Doa Mengatasi Kedagingan

Doa Mengatasi Kedagingan

Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

 

Mar 14:32  Lalu sampailah Yesus dan murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Kata Yesus kepada murid-murid-Nya: “Duduklah di sini, sementara Aku berdoa.” Mar 14:33  Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar, Mar 14:34  lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah.” Mar 14:35  Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya. Mar 14:36  Kata-Nya: “Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.” Mar 14:37  Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?

Mar 14:38  Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

Mar 14:39  Lalu Ia pergi lagi dan mengucapkan doa yang itu juga. Mar 14:40  Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat dan mereka tidak tahu jawab apa yang harus mereka berikan kepada-Nya. Mar 14:41  Kemudian Ia kembali untuk ketiga kalinya dan berkata kepada mereka: “Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Cukuplah. Saatnya sudah tiba, lihat, Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa. Mar 14:42  Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat.”

Saudara sekalian malam ini saya mau ajak kita melihat atau membicarakan bagaimana DOA sebenarnya merupakan KEKUATAN yang mampu mengatasi akan KEDAGINGAN kita. Alkitab mengisahkan ketika itu Yesus sampai pada PUNCAK dari pada pergumulan pelayananNya, yaitu ketika Dia mesti berdoa di taman Getsemani , selama dia hidup sejak dari lahir sampai saat Getsemani belum pernah Ia menawar sekalipun akan apa yang BAPA Nya ingin berikan dan perintahkan kepadaNya.

Tetapi peristiwa Getsemani ini baru pertama kali Dia berkata “ sekiranya mungkin cawan lalu daripadaKU “, jadi saat itu merupakan saat yang paling VITAL tapi sekaligus saat yang KRITIS sekali, oleh karena itu alkitab menceritakan Dia memilih 3 orang muridNya yaitu orang-orang pilihan namanya Yohanes, Yakobus dan Petrus. Saudara tiga murid ini sesungguh nya adalah murid yang dipilih sendiri oleh guruNya, satu kali ketika Tuhan Yesus akan dipermuliakan diatas gunung Dia juga pilih ketiga orang ini, ketika membangkitkan anak Yairus yang mati dan yang di izinkan masuk kekamar itu hanya Petrus, Yohanes dan Yakobus, dan ketika Dia bergumul di taman Getsemani yang diajak paling dekat dengan Dia adalah Petrus, Yohanes dan Yakobus.

Artinya ketiga orang ini adalah orang pilihan tetapi kenyataan yang ada justru pada saat yang paling KRISIS dari kehidupan guru dan Tuhannya, mereka malah TERTIDUR. Kondisi yang mereka alami itu di ungkapkan Yesus sebagai bentuk atau wujud daripada KEDAGINGAN mereka.  Oleh karena itu Dia berkata kita  harus BERJAGA-JAGA dan BERDOA  karena ROH memang PENURUT tetapi DAGING itu LEMAH.

 Lemah terhadap apa? Yaitu LEMAH TERHADAP KEMAUAN TUHAN, kita tidak punya DAYA atau TENAGA untuk MENGERJAKAN apa yang Allah inginkan, itulah yang dinamakan sebagai KELEMAHAN daripada DAGING kita.

Nah saudara sekalian dari pembacaan ini saya bisa menarik 4 kesimpulan apa ciri-ciri orang yang sebetulnya dikuasai atau didorong hidupnya atau digerakkan hidupnya oleh KEDAGINGANnya bukan oleh MANUSIA ROHnya :

  1. Yang pertama : orang yang Kristen yang KEDAGINGAN adalah orang Kristen yang TIDAK PEDULI akan BEBAN orang lain dan terutama TIDAK PEDULI akan BEBAN dan PERASAAN Allahnya, yang dipentingkan adalah segala sesuatu yang menyangkut KEPENTINGAN PRIBADI nya sendiri, orang semacam ini TIDAK PEDULI akan perasaan orang lain, akan beban orang lain apalagi PERASAAN TUHAN dan BEBAN TUHAN dalam hidupnya, yang dia pentingkan adalah bagaimana semua itu MENGUNTUNGKAN buat hidupku secara pribadi.
  1. Yang kedua : orang Kristen kedagingan adalah orang Kristen yang AKTIVITAS DILUAR nya banyak (out work actives) tetapi ketika diminta DIDALAM yaitu DALAM ROHNYA ternyata tidak ada apa-apanya, Petrus ini orang yang paling active, orang yang aggressive, orang yang paling banyak bicara, orang yang selalu tampil DILUAR, secara PENAMPILAN LUAR dia orang yang luar biasa namun pada saat KRISIS ROHANI terjadi dimana dibutuhkan LUTUT dan AIR MATAnya, orang ini malah TERTIDUR, AKTIVITAS DIDALAMNYA tidak sebanding dengan kegiatan begitu banyak yang NAMPAK DILUAR.

