KECERDASAN ROHANI

Kecerdasan Rohani

Ditulis dari Kotbah Pdt Petrus Agung Purnomo

Dalam minggu ini saya bertemu dua kelompok manusia  yang berbeda banget. Tetapi ketika saya ketemu ini saya merenung bahwa hidup orang ada fase-fasenya, ada masa awal dan ada masa puncak dalam hidup seseorang. Kelompok yang pertama ini kelompok teman –teman yang hadir disebuah pesta ulang tahun teman baik saya. Teman saya ini usianya sebaya dengan saya tapi orang ini diberkati luar biasa. Dia pernah jadi salah satu CEO terbaik di Indonesia, sekarang dia dinominasikan jadi CEO terbaik di Asia. Dia cerita semua blessing yang dia terima, uangnya bukan hanya 6 atau 9 digit tapi lebih dari itu. Ini orang yang HUMBLE sekali, aku pikir orang itu kalau kaya banget, betul-betul kaya ternyata sangat rendah hati tetapi kalau hampir kaya itu orang jawa timur bilang “ Melekgidik nya luar biasa “. Dia kalau ngomong sama orang kalimatnya ditata dulu, saya ngerti dia hati-hati dengan kata-katanya. Saudara tidak akan pernah ketemu seperti professor  yang ngajari orang lain dan menggurui nya, dia orang yang suka dengerin apa yang orang lain mau sampaikan, saya tidak tahu mungkin kepribadiannya, tapi ketemu dengan beberapa orang yang selevel, saya kagum dengan mereka. Aku pikir dimana- mana begitu ya orang makin PUNYA sesuatu mereka punya KEMATANGAN dalam hidupnya.

Dia mengundang kira-kira 160 undangan, diadakan di suatu ruangan yang exclusive sekali. Semua lighting, sound, video, kelas piala Oscar di Amerika semua dibuat seperti itu. Ada orchestra mini sebelum acara dimulai, makanan acara ini bukan sekelas nasi dus atau nasi gandoel, kelasnya beda sekali makanannya, menurut saya sih lebih enak nasi gandoel.  Beberapa dari teman-temannya para pengusaha hadir saya kenal cukup lama, mereka semua hadir jadi ada kesempatan berbicara, beberapa datangin saya lalu minta saya pindah ke meja  mereka ngobrol dan sharing sampai cukup malam, mereka tanya tentang firman Tuhan dan kita berbicara banyak. Saya dikenalkan oleh teman saya kepada teman-temannya, “ ini yang punya ini, ini yang punya ini “, karena produk dan perusahaan nya lebih dikenal daripada pemiliknya. Semua rata-rata adalah orang-orang matang, pakaiannya sederhana dan santai, ada yang pakai batik, ada yang pakai jas tanpa dasi baru pulang dari kantor, ada yang pakai baju lengan pendek  tetapi begitu  anda keluar di lobby anda akan bertemu  ajudan dan pengawal mereka dan banyak mobil mewah  menunggu , itulah KELAS mereka, sebuah KEMATANGAN.

Kelihatan mengerikan dari jauh begitu didekati anda akan bertemu dengan orang-orang yang nice, orang-orang yang baik, mereka tidak pernah pamer apa yang mereka punya, mereka tidak pamer akan konsep hebat yang mereka miliki, kalau ketemu saling merendah dan memuji temannya. Saya pikir itu kelompok – kelompok pertama yang saya jumpai, dan saya perhatikan betapa banyak orang yang ingin ditempat mereka pada hari ini berjuang dengan segala macam cara untuk bisa mencapai level seperti itu. Sebuah KEMATANGAN tersendiri secara DUNIA yang saya temukan disitu.

Hari berikutnya saya ke puncak  melayani retreat anak-anak pelajar SMP dan SMA gabungan beberapa sekolah kira-kira jumlahnya 500 orang. Disitu saya ketemu TERORIS –TERORIS, orang orang LIAR, ngaco, ngomongnya KASAR, saya kotbah ada yang KENTUT sampai bubar yang duduk dibelakang. Saya berkata “ Tuhan ini orang orang ANEH, pakai jacket lusuh, sandal ngga karuan, rambut ngga pernah keramas dan mandi, ngomongnya urakan dan kampungan banget, wakil kepala sekolahnya di bentak-bentak di maki-maki, dan tidak bisa ngapa-ngapain dibegituin “.

