagai warga Negara Amerika. Makanya banyak orang-orang yang hamil dia mencoba dengan sekuat tenaga, pakai segala macam sabuk, baju yang gombyor-gombyor datang ke Amerika dengan tujuan melahirkan di Amerika. Kenapa? Nanti kalau anak ini lahir dia warga negara Amerika. Itu uang dicari oleh banyak orang, itu artinya BAWAAN nya dari lahir karena kelahirannya langsung warga Negara, anda tidak usah apply green card, tidak usah apply warga Negara, tidak usah diuji perang saudara di Amerika dan sebagainya begitu lahir langsung warga negara jadi itu karena BAWAAN.

Ada orang yang punya BAWAAN BAWAAN lain misalnya secara fisik ada yang cacat misalnya itu BAWAAN dari lahir, nah orang berkata ia bukan sengaja cacat tapi ia punya BAWAAN cacat, nah dalam kaitan dengan hak kesulungan Ruben punya BAWAAN/PREEMINENCE, BAWAAN nya apa? Keluhuran, dignity, kemuliaan dan kuasa/power. Jadi sebetulnya TIDAK DENGAN GAMPANG hak itu hilang mestinya Ruben mendapatkan warisan berkat dari orang tuanya tetapi apa yang terjadi? Ini yang diungkapkan oleh Yakub, ia berkata begini :

(4) But unstable and boiling over like water, you shall not excel and have the preeminence [of the firstborn], because you went to your father’s bed; you defiled it–he went to my couch!

Tetapi tidak stabil dan berbual-bual tanpa terkendali seperti air, Yakub berkata kamu sebetulnya punya BAWAAN keluhuran dan kemuliaan tetapi kamu TIDAK STABIL/UNSTABLE, AKARNYA TIDAK KUAT, orang yang tidak STABIL artinya TIDAK GROW DOWN IN TO HIM, tidak bertumbuh kebawah kepada Yesus. Nah kalau kita bertumbuh kepada ikatan pelayanan, ikatan gerejani, ikatan kegiatan, ikatan kebaktian, tidak cukup itu merupakan sesuatu akar yang dangkal sekali.

ALLAH MENGHENDAKI KITA BERTUMBUH KEPADA DIA, BERTUMBUH KEBAWAH, BERAKAR KUAT KEPADA YESUS TUHAN.

Itu yang bisa yang menciptakan orang Kristen yang stabil, Ruben BAWAAN nya adalah dignity and power tetapi bisa hilang kenapa? Karena UNSTABLE/TIDAK STABIL, karena tidak stabil itulah dia tidak bisa DIKONTROL/DIKENDALIKAN akhirnya berzinah dengan istri ayahnya sendiri, karena dia TIDAK STABIL dan UNCONTROL alkitab berkata dia KEHILANGAN HAK KESULUNGANNYA, diberikan kepada siapa?, Yakub tidak mengatakannya tetapi menurut saya DIBAGI DUA : soal pemerintahan diberikan kepada YEHUDA karena suku ini yang Tuhan pilih untuk menurunkan MESIAS tetapi BLESSING/BERKAT diberikan kepada YUSUF. Ruben tidak dapat apa-apa.

Pada waktu Israel dikuasai oleh musuh ada Debora dan Barak yang Tuhan mau gerakkan, Tuhan mau pakai untuk memerangi Sizera, Ruben diberitahu “ayo perang”, lambannya luar biasa tidak mau cepat bergerak, dignity dan powernya sudah hilang jadi pengecut, ketika menang besar baru teriak “ lah kenapa tidak ngajak gua”, Deboranya nyanyi kamu lamban terlalu banyak pertimbangan dan berpikir tetapi sebetulnya karena factor ketakutan dalam hatinya.    

Orang yang UNSTABLE/TIDAK STABIL dan tidak mau GROW DOWN IN TO HIM, orang itu tidak akan pernah STABIL dalam hidupnya dan kelihatan rapuh sekali.

 Sebaliknya bagaimana dengan Yakub, coba buka Kejadian 25 : 27 – 28 :

Gen 25:27  Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah.  Gen 25:28  Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.