Saya mulai melihat saudara tidak perlu kita terkesan dengan orang Kristen yang sepertinya AKTIV, dengar baik-baik  orang Kristen yang ROHNYA BAIK dia pasti akan AKTIV melayani Allahnya, tetapi orang Kristen yang NAMPAKNYA AKTIV belum tentu ia ROHNYA SIAP dan AKTIVITAS DIDALAMnya cukup memadai. Orang Kristen yang KEDAGINGAN hanya nampak kegiatan diluar tetapi DIDALAMnya sebetulnya  KOSONG.

  1. Yang ketiga : jelas orang ini adalah ORANG YANG BUTA ROHANI, dalam pengertian TIDAK BISA MEMBEDAKAN mana saat yang PENTING dan mana hal-hal yang RUTIN, mana saat-saat yang tidak bisa kita lepaskan dan mana yang bisa kita nomor duakan dalam hidup nya. Ketika Petrus disuruh berbuat apa saja PENAMPILAN DILUARnya mengesankan luar biasa namun ketika dibawa ke GETSEMANI, dia pikir ini merupakan DOA RUTIN biasa, MATA ROHANInya BUTA tidak mampu melihat itu merupakan saat yang paling VITAL dan KRISIS bagi Guru dan Tuhannya.
  1. Yang keempat : kalau KEDAGINGAN kita, terus kita IZINKAN menguasai hidup kita, suatu hari kelak dalam waktu yang singkat itu akan membuat TABIAT atau KARAKTER LAMA kita kembali menguasai kita.

Tidaklah mengherankan ketika Yesus membangunkan Petrus yang tidur, Dia tidak panggil nama Petrus, Dia panggil nama Simon, “ Simon tidurkah engkau ”. saudara yang mengganti nama Simon jadi Petrus adalah Yesus sendiri, Simon artinya BULUH, yang gampang patah dan gampang diombang – ambingkan, Dan Yesus menggantinya dengan nama PETRUS/PETRA  yang artinya BATU KARANG YANG TEGUH, kapan itu?, saat ia sanggup menerima PEWAHYUAN BAPANYA, dan dia berkata “ Yesus, Engkaulah MESIAS  Anak Allah yang hidup “ dan langsung Yesus berkata “ berbahagialah engkau Simon bin Yunus, bukan darah dan daging yang MEWAHYUKAN itu kepadamu tetapi BAPAKU yang disurga yang MEWAHYUKAN itu kepadamu”.

Saudara sekalian kalau kita membiarkan hidup kita terus dikuasai KEDAGINGAN kita maka suatu hari kelak tabiat lama/karakter lama kita akan muncul menguasai kita itulah sebabnya Yesus memanggil dia bukan Petrus tetapi nama lamanya, “Simon tidurkah engkau” .

Nah untuk mengatasi KEDAGINGAN ini, yang menarik begini Yesus mengajarkan kepada mereka untuk BERJAGA – JAGA dan untuk BERDOA, Dia berkata “ karena dagingmu lemah tidak punya daya untuk menuruti kemauanKU maka engkau harus BERJAGA JAGA dan engkau mesti BERDOA “.

Coba anda buka alkitab anda :

Luk 22:31  Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, Luk 22:32  tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu.”

Yesus panggil lagi Simon, saat kapan ?, saat IMAN nya goyah dan hampir gugur, saat iblis minta untuk menampi dia, keluar lagi tabiat lamanya, Dia panggil lagi “Simon”, katanya, dan untuk menanggulangi itu, Dia berkata “ Aku telah berdoa buat engkau, supaya imanmu jangan gugur “.

DOA MERUPAKAN SENJATA UNTUK MENGATASI KEDAGINGAN KITA

Doa merupakan alat yang begitu ampuh untuk mengatasi kedagingan kita tetapi kalau anda kritis saudara akan bertanya begini? :  Orang yang KEDAGINGAN diatasi dengan DOA tetapi apakah ada orang Kristen KEDAGINGAN bisa BERDOA? , mana mungkin bisa !!!, kalau KEDAGINGAN MENGUASAI kita, buktinya Petrus dia malah tidur, padahal alkitab berkata DOA lah yang bisa mengatasi KEDAGINGAN saya.