Saya merenung malamnya, saya bilang “ heran ya Tuhan aku lihat 2 kelompok manusia yang berbeda sekali, satunya TERORIS banget, satunya begitu SOFT, begitu LEMBUT, kelompok yang pertama tadi kalau duitnya dikumpulin Indonesia tidak punya hutang lagi, orangnya tenang kalem, tidak ngomong banyak, tidak sok, tidak keluar kritikan “ gereja kok gini gereja kok gitu “, semua bertanya nya tentang TUHAN “, salah satu yang paling kaya disitu datangin saya, dia datang agak terlambat. Dia bilang “ Pak sori ya saya mau ngomong sebentar “. Saya pikir dia mau ngomong apa, mungkin pekerjaan Tuhan atau ngomong bisnisnya?, dia deketin saya dia ngomong begini “ Pak 2 hari lagi itu ROS HASANA “. Anda tahu ROS HASANA?, itu bukan penyanyi dangdut saudara, ROS HASANA itu dalam bahasa ibrani itu kepala dari sebuah atau awal dari tahun, itu artinya TAHUN BARU YAHUDI. Jadi kemaren sebelumnya kita melewati tahun baru yahudi, dan kepercayaan Yahudi dan sejarah taurat mengajarkan bahwa Tuhan membuka buku kehidupan dan DIA menulis nama hamba-hamba Tuhan yang DIA mau pakai di tahun berikutnya.

Kadang-kadang saya heran banget orang ini duitnya banyak, pertama ketemu dia ingatkan saya pak 2 hari lagi ROS HASANA, 2 hari lagi tahun baru. Dia berkata “ kita jadikan pak menyiapkan hati kita sebagai hamba Tuhan supaya kita dapat perkenan NYA untuk melanjutkan pekerjaan NYA di tahun mendatang “. O ya saya ingat nanti tengah malam saya akan menghadap Tuhan, saya akan hadapkan hidup saya “, wah puji Tuhan, lalu ia ngomong soal pekerjaan Tuhan yang lain “. Dia tidak ngomong bisnisnya dia tidak ngomong yang lain, dia pertama berbicara mengenai ROS HASANA, buat saya itu sebuah KEAJAIBAN. Orang lain mungkin ketemu akan berkata persoalannya, penyakitnya, masalahnya, tetapi dia yang pertama ngomong ROS HASANA, tidak berarti orang ini tidak punya persoalan tetapi mereka pasti banyak persoalan, memang setiap orang punya INTEREST yang berbeda, saya melihat itu adalah suatu PENCAPAIAN secara manusia.

Ada kelompok seperti itu, tetapi menurut saya mungkin awalnya dulu orang –orang yang hari ini MATANG banget, mereka yang pakaian sutera yang oke dan duduk dengan manis, ngomong dengan santun, menghormati orang lain, DULU juga TERORIS kaya yang muda-muda tadi, mungkin malah KACAU nya sama atau lebih parah. Tetapi sebuah PROSES dalam kehidupan ini MEMATANGKAN hidupnya begitu rupa sampai akhirnya ketika mereka MENCAPAI sesuatu, mereka bahkan tidak terlalu bangga dengan apa yang mereka capai, mereka anggap sebagai bagian yang NATURAL dari kehidupan mereka. Dan mereka berkata “ ya hidup saya ya begini biasa saja “. Tidak usah dipamerka apa-apa, dia tidak pernah ceritakan usaha yang dibuat yang paling besar apa?, malah mereka saling memuji dan memberikan apresiasi  kepada teman temannya satu dengan yang lain. Mereka berkata tentang temannya yang ulang tahun “ wah kita bersyukur teman kita ini militant dalam Tuhan, dia cinta Tuhan kita semua senang, sekarang banyak orang yang cinta Tuhan Yesus kaya kita –kita begini “. Saya pikir ok banget tetapi menurut saya DULU toh mereka pernah jadi kelompok seperti kelompok kedua yang saya jumpai.