Alkitab berkata Yakub adalah seorang yang TENANG, dalam bahasa Ibrani nya kata TENANG itu ada unsur STABLE dan SOLID, stabil dan kuat/kokoh. Saudara sekalian orang yang STABLE dia akan terima berkat dari AllahNya, orang yang tidak stabil dia akan gampang runtuh. Nah ini yang harus diperhatikan oleh setiap anak Tuhan, kita harus GROW DOWN IN TO HIM, jangan hanya GROW DOWN terikat berakar kepada pelayanan, kegiatan, karena jabatan dan sebagainya itu rapuh sekali sebab ketika semuanya diambil dar hidupmu maka engkau akan runtuh.

Saya perhatikan ada orang orang yang dan ini banyak hamba Tuhan buat kesalahan besar, ketika ada orang yang mulai cinta Tuhan supaya tidak lari dari gerejanya diikat dengan pelayanan, orang ini GROW DOWN pada pelayanan suatu kali kalau sampai terjadi pelayanannya diambil dari dia pasti runtuh goyangnya kuat sekali kenapa karena berakarnya bukan tertuju kepada Yesus tapi nyantolnya kepada pelayanan ini bahaya sekali, hal yang sama kalau nyantol kita itu hanya kepada kebaktian kalau kita berakar di kebaktian habis juga iman kita. Oleh karena itu mari kita BERAKAR KEPADA YESUS karena alkitab berkata  Allah akan goncangkan kita sampai Dia mendapatkan KERAJAAN YANG TIDAK TERGONCANGKAN, apa itu? HANYA PADA YESUS kalau kita bergerak diluar YESUS tidak pernah bisa stabil karena terus Allah goncangkan sampai kita bisa memegang pada jalur yang benar yaitu YESUS sendiri.

Saudara sekalian saya mau tegaskan sekali lagi penting buat setiap kita BERAKAR KEPADA YESUS dan itu akan diuji, kepada siapa engkau BERAKAR pada hari ini? Kalau itu jabatan, kalau itu uang, kalau itu kekayaan, ada orang-orang Kristen yang berakar pada kekayaannya, Allah akan uji, Dia izinkan semua itu hilang pada hidup kita dan Dia mau lihat apakah engkau masih cinta kepada Dia. Oleh karena itu kalau engkau berkata “saya tidak mau diuji seperti itu”, BERAKARLAH KEPADA YESUS, karena anda akan tetap akan tetap kuat sampai selama-lamanya.

 2.   Yang kedua, kembali kepada Kolose 2 :7, Paulus berkata DRAW UP NOURISHMENT FROM HIM, BIARLAH ENGKAU MENGHISAP MAKANAN DARI DIA, dari siapa? dari YESUS.

Dengar baik-baik saudara, TIDAK CUKUP MAKAN FIRMAN TUHAN SEMINGGU 1 X seperti sekarang ini, oya saya belajar dan berdoa memberikan yang terbaik yang saya bisa berikan buat saudara tetapi TIDAK CUKUP KALAU KITA MAKAN FIRMAN TUHAN SEMINGGU 1 X , saudara harus punya AKAR DIDALAM YESUS dan jika AKAR itu tidak BERFUNGSI maka tanaman itu akan MATI.

 Ambil contoh : begini kalau tidak percaya, saudara ambil tanaman apalah cabut sampai AKARnya, rumput misalnya cabut sampai AKARnya lalu pada bagian akarnya cuci bersih sama sekali tidak ada kotorannya lalu anda bungkus plastik rapat-rapat, jangan sampai ia mendapatkan air setelah itu tanam lagi, saya mau lihat apakah rumput ini bisa bertahan hidup? kenapa? TIDAK BISA, kenapa? Walaupun ada AKAR nya tetapi ia tidak DRAW UP, TIDAK MENGHISAP MAKANAN apapun, bagaimana bisa BERTUMBUH? Tidak mungkin tumbuh!.

Dalam kehidupan kita BELAJAR UNTUK MENGHISAP MAKANAN DAN ITU HARUS SETIAP HARI dalam kehidupan kita, tidak cukup hanya seminggu 1 X ,  seminggu 2 X, SETIAP HARI ANDA HARUS MAKAN, ANDA HARUS MAKAN, ANDA HARUS MAKAN DARI TUHAN SENDIRI.