Saudara kalau kita mau mengerti hal ini, saya tunjukan 3 hal yang sangat penting sekali dan dengan ini saya ingin semua kita mulai hari ini bebas dari kesulitan yang membuat kita tidak mampu dan tidak berdaya untuk BERDOA.

Saya mau bertanya kepada saudara coba tolong jawab dengan jujur?, jangan bohong digereja tidak enak dan tidak sopan, kalau anda berkata YA saya orangnya angkat tangannya, disini tidak ada POLISI doa yang akan mencatat anda.

Saya mau tanya  dalam minggu ini saja , siapa yang merasa kesulitan dalam berdoa kalau mau sembahyang WEGAHNYA/tidak maunya luar biasa?, lalu karena KEBIASAAN kita HARUS berdoa, lalu doa asal doa, “ ya Tuhan aku mau tidur, lindungi bungkus dengan darahMu, jagai dengan malaikat surga, itu mobil diluar jangan sampai kemalingan, rumah dibelakang jangan sampai kebobolan, anak-anak semua, pembantu, ini anjing agak sakit tolong jamah….dalam nama Tuhan Yesus Amin. Hanya itu saja, tidak pernah bisa MENIKMATI SAAT YANG INDAH dengan Tuhan, duduk diam sejam dengan Allah, ngobrol “halo Tuhan, how are you today?, I am fine” kata Tuhan, anda mengalami itu tidak???

Saya tidak tahu dengan orang Kristen hari ini, saya pernah cerita ada orang – orang Kristen yang ‘kurang ajar’, DOA dibuat EFEKTIF, bagaimana  Doa EFEKTIF adalah Doa yang NGIRIT, tidak usah terlalu banyak berkata-kata, di Amerika kalau orang belanja berbeda dengan orang di Indonesia, kalau di Indonesia ini luar biasa orang belanja setiap hari jadi dapat makanan segar tetapi di Amerika berbeda orang musti ke supermarket lalu kalau belanja sebulan mungkin 2 x, paling sering seminggu sekali sudah bagus, biasanya 2 minggu sekali bahkan sebulan sekali, mereka belanja sekalian segunung mereka taruh dikereta dorong, nah orang-orang yang kurang ajar ketika habis belanja jatah 2 minggu masukan kerumah tumpuk jadi satu  tumpangi tangan “ Tuhan berkatilah makanan ini amin“, setelah itu tidak pernah doa makan lagi, kenapa?, lah sudah saya doakan, sabungkuse ta doake sekalian, saya tak usah doa makan, ini orang yang kurang ajar.

Ada lagi orang yang doanya model orang farisi, ini kalau makan terutama doanya panjang “ Tuhan berkatilah janda-janda, yatim piatu………………”, mereka berdoa tapi hanya KEBIASAAN bukan tulus dari dalam hati, lagi pas doa gitu ada orang minta-minta/pengemis “ sanesi mawon pergi”katanya, ada orang yang didoakan datang tapi tidak pernah diberi, orang-orang begini banyak sekali.

Sekarang saya mau tanya siapa diantara kita yang jujur berkata ya saya seminggu ini SUSAH SEKALI BERDOA ? ayo jangan menipu di gereja tidak enak, tidak sopan, ada Tuhan disini, ayo angkat tangan tinggi – tinggi !.

Saya mau katakan buat saudara ada 3 hal penting yang saya mau bagikan buat saudara, anda yang tidak kesulitan, yang sudah berdoa 2 jam- 3 jam selamat teruskan doamu ,ok. Cuma jangan bilang “ya pak besok sudah tidak lagi “, tapi ini yang saya mau bagikan buat saudara TANGKAP DENGAN ROHMU, saya berdoa anda akan mengerti apa yang Tuhan mau.

  1. Yang pertama, Buka alkitab anda :

 Rom 8:26  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Rom 8:27  Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.

Alkitab berkata kita tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa, ‘dengar kalau ada orang berani berkata “saya tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa”, saya berani berkata orang ini adalah orang yang sama sekali tidak tahu bagaimana berdoa!, tapi kalau ada orang berkata “ saya tidak tahu bagaimana sebenarnya harus berdoa”, orang ini yang sebetulnya orang yang tahu doa itu seperti apa!

Saudara saya itu sebetulnya heran kalau saya baca ayat ini, ada orang-orang memberi seminar tentang DOA, ‘Doa yang dijawab Tuhan RUMUS nya ada 7’, diseminarkan, artinya orang ini TAHU tentang bagaimana BERDOA tetapi alkitab ngomong yang sebaliknya.