Jadi ketika saya ketemu dengan kelompok yang kedua, saya berpikir hari ini mereka berperilaku seperti itu mungkin 20 tahun lagi dari sekarang mereka akan jadi orang yang berbeda.

Dan hidup ini MEMPROSES seseorang begitu rupa dan siapa pun yang mengizinkannya akan diberikan sebuah KEMATANGAN pada akhirnya.

Alkitab menceritakan hidup seorang yang bernama Yakub, orang ini punya awal yang kita semua tahu, namanya saja Yakub, splinter, orang yang tukang merampas haknya orang, tukang jegal orang lain tetapi pada ujung dari hidupnya dia orang yang luar biasa.

Coba buka firman Tuhan dari Kejadian pasal 47: 1- 12

Gen 47:1  Kemudian pergilah Yusuf memberitahukan kepada Firaun: “Ayahku dan saudara-saudaraku beserta kambing dombanya, lembu sapinya dan segala miliknya telah datang dari tanah Kanaan, dan sekarang mereka ada di tanah Gosyen.”

Gen 47:2  Dari antara saudara-saudaranya itu dibawanya lima orang menghadap Firaun.

Kenapa hanya 5 orang yang dibawa dia kan punya 11 saudara, 12 dengan dia, mungkin yang lain “ngisin ngisin ni “, kurang pantas dibawa ke Firaun, mungkin, yang lain terlalu “ geragas “ ,“ geratil “, mungkin, karena ini kelompok pasukan Bodrex.

Gen 47:3  Firaun bertanya kepada saudara-saudara Yusuf itu: “Apakah pekerjaanmu?” Jawab mereka kepada Firaun: “Hamba-hambamu ini gembala domba, baik kami maupun nenek moyang kami.”

Gen 47:4  Lagi kata mereka kepada Firaun: “Kami datang untuk tinggal di negeri ini sebagai orang asing, sebab tidak ada lagi padang rumput untuk kumpulan ternak hamba-hambamu ini, karena hebat kelaparan itu di tanah Kanaan; maka sekarang, izinkanlah hamba-hambamu ini menetap di tanah Gosyen.”

Gen 47:5  Lalu berkatalah Firaun kepada Yusuf: “Ayahmu dan saudara-saudaramu telah datang kepadamu.

Gen 47:6  Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku.”

Gen 47:7  Yusuf membawa juga Yakub, ayahnya, menghadap Firaun. Lalu Yakub memohonkan berkat bagi Firaun.

Gen 47:8  Kemudian bertanyalah Firaun kepada Yakub: “Sudah berapa tahun umurmu?”

Gen 47:9  Jawab Yakub kepada Firaun: “Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah seratus tiga puluh tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing.”

Gen 47:10  Lalu Yakub memohonkan berkat bagi Firaun, sesudah itu keluarlah ia dari depan Firaun.

Gen 47:11  Yusuf menunjukkan kepada ayahnya dan saudara-saudaranya tempat untuk menetap dan memberikan kepada mereka tanah milik di tanah Mesir, di tempat yang terbaik di negeri itu, di tanah Rameses, seperti yang diperintahkan Firaun.

Gen 47:12  Dan Yusuf memelihara ayahnya, saudara-saudaranya dan seisi rumah ayahnya dengan makanan, menurut jumlah anak-anak mereka.

Pada akhir dari hidupnya, pada puncak dari pada hidupnya ada sebuah prestasi yang ajaib yang alkitab katakan Yakub memintakan berkat atau Yakub memberkati Firaun Dua kali dalam perikop ini alkitab berkata “ Yakub memohonkan berkat bagi Firaun “. Kalau sampai Tuhan bicara 2 x,  IA mau berkata “ hei berikan perhatian, atensi yang khusus karena didalamnya engkau akan belajar sesuatu “. Lalu orang bertanya “ apa nya yang significant yang hebat ketika Yakub memberkati Firaun “.