Sebetulnya ketika dulu saya masih sebagai penginjil saya keliling kemana-mana, saya sering kali berkata begini “paling enak jadi penginjil ,ya kenapa?, tidak usah terlalu kerja keras dan tidak terlalu stress, tidak banyak masalah, hidupnya enak jalan-jalan terus, kenapa saya berkata begitu, kenapa saya cerita kepada anda apa adanya”, kalau anda jadi penginjil anda diundang kotbah saudara tidak perlu repot-repot saudara siapkan saja 5 atau 6 bahan kotbah yang saudara sudah kuasai lalu anda pakai untuk keliling, kalau di Jakarta kan jaraknya jauh-jauh orang tidak mungkin mengejar saudara, jadi kotbah 5 bahan kotbah A B C D E muter lagi, lalu pindah Surabaya kotbah yang sama, lalu kotbah ujung pandang kotbah yang sama, tidak ada orang yang tahukan saudara, enak aja tidak ada persiapan makanya doanya kurang, sudah begitu aja bla..bla..bla… modalnya anda bisa kuasai masa dan minta pengurapan Tuhan lalu anda ngomong selesai. Lalu saya mikir ini kalau jadi gembala sidang ini repot, tiap minggu harus ngasih makan jemaatnya, mau ngomong apa tiap minggu harus beda kalau seminggu kotbah 2 x atau 3 x saya harus ngomong apa?, tetapi ketika saya belajar sesuatu SAYA HARUS DRAW UP NOURISHMENT FROM HIM, SAYA HARUS MAKAN MAKANAN DARI DIA, itu memberikan makanan yang terus tidak pernah bisa habis. Saya akan kehabisan kalau saya tidak makan dari Dia dan itu artinya membuat saya akan kelaparan dan sebelum anda ‘mati’ saya akan ‘mati’ duluan kenapa karena tidak akan tahan lagi, mengerti saudara? ROHANINYA AKAN MATI KALAU TIDAK MENGHISAP MAKANAN DARI TUHAN KITA.

Paulus berkata kita harus GROW DOWN dan DRAW UP , kita harus hisap itu, coba buka Efesus 5 :

Eph 5:18  Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

Kata PENUH DENGAN ROH terjemahan lain berbunyi DRINK DEEPLY OF THE SPIRIT ATAU DRINK DEEP IN THE SPIRIT, DIDALAM ROH KUDUS, jadi mesti DEEPLY/DIDALAM , HISAP APA YANG DARI ROH DALAM DALAM, bukan hanya permukaannya, bukan hanya yang nampak di permukaan,surfacenya, DRINK DEEP, MINUM DALAM DALAM, istilahnya sampai MABUK, MINUM DALAM DALAM, dari siapa? DARI ROH.

Ingat banyak orang berkata begini “pak saya ya baca firman Tuhan tapi ngga mudeng?”, memang ngga semua ngerti anda bayangin sudah berapa ribu tahun? 2000 tahun kan alkitab ini ada, setiap minggu dikotbahkan kok tidak habis-habis? Memang kita tidak bisa mengerti, terlalu luar biasa isinya!, setiap kali anda gali terusss…, suatu kali saya ke Amerika ke toko buku, toko buku itu kira-kira besarnya segereja ini, bukuuuuu semuaaaa…. Sampai disana saya bilang tolong didrop saja, nanti sore kamu jemput saya disini, kalau sudah lihat buku itu lupa makan lupa minum keluar baru teller, ada seorang teman menyertai saya terus orang ini berkata “ bayangkan dari satu BUKU(ALKITAB) tipisnya kaya gini bisa menghasilkan jutaan buku “, semua buku darimana asalnya dari sini ( ALKITAB ), ini ( ALKITAB) menghasilkan jutaan buku, mungkin milyaran buku, sekian ribu halaman yang anda pegang ditangan anda masing-masing.