Lalu kita diajar : “ Doa saudara-saudara sekalian, pertama-tama sekali harus di tujukan kepada BAPA lalu kalau kita bicara, kita harus tengadah karena BAPA dilangit sana disurga, kita berkata ‘Ya BAPA kami yang disurga, harus selalu setiap kalimat harus diakhiri…..’didalam nama Tuhan Yesus’,

dan Doa harus dibagi –bagi , pertama- tama : Doa soal sosial ekonomi ini penting, lalu kita bilang ‘ Ya Tuhan aku berdoa sekarang tentang doa sosial ekonomi ’, saudara kalau berdoa jangan kacau habis ngomong ekonomi, ngomong soal apa ngomong soal apa, jangan, mari kita gabung-gabungkan supaya ALLAH TIDAK BINGUNG dengan PERMINTAAN KITA YANG BEGITU BANYAK, lalu kita mulai berkata ‘ Tuhan ini menyangkut social ekonomi keluarga, tolong ya Tuhan hutang hutang kami diwarung belum terbayar, beri anugerahMu sehingga seperti orang Mesir bermurah hati kepada orang Israel, mereka juga murah hati kami tidak usah bayar bahkan boleh ngutang lagi. Lalu doa macam-macam lagi.

Sekarang tentang social politik keluarga, “ Ya Tuhan istriku banyak ngatur rumah tangga, aku sudah berkata aku kepala keluarga, dia malah menjawab tapi aku lehernya, geleng atau mantuk terserah leher bukan kepala, katanya ”. lalu doa macam-macam lagi, lalu kita diajar doa itu begini, apa betul itu doa, saudara. Alkitab berkata “ kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa”, bahkan sebetulnya dengar baik-baik !, TIDAK SEORANGPUN DALAM DUNIA INI YANG PUNYA KEINGINAN KELUAR DARI HIDUP MANUSIANYA SENDIRI UNTUK BERDOA, tidak ada saudara. itu didorong oleh karena DAGING kita sebetulnya tetapi kalau murni manusia mencari Allah hakekatnya tidak ada, kenapa saudara?, coba buka : Filipi 2 : 13, ada banyak orang Kristen itu GR…  gede rasa terhadap dirinya sendiri. Pikirnya dirinya hebat, pikirnya dirinya luar biasa tapi ternyata nol.

Php 2:13  karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. Php 2:13  For it is God which worketh in you both to will and to do of his good pleasure.

Allahlah yang bekerja didalam kamu, baik menciptakan kemauan, keinginan atau perbuatan yang sesuai dengan apa yang Ia senangi.

Terjemahan lain berkata “God is the one who constantly/Allahlah yang secara terus menerus, putting for his energy in you/ yang memasukan energinya kedalam kamu sehingga engkau punya keinginan dan perbuatan seperti yang Tuhanmu inginkan.

JADI SEMUA YANG BAIK DARI KITA TIDAK PERNAH BERASAL DARI MANUSIA KITA ITU SEMUA KARENA ALLAH YANG BEKERJA DIDALAM KITA

Makanya perhatikan ketika orang muda yang kaya datang kepada Yesus, dan berkata “ Guru yang baik “, langsung di interupsi , stop, “ mengapa kamu berani berkata AKU baik sebab tidak satu manusia pun yang baik “, itu betul saudara, HANYA ALLAH YANG BAIK, itu betul. Karena kebaikan kita kerinduan untuk berbuat baik dan perbuatan baik kita yang sesuai kemauan Allah TUHANLAH YANG MENGERJAKAN DIDALAM KITA. Jadi kalau anda berkata “ aku ini orang yang penuh kasih, lihat kasihku kehangatanku besar “, saya bilang GR…lu, bukan kamu yang penuh kasih tetapi ALLAHLAH YANG BEKERJA DIDALAM KAMU sehingga keluar KASIH ILAHI dari dalam kamu. Kalau ada orang berkata “ aku ini orang yang dermawan murah hati “, saya bilang itu sombong, bukan kamu yang murah hati : ALLAHLAH YANG MEMBERIKAN KUASANYA/ENERGINYA SEHINGGA MENDORONG KITA MELAKUKAN APA YANG BAIK MENGERJAKAN APA YANG TUHAN INGINKAN, lalu yang bisa kita banggakan apa? TIDAK ADA!, manusia kita ini termasuk anda dan saya : HAKEKATNYA ITU JAHAT LUAR BIASA, EGONYA BESAR, INGIN MENANG SENDIRI DAN TIDAK ADA YANG BAIK DARI MANUSIA, yang ngomong itu Yesus, TIDAK ADA MANUSIA BAIK. Jadi kalau ada yang berkata “saya baik “ , itu GR…saya bilang, sory salah alamat, engkau ambil kemuliaanNya, bukan engkau yang baik ALLAH YANG BEKERJA DIDALAMMU MELAHIRKAN KEBAIKAN, bukan dari dirimu sendiri.