Coba kita lihat dari Ibrani pasal yang ke 7 : 7

Heb 7:7  Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.

waktu Yakub berkata “ dia memberkati Firaun”, kata firman, maka firman mau berkata dibagian puncak dari hidup orang yang bernama Yakub ini, firman menunjukkan BAHWA DIDEPAN TUHAN DIA LEBIH TINGGI DARI FIRAUN. Firaun adalah penguasa Mesir dan Mesir berdasarkan dunia yang dikenal pada zaman itu peradabannya tertinggi, Firaun seperti penguasa dunia pada hari ini, kalau Yakub bisa mengangkat tangannya memberkati akan Firaun dan 2 x alkitab mengatakan itu maka didepan Tuhan sebenarnya  Tuhan mau berkata “ ORANG INI PUNYA BANYAK HAL YANG LEBIH DARIPADA YANG DIMILIKI OLEH FIRAUN “.

Yakub memulai sesuatu dengan mungkin tidak baik, orang mencapnya dengan pribadi yang sangat buruk tetapi dari ujung daripada hidupnya, pada puncak tahun-tahun hidupnya, alkitab mengatakan 2 x dalam perikop itu DIA MEMBERKATI FIRAUN. Ibrani berkata YANG LEBIH RENDAH DIBERKATI OLEH YANG LEBIH TINGGI “, dengan ukuran seperti itu alkitab berkata Yakub bagaimana pun punya POSISI lebih tinggi dari Firaun, mungkin tidak dalam kekayaannya mungkin tidak dalam pasukannya tetapi SESUATU YANG ILAHI yang Firaun tidak punya dimiliki oleh Yakub walaupun datang sebagai pengungsi tetapi dia berdiri dan memberkati penguasa dunia pada waktu itu.

Mengapa orang ini bisa mencapai sebuah PUNCAK yang seperti itu? Dan bukankah semua anak Tuhan ingin hidupnya terus naik dan mencapai PUNCAK?

Kalau anda memperhatikan firman Tuhan, 2 x Yakub ini terima BERKAT.  2 x ada blessing yang turun dalam hidupnya dan 2 blessing itulah yang seharusnya di miliki oleh orang percaya. Kalau kita bisa menerima 2 blessing ini hidupmu akan terus naik dan pada ujungnya siapa pun yang ketemu engkau akan berkata “ BERKATI AKU “. Karena ketika mereka mendengar engkau memberkati, itu akan sungguh memberkati kehidupan mereka.

Yang pertama mari kita lihat didalam kejadian pasal 25, judulnya Esau dan Yakub.

Gen 25:19  Inilah riwayat keturunan Ishak, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak.

Gen 25:20  Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya.

Gen 25:21  Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.

Gen 25:22  Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: “Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?” Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN.

Gen 25:23  Firman TUHAN kepadanya: “Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda.”

Gen 25:24  Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya.

Gen 25:25  Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau.

Gen 25:26  Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.

Gen 25:27  Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah.

Gen 25:28  Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub.

Gen 25:29  Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang.

Gen 25:30  Kata Esau kepada Yakub: “Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah.” Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.

Gen 25:31  Tetapi kata Yakub: “Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu.”

Gen 25:32  Sahut Esau: “Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?”

Gen 25:33  Kata Yakub: “Bersumpahlah dahulu kepadaku.” Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya.

Gen 25:34  Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Ada yang salah pada Esau dan oke banget pada Yakub. Blessing pertama yang Yakub dapatkan, didapat oleh sebuah atau istilah saya KECERDASAN ROHANI. Kalau engkau ingin menikmati berkat Tuhan engkau perlu punya KECERDASAN ROHANI, spiritual anda musti SMART, anda musti TAJAM.

DIMANA KECERDASANNYA?

Zaman dulu belum ada alkitab segala yang Tuhan ucapkan diturunkan kepada anak cucu nya secara LISAN. Yakub mengerti HAK KESULUNGAN dari mana?, BAPAKNYA. Saya percaya Ishak CERITA apa yang dia dengar dari Abraham ayahnya dan apa yang Abraham ceritakan, Abraham menceritakan JANJI TUHAN yang begitu luar biasa dan Ishak mewarisi janji itu dan Ishak menceritakan kepada anak-anaknya dan disitu Yakub tahu bahwa anak sulung bapanya bukan dia tetapi Esau. KECERDASAN ROHANI nya mengatakan “ kalau aku bisa mendapatkan HAK KESULUNGAN itu maka JANJI kepada opa Abraham dan bapak Ishak akan turun ke aku, kalau aku tidak bisa mendapatkan itu maka Esau kakak ku yang akan mendapatkannya “. Dia sangat ingin Allah disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub bukan Abraham, Ishak dan Esau.