Jadi kalau anda tidak mau DRINK DEEP IN THE SPIRIT saudara rugi besar!, kenapa? Loh secara bisnis saja ini modal hebat Cuma modal begini tok jutaan buku dicetak, coba lihat strong concordans tebalnya segini 100 tahun lebih buatnya itu, zaman dulu belum ada computer pakai manual, puluhan sarjana teologie hanya untuk mengurai yang ini (ALKITAB), belum tafsiran -tafsiran dari yang sesat sampai yang paling baik, ngumpul semua itu berapa milyar dihasikan karena ini (ALKITAB), kenapa tidak mau DRINK DEEP? “ wah cukup pak”, TIDAK CUKUP !!!, kalau anda baca semilyar buku anda baca semua itu masih belum cukup!, wong saya buat satu lagi buku bulan depan baru terbit, tak tambahin satu lagi, DRINK DEEP makanya!, jadi kurang, jangan kuatir kehabisan bahan untuk ngomong(Kotbah), sudah dibuktikan 2000 tahun mungkin 1.000.000.000 buku ada, dan tidak heran ini ( ALKITAB) BEST SELLER, seluruh dunia BEST SELLER nya adalah ALKITAB, kenapa? LUAR BIASA!, FIRMAN TUHAN. Coba yang tidak percaya anda ke toko buku Bethany disini, anda lihat disitu semuaaa… dari hiasan, pajangan, ayat ayat semuanya dari sini (ALKITAB), kurang apa?

JADI MINUMLAH DALAM DALAM/DRINK DEEP IN THE SPIRIT, lah orang bilang “ngga mudeng pak?”, ya ngga apa-apa dimakan aja!, “ngantuk pak?”, ya anda yang keliru disitu!, bayangin bagaimana mungkin barang( ALKITAB) yang bisa memproduksi milyaran buku kok anda tidak tertarik sama sekali?, itu yang saya tidak bisa mengerti.

Saya mau beritahu saudara ini RAHASIANYA, KENAPA KITA TIDAK BISA MAKAN FIRMAN TUHAN?, baca mungkin ya, tetapi sampai MAKAN betul, DRAW UP dihisap dari sini (ALKITAB), kita belum bisa banyak orang Kristen belum bisa kenapa?, karena kita DRAW UP/MENGHISAP nya pakai ini (PIKIRAN)!

Lihat apa yang YESUS katakan Yohanes 6 :

Joh 6:60  Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: “Perkataan ini keras, terjemahan lain berkata Perkataan ini sukar sekali/difficult , siapakah yang sanggup mendengarkannya?”

Joh 6:61  Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: “Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu?

Joh 6:62  Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada?

PERHATIKAN INI KUNCINYA :

Joh 6:63  Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Dia berkata kalau kamu pakai dagingmu, pakai kemanusiaanmu kamu tidak mengerti, terlalu keras mundur semua mereka, tidak tahan susah ini, bagaimana kami bisa mengerti?, Dia berkata betul karena dagingmu tidak memberikan Profit,tidak ada gunanya sama sekali. Karena perkataanKU/FirmanKU adalah ROH dan HIDUP!, jadi kalau anda tidak DRINK DEEP IN THE SPIRITanda tidak akan mengerti!, jadi harus IN THE SPIRIT makanya ROHMU HARUS KUAT!,  kalau roh kita tidak dikuatkan oleh ROH ALLAH mana mungkin kita bisa DRAW UP NOURISHMENT FROM HIM!.

Saya beritahu saudara kalau kita mau benar-benar tumbuh caranya Cuma 2 : GROW DOWN dan DRAW UP NOURISHMENT  FROM HIM, hanya itu, MAKAN TIAP HARI !

Saya termasuk orang yang hari ini sangat menikmati barang ini (ALKITAB), ini sudah alkitab kedua, yang pertama sudah jeleknya minta ampun dan sudah kuning, hitam, kotor, dibaca terus setiap hari lalu saya malu lama-lama pakai yang baru, ini sudah kotor lagi. Tapi saya MENIKMATI BETUL, DRAW UP NOURISHMENT , saya baca lihat.. Oh ..Tuhan itu LUAR BIASA, saudara tahu kemaren saya baca ayat yang luar biasa, dengar ya orang –orang yang sudah ada umur jangan mikir mati dulu, dengar baik-baik, Daud berkata begini “ Tuhan jangan singkirkan aku sebelum aku menanamkan apa yang pernah Engkau berikan kepadaku dan aku memberkati generasi yang akan datang “. Daud mengerjakan akan KEHENDAK BAPA PADA ZAMANNYA lalu ia mati.