Ambil contoh simple aja : coba lihat manusia kalau beli makanan mintanya TAMBAH, Pak Marso beli mangga di Purwodadi ..wah….oyok-oyokan sama bakule…ngaku-ngaku keponakanne bakule untuk nambah 1 mangga lagi, Pak Gaspar ngga dapat tambahan, Pak Marso bilang ‘kamu bukan keponakannya tonggonya aja bukan, jadi timbangannya lain, …itulah manusia, manusia kebanyakan begitu, saya juga berbuat yang sama, beli ..+ tambahi… kalau dirumah saya ada orang yang jual rambutan, dukuh, saya bagian ngincipi istri saya nawar saya ngincipi terusss 3-4 habis, timbangannya tidak pernah dipotong, manusia begitu… itu jahat, tidak  ada orang beli mangga 3 kg ibu kasih saya 1 kg aja, tidak pernah ada cerita begitu….jahatnya luar biasa. Tapi kalau naik angkot ditambahi malah tidak mau malah marah-marah, ‘pak sopir saya berhentinya persis depan apotek  x tepat’,  ‘tidak usah pak saya tambahi 100 km lagi, free..tidak usah bayar, ditambahi malah marah –marah. Ngerti… ini manusia toh.betul tidak.

Siapa yang berani bilang ‘ saya orang baik pak’, omong kosong, kebaikan kita karena Allahlah, “God is the one who constantly putting for his energy in you, Allahlah yang terus menerus memasukan kuasanya kedalam kita, sehingga lahir keinginan untuk menyenangkan Dia, lahir perbuatan yang baik seperti yang Dia inginkan. Nah kalau anda berkata “ Pak saya tidak bisa berdoa”,  sudah benar itu dagingmu tidak pernah bisa berdoa!, kalau ada berkata “wah saya ini hobinya berdoa pak kalau tidak berdoa badan ini sakit-sakit”, itu bukan dari dagingmu rohmu yang didorong oleh Roh Tuhan sendiri, manusia itu dasarnya dableknya luarbiasa, disuruh tidak bisa didorong malah mundur ditarik malah maju, manusia itu begitu. Paulus yang ngomong Sebab bukan apa  yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat,  yang aku perbuat”. Ngaku dia “manusia celaka aku”, dia ngomong gitu “ syukur ada Yesus yang merubah aku “, loh itu Paulus, jadi kalau ada orang merasa lebih hebat dari Paulus, ya buat alkitab sendiri. Tidak ada yang baik dari kita, jadi kalau engkau berkata “aku baik”, omong kosong!, semua kebaikan kita karena Allah yang bekerja didalam kita.

Anda lihat wayang “wah hebat ya pertunjukan wayang kulit itu”, itu bukan hebat wayangnya tapi TANGAN DALANGNYA YANG HEBAT, kalau jelek –jelek bukan Tuhan itu KITA SENDIRI, KAMU SENDIRI tapi SEMUA YANG BAIK ITU TUHAN. Jadi kalau anda bertengkar suami istri ‘bo contoh ini aku’, bilang ‘ ei…GRRRR…Tuhan yang didalam kamu yang baik bukan kamu’, jadi siapa yang bisa bangga dengan diri sendiri, TIDAK ADA !, ngga usah bangga dengan hidupmu, jelek semua, Yesus sendiri berkata ‘tidak ada manusia yang baik’, alkitab berkata Isa 64:6  Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan/kebaikan kami seperti kain kotor, seperti gombal. ‘Pak saya tidak bisa berdoa itu sudah benar daging kita tidak mungkin bisa berdoa’.

Terus gimana, saya akan buktikan lagi, coba buka :

Hag 1:12  Lalu Zerubabel bin Sealtiel dan Yosua bin Yozadak, imam besar, dan selebihnya dari bangsa itu mendengarkan suara TUHAN, Allah mereka, dan juga perkataan nabi Hagai, sesuai dengan apa yang disuruhkan kepadanya oleh TUHAN, Allah mereka; lalu takutlah bangsa itu kepada TUHAN. Hag 1:13  Maka berkatalah Hagai, utusan TUHAN itu, menurut pesan TUHAN kepada bangsa itu, demikian: “Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN.” Hag 1:14  TUHAN menggerakkan semangat Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan semangat Yosua bin Yozadak, imam besar, dan semangat selebihnya dari bangsa itu, maka datanglah mereka, lalu melakukan pekerjaan pembangunan rumah TUHAN semesta alam, Allah mereka,