Orang Kristen yang TIDAK punya KECERDASAN ROHANI itu biasanya dia tidak mau DENGAR apa yang ALKITAB katakan, dia punya sebuah PERSEPSI kebenaran dirinya sendiri, atau dia punya rasa PERCAYA DIRI yang begitu kuat dan dia begitu YAKIN, dia MENGERTI semuanya, dia bisa KENDALIKAN semuanya seperti yang dia mau.

Tetapi orang yang punya KECERDASAN ROHANI, semua dihitung oleh dia, dan dia berkata “ ini loh yang aku perlu “, ” ini loh yang aku perlu “, yang lain dia singkirkan kalau perlu dia korbankan. KECERDASAN ROHANI itu dibutuhkan. Yakub dengerin perkataan bapaknya, dia tahu bagaimana cerita tentang bagaimana Tuhan berjanji kepada Abraham kakeknya dan dia berkata “aku mau itu turun ke aku “.  Sebagaimana Ismael tidak mendapatkan tetapi Ishak yang mendapatkan, dia berkata “ kalau Ismael bisa gugur Esau juga bisa gugur “. Tidak selalu yang natural lahir pertama atau yang sulung akan mendapatkan HAK KESULUNGAN nya.

Memang caranya kemudian ngawur dan dia toh harus bayar harganya, tetapi toh kalau anda perhatikan di firman, Tuhan tidak pernah ngeributin itu, Esau malah sebaliknya dia berkata “ ah itu apa sih, kan cuman omongan ? ”, hei BERKAT yang diucapkan itu Cuma PERKATAAN loh, tidak langsung dibarengi dengan penyerahan harta, Nggak. Memang kalau ANAK SULUNG dan punya hak kesulungan dapat warisan 2/3 dari milik orang tua nya. Tetapi waktu Yakub diberkati tidak langsung disertai penyerahan kekayaan bahkan dia melarat tidak punya apa-apa loh saudara, Cuma dapat tongkat satu dan dia pergi ke Laban. Tetapi dia tahu itu punya NILAI ILAHI yang luar biasa.

Hari hari ini ada banyak orang menutup matanya dan menutup telinganya dari perkara perkara ROHANI. Kekristenan yang sepotong kita kenal, kita anggap sudah tahu semua dan dengan arogan kita menolak semua orang yang mencoba mengajarkan sesuatu yang membuat engkau KENAL Tuhan mu lebih lagi. belajar untuk punya hati yang LEMBUT dan FLEXIBLE dengan Tuhan itu KUNCInya. Kalau engkau ingin ANGGUR BARU harus jadi KIRBAT YANG BARU, kirbat yang baru Cuma satu cirinya KULITnya masih SOFT, masih FLEXIBLE. Ketika anggurnya mulai FERMENTASI maka tidak pecah tapi KIRBAT YANG LAMA, sudah tidak FLEXIBLE, sudah KAKU. Ketika terima fermentasi kulitnya tidak tahan dan pecah.

Hidup kita sebagai manusia PROSES BELAJAR nya tidak pernah berhenti. Orang yang berhenti belajar secara natural dia tidak kan pernah bisa bergerak lagi, lebih baik lagi hidupnya, semua kita mengerti dengan Tuhan pun sama. Kalau saudara berpikir engkau sudah berhenti belajar, anda sedang mandeg dan engkau sedang turun kebawah. PROSES BELAJAR dalam hidup kita sebagai manusia tidak pernah berhenti. Setiap orang yang berhenti belajar akan berakhir konyol dalam hidupnya.

Tadi pagi saya cerita, setelah kebaktian kami kumpulin teman-teman yang mau ke Israel di gereja ini ada kira –kira 60 orang dari antara anda, total yang berangkat 271 orang kalau tidak salah tadi, dan yang antri cadangan banyak banget, dari satu orang berkata tidak ikut langsung tempat itu terisi, kalau kami mau buka sampai 500 orang Cuma tidak tahan saja, tidak mungkin