Itu mulia saudara bukan karena stress karena tertekan teriak-teriak minta mati, “ dimana pak ayatnya?”, cari di alkitab mesti ada, DRAW UP jangan semua tanya saya, MAKAN, MAKAN sampai KUAT, jadi KEKUATAN dalam hidup kita, ini ( ALKITAB) luar biasa saya menikmati sekali, anda mau belajar apa pun disini ada milyaran buku mungkin terbit karena satu barang(ALKITAB) yang tipisnya seperti itu dan harganya murahnya luar biasa tetapi tidak semua orang Kristen mau beli.

 Saya baru seminar di Jakarta, song leadernya hebat sekali, datang ketawa- ketawa, “ ini seminar ya?, saya nyanyi apa?, terserahlah, saya bilang  gitu, kalau sudah tanya begitu, ini orang tidak doa, saya tidak perhatikan, lalu ia nyanyi karena sudah biasa, setelah itu dudukkan, saya kotbah tak lirik ini orang ngantuk – ngantuk…., tak lirik ia tidak bawa alkitab, saya mau tanya ini orang hebatnya seberapa? dengar kotbah 1,5 jam tahan berapa ayat yang masuk kesini? Sudah begitu selesai ia berkata “puji Tuhan memberkati menyentuh hatiku”, saya bilang “ percuma menyentuh hatimu orang kamu tidak bawa alkitab, ayo saya ngomong apa???”,  ketawa he he he….pokoknya menyentuh hati, percuma saya bilang!, DRAW UP, HISAP DARI APA YANG ALKITAB INI BERIKAN KEPADA KITA!

Coba buka 1Raja Raja 19 : 4 – 8  , saya mau tunjukan contoh ini kenapa kita perlu makan makanan rohani seperti ini :

1Ki 19:4  Tetapi ia sendiri masuk ke padang gurun sehari perjalanan jauhnya, lalu duduk di bawah sebuah pohon arar. Kemudian ia ingin mati, katanya: “Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku.”

1Ki 19:5  Sesudah itu ia berbaring dan tidur di bawah pohon arar itu. Tetapi tiba-tiba seorang malaikat menyentuh dia serta berkata kepadanya: “Bangunlah, makanlah!”

1Ki 19:6  Ketika ia melihat sekitarnya, maka pada sebelah kepalanya ada roti bakar, dan sebuah kendi berisi air. Lalu ia makan dan minum, kemudian berbaring pula.

1Ki 19:7  Tetapi malaikat TUHAN datang untuk kedua kalinya dan menyentuh dia serta berkata: “Bangunlah, makanlah! Sebab kalau tidak, perjalananmu nanti terlalu jauh bagimu.”

1Ki 19:8  Maka bangunlah ia, lalu makan dan minum, dan oleh kekuatan makanan itu ia berjalan empat puluh hari empat puluh malam lamanya sampai ke gunung Allah, yakni gunung Horeb.

Malaikat buat roti bakar untuk Elia, ini orang terlalu sekali, sudah menang digunung Karmel luar biasa diancam sama ratu Izebel lari dia, lari sampai dipadang gurun dia teriak begini “ Tuhan aku tidak lebih baik dari nenek moyangku jadi aku mati saja “, terus dia tidur malaikat datang berikan roti bakar sama air dalam kendi, Elia bangun kemudian ia makan dan minum lalu tidur lagi, nabi ini nekad sekali, dibangunkan kasih makan lagi, malaikat berkata “ makanlah kalau tidak perjalanan ini terlalu jauh bagimu “, oleh karena kekuatan makanan itu ia sanggup sampai ke gunung Horeb 40 hari 40 malam.