Dengar baik-baik, bait Allah dibiarkan terbengkalai lalu kemudian Tuhan berkata “ makanya berkat tidak Aku curahkan karena engkau bangun rumahmu sendiri, engkau biarkan bait Allah terbengkalai, sekarang bangun bait Allah ”, saudara pikir setelah Allah berfirman lalu mereka ketakutan kepada Allah lalu mereka membangun?, tidak, siapa yang kerja dulu?, Allah, Allah mendorong, membangkitkan semangat mereka, baru mereka kerjakan firman itu, ndablek tidak manusia itu, ndablek. Yang bisa membuat manusia melangkah adalah TUHAN YANG BEKERJA DIDALAM KITA, anda bisa mengerti apa yang saya maksudkan, jadi tidak ada yang bisa kita banggakan dari manusia kita.

Lihat berikutnya Yesaya 50 :

Kalau ini masih belum jelas lagi kebangetan, ada orang mau breaktrough katanya, bu Indri datang lalu semua ingin breaktrough lihat Pak Abin di engko-engko didepan ini, delapan jam sehari, maju lagi – maju lagi, lalu semakin breaktrough, lalu pengen bangun pagi, nah sekarang bergumulkan, ingin bangun pagi sebagian pasang weker, sebagian pembantu disuruh gedor kamar saya, lalu hari pertama bangun pagi jam 4 pusing kepalanya biasa bangun jam 8, saya harus breaktrough, lalu doa, doa, baru 10 menit, doa lagi, setiap 5 menit melirik jam…..oh belum 1 jam, doa lagi, loh ko semua tertawa…, 5 menit melirik lagi….doa lagi, akhirnya sampai 1 jam, bangganya luar biasa, besoknya ketemu teman langsung bersaksi “ puji Tuhan, tadi pagi luar biasa…..saudara harus bangun pagi dong “, ngga tahunya tiap 5 menit sssstttt….sssstttt…..?, besoknya bangun pagi lagi,  hari kedua bangunnya jam 4.15 terlambat 15 menit, tidak apa-apa, sikat gigi cuci muka kasih sabun pokoknya mata pedes sedikit tidak apa-apa, pokonya doa lagi …pa pa pa  la  ma la ma….5 menit lagi …pa pa pa la ma la ma…., waduh ngototnya….orang rumah berkata ‘ wah anakku sekarang ’rohani’?, breaktrough nih kira-kira? Yang breaktrough apanya?, hari ketiga wah belum lima menit…..ah kurang lima menit lagi, ah…tidak apa-apa Tuhan baik… cukup Tuhan ya aku harus sekolah sekarang, bangun lompat lupa ada ujian hari itu, hari keempat bangun 4.30 terlambat molor lagi 30 menit, doa lagi … doa lagi, sebulan kemudian balik jam 8….ehhhhhg… ehhhhg…haleluyaaaa… Tuhan murah hati….sori Tuhan besok saya coba lagi, besoknya tidak pernah bisa bangun pagi.

Kenapa???, KARENA SEMUA ENGKAU PIKIR BISA ENGKAU KERJAKAN SENDIRI, SAYA MAU BERDOA, SAYA MAU BEGINI, SAYA MAU BEGITU, selama engkau begitu, tidak ada, tidak ada manusia yang baik, loh Yesus yang ngomong masa mau bantah, tadinya saya bingung Yesus dipuji baik kok tidak mau, rupanya saya mengerti, kebaikan manusiaNya Dia karena DORONGAN ALLAH NYA SENDIRI. Makanya Yesus bilang “ kenapa kamu bilang Aku baik, tidak ada manusia yang baik “. betul itu ternyata.

Nah sekarang buka :

Yesaya 50:4  Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid.

Dalam bahasa Inggrisnya sebelum kata setiap pagi ada satu kalimat yang disini tidak ada, apa itu?

Isa 50:4  The Lord GOD hath given me the tongue of the learned, that I should know how to speak a word in season to him that is weary: he wakeneth morning by morning, he wakeneth mine ear to hear as the learned.