Dengar baik-baik saudara :

Hidup kita ini seperti orang balapan mobil, di Sentul ada sirkuit balapan mobil, medannya arenanya ya seperti itu, kalau anda berlomba tidak bisa berkata “ panitia tolong dirubah belokannya jangan terlalu tajam, ya tidak bisa “, itulah arenanya setiap orang yang ikut lomba harus menaklukan arena itu dan menaklukan lawan-lawan kita. Apapun yang terjadi selama perlombaan berlangsung arenanya tidak bisa disalahkan, kalau sudah diresmikan oleh panitia dan diperiksa semua segi keamanan peserta berlomba disirkuit kemudian sirkuit itu diresmikan oleh panitia artinya dari segi keamanan panitia tidak bisa disalahkan. Nah kalau sampai ada ban meletus, mobil tabrakan diarena, yang salah siapa? Ya kita atau mobil kita, DUNIA INI ADALAH ARENA BERLOMBA, ya begini keadaannya tidak ada orang dikandungan berkata “ ma aku mau keluar tapi tolong buat gunung lebih pendek sedikit, hujan jangan terlalu banyak, salju turun sedikit saja”, tidak bisa, DUNIA INI ARENA KITA, apapun yang terjadi pada hidup kita KESALAHAN DAN PROBLEMNYA ADA PADA PESERTANYA YAITU KITA, Elia katakanlah ia menempuh misalnya 50 km, misalnya, malaikat berkata “ kalau kamu tidak makan maka perjalananmu terlalu jauh “, ambil contoh : kita pergi ke Kudus, itu jaraknya kira-kira 50 km, engkau jalan kaki dengan naik mobil itu beda, jalan kaki itu terlalu jauh tetapi kalau naik mobil hanya 1 jam, tetapi bukankah jarak 50 km sama jadi perjalannya tergantung pada kondisi kita masing-masing. Makin engkau bisa DRAW UP NOURISHMENT FROM HIM, MAKIN ENGKAU BISA MENGHISAP MAKANAN DARI TUHANMU MAKA ENGKAU MAKIN KUAT, MAKIN SOLID ,maka arena yang 50 km ini tidak akan terlau berat buat kita tapi untuk orang lain mungkin mereka tidak tahan baru jalan 5 jam sudah semaput pingsan. Kalau kita pakai mobil mungkin bolak balik 2 jam dengan jalan kaki 5 jam – 10 jam tidak sampai mungkin beberapa hari harus dihabiskan untuk jalan dari Semarang ke Kudus, JARAKNYA SAMA JALANNYA SAMA TAPI KONDISI PESERTANYA BERBEDA. Yang naik mobil dengan lebih gampang menaklukan arena ini dibandingkan dengan yang jalan kaki setengah mati.

Jadi kalau kita bisa makan makanan dari Tuhan kita, kita menghisap dari Dia , engkau dan saya akan bertambah kuat, arena boleh seperti apapun, ingat alkitab berkata Dia tidak mencobai diluar kekuatan kita artinya semua arena hidup kita pas dengan ukuran kita. Kalau engkau bisa makan apa yang Allah berikan kepada hidupmu, engkau akan kuat dan pada saat engkau kuat engkau sanggup menaklukan arena kehidupan ini.  

Ayat yang terakhir, coba buka Filipi 1 : 6, ini merupakan doa, saya percaya doa semua kita buat kehidupan kita :          

Php 1:6  Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

The living bible menterjemahkan dengan kalimat berikut : God who begin a good work with in you/ Allah yang sudah memulai pekerjaan yang baik didalam kamu, will give right on helping you/akan terus menolong engkau, grown in his grace/ bertumbuh terus dalam anugerahNYA, until his task with in you/tugasnya didalam kamu, is finaly finish/pada akhirnya akan selesai

Paulus berkata :  Tuhan yang telah memulai akan pekerjaan yang baik didalam kamu akan terus menolong kamu untuk bisa terus bertumbuh didalam anugerahNya sampai tugasnya didalam kamu selesai, siapa itu? ROH KUDUS, DIA didalam kita punya TUGAS, sampai TUGAS nya DIA selesaikan Tuhan akan tetap tolong kita untuk BERTUMBUH DIDALAM ANUGERAHNYA.

GROW DOWN, DRAW UP, engkau harus tumbuh kebawah kebawah berakar kuat dan engkau hisap makanan dari Tuhan Yesusmu dan pada waktu itu engkau akan bertumbuh dalam anugerah Allah yang semakin kuat, sampai kapan?, sampai tugas dari ROH ALLAH dalam hidup kita masing –masing akhirnya selesai.

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s