Tuhan yang MEMBANGUNKAN aku setiap pagi, kalau ada orang Kristen SETIAP PAGI bisa berdoa, bisa menyembah kepada Allah bukan karena engkau rajin sembahyang tetapi Yesaya berkata : he wakeneth morning by morning , Ia membangunkan aku setiap pagi dan Ia membangkitkan telingaku untuk mendengar seperti seorang murid, kalau kita mendengar suara Tuhan itu pun karena DORONGAN ROH ALLAH dalam hidup kita membuat telinga kita mau dengar Dia. TIDAK ADA MANUSIA YANG BAIK, semua kebaikan kita bahkan kerinduan berdoa yang kita miliki bukan dari DAGING kita bukan dari MANUSIA kita tetapi dari ALLAH SENDIRI.

Sekarang anda bertanya, bapak tadi bilang KEDAGINGAN dikalahkan oleh DOA, tetapi mana mungkin ORANG KEDAGINGAN BISA BERDOA?, betul !, tidak bisa karena DAGING tidak pernah punya NIAT BAIK, semuanya jahat, bobrok dan bejad, egonya luar biasa, lalu bagaimana?, SEMUA TUHAN, SEMUA TUHAN, SEMUA TUHAN, lalu bagaimana kita mesti apa?, gampang kalau kita sudah mengerti semua DORONGAN BERASAL DARI ALLAH lalu kita disuruh ngapain? , YA MINTA DORONGAN ITU !!!

Psa 80:18  (80-19) maka kami tidak akan menyimpang dari pada-Mu. Biarkanlah kami hidup, maka kami akan menyerukan nama-Mu.

Amplified bible menterjemahkan dengan kalimat :

(18) Then will we not depart from You; revive us (give us life) and we will call upon Your name.  apa itu memanggil nama Tuhan? Itu DOA. Bagaimana kita bisa memanggil nama Tuhan, kita bisa BERDOA?, revive us (give us life), BANGKITKAN KAMI, BERIKAN KAMI KEHIDUPAN, maka kami akan memanggil namaMU. Anda mengerti DAGING mu tidak pernah bisa diajak BERDOA, semua karena Allah yang putting for his energy in you constanly, lalu bagaimana energy itu bisa bekerja?, ingat kita ini bukan robot, kita punya kedaulatan/kehendak bebas, kita buka hidup kita Dia ketuk pintu hati kita, kita bilang “Tuhan BERI KEHIDUPAN supaya aku bisa berseru kepada namaMu”, pada waktu engkau berdoa seperti itu Dia akan masuk member energy pada hidup kita.

Coba buka alkitab anda :

Kidung Agung 1:4  Tariklah aku di belakangmu, marilah kita cepat-cepat pergi!…., terjemahan bahasa Inggrisnya  Draw me, we will run after you…, TARIKLAH AKU YA TUHAN MAKA KAMI AKAN LARI KEPADAMU, yang NARIK SIAPA?, TUHAN!. Jadi bukan kita yang berkata ‘saya mau berdoa’, tidak akan bisa. ALLAH YANG MENARIK, sebelum Dia tarik kau minta TARIK HATIKU SUPAYA AKU LARI KEPADA MU”.

Pernah tidak mengalami begini misalnya : suatu kali ada orang datang kepada saudara “ hei minggu depan liburan ke Hongkong seminggu sama saya, saya bayarin semuanya “. Senang tidak hatimu?, atau “wah saya tidak senang Hongkong, saya lebih senang masuk goa doa di getsemani seminggu berdoa”, omong kosong saudara!, dengar gitu ‘oh Hongkong’, bayari?, bayari, keluarga saya?, ajak sekalian’, naiknya apa?, cathay pacific’, anda senang tidak? senang!. Ada orang menjanjikan itu, setiap kali anda ingat Hongkong atau mendengar Hongkong, Hatimu perasaannya gimana?, ssrrrr……, pernah ngga ngalami gitu?, atau misalnya anda beli rumah baru, setiap kali anda dengar kata rumah, ketika anda mulai lihat-lihat modelnya kemudian rundingan dengan bank mau berapa tahun kprnya, setiap kali denga rumah hatimu seperti tertarik ssrrrr…., pernah ngalami gitu?, jujur, saudara yang masih muda yang mulai cari lawan jenis/jodoh dan setiap kali anda ketemu dengan calon anda, gimana perasaan hatimu? ssrrrr…., hatimu itu ketarik kesitu. Anda mengerti maksud saya? Saya takutnya anda tidak mengerti apa –apa, saya frustasi. Hatimu ketarik kesitu.

Saya mau ngomong dengan saudara, yang saya rasakan tiap hari begitu dengan Tuhan, setiap hari saya sendiri hati saya seperti melonjak ke Tuhan, ketarik ke Tuhan dan itu saatnya saya ketemu dengan Dia. Saya kok pengen teriak haleluya…. tidak ada apa apa, tidak ada alasan apapun tiba-tiba meledak aja didalam, itu luar biasa… every day …setiap hari, yang narik siapa hati saya? Tuhan saudara, Dia yang tarik. Ketika engkau alami itu seperti ketarik hatimu dengan Dia, luarbiasa, kalau orang gitu jadi cengeng hanya saya bisa tahan-tahan diri agar tidak nangis, kalau ada orang ngomong ada anak-anak Tuhan hidupnya sulit, langsung saya bisa mengerti hati Tuhan, tidak tahan melihat apa yang dirasakan Tuhan. Draw me… ,tarik aku…, bukan ke Hongkong, ke rumah baru, tetapi ketarik Tuhan untuk menyatu dengan Dia, and we will run… kami akan lari kepadaMu, ini kerinduan saya,  ini Doa saya, saudara Allah yang bekerja, Allah yang bekerja, minta… Tuhan give us life, beri aku kehidupan supaya kami bisa panggil namaMu, Doa tidak pernah lahir dari daging tapi dari Roh Allah yang tarik kita.

Buka kitab wahyu 8 : 1-5 :

Rev 8:1  Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketujuh, maka sunyi senyaplah di sorga, kira-kira setengah jam lamanya. Rev 8:2  Lalu aku melihat ketujuh malaikat, yang berdiri di hadapan Allah, dan kepada mereka diberikan tujuh sangkakala. Rev 8:3  Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu. Rev 8:4  Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah. Rev 8:5  Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi.

Ada doa yang naik bersama dengan asap kemenyan naik dihadapan Tuhan, doa seperti ini yang Tuhan inginkan, tapi dari mana doa seperti ini muncul?

Ayat terakhir :

Kidung Agung 3:6  Apakah itu yang membubung dari padang gurun seperti gumpalan-gumpalan asap tersaput dengan harum mur dan kemenyan dan bau segala macam serbuk wangi dari pedagang?

Saudara kata gumpalan-gumpalan asap bahasa Inggris pillars of smoke,  pilar –pilar asap naik keatas dan dikatakan tersaput dengan harum mur dan kemenyan dan bau segala macam sebuk wangi dari pedagang , ada pilar asap yang naik dan dilihat ini DOA saudara. Tapi darimana pilar asap ini naik? Alkitab berkata Apakah itu yang membubung dari padang gurun. ketika Allah memberikan dorongan dalam hatimu untuk berdoa tidak berarti engkau akan berdoa dengan nikmat sekali tanpa masalah tetap engkau musti struggle, bergumul, ada banyak pikiran yang mengganggu kita mungkin dan mungkin ditengah –tengah seperti padang gurun, tantangan begitu banyak, problem begitu banyak, tapi engkau mengerti aku harus tetap berdoa, nah orang yang berani pakai lututnya walaupun Allah izinkan ia ada ditengah-tengah padang gurun, Doanya akan naik seperti pilar asap yang wangi kemenyan, mur, semua wangian pedagang. Pilar pilar asap itu naik darimana? dari padang gurun. Kalau engkau sedang punya kebutuhan didesak oleh keadaan dan keadaaan begitu berat menekan hidupmu dan engkau tetap berkata “ Tuhan beri aku kehidupan supaya aku berseru memanggil namaMu “, ketika RohNya mendorong kita berdoa, kita pakai lutut kita, kita berseru kepada Allah, seperti pilar asap yang naik wanginya naik sampai dihadapan tahtaNya dan itu akan dikembalikan oleh TuhanMu sehingga Anugerah  mujizat akan terjadi dalam kehidupan saudara.

Engkau bisa mengerti apa yang saya maksudkan, ketika engkau dipadang gurun dalam tekanan yang berat, dalam pergumulan yang begitu berat, engkau tetap bisa pakai lututmu, engkau berseru “ Give us Life, beri kami kehidupan supaya kami bisa memanggil namaMu ”. Waktu engkau pakai lututmu untuk sembahyang itu seperti pilar yang naik dihadapan Tuhan wanginya luar biasa.

2 responses

  1. Shalom Puji Tuhan … Roh Kudus … sang penolong yg sempurna … semakin dasyat membangkitkan kita … memampukan kita … mengejar iman yg suci … sehingga impian hidup kudus … semakin hari semakin jadi nyata … impian jadi kenyataan , dan kita percaya Indonesia baru akan menjadi terang dan berkat bagi bangsa bangsa , sampai bumi penuh dengan kemuliaan-NYA , menyambut kedatangan-NYA kembali … Raja diatas segala Raja … Tuhan Yesus Kristus … , Amin .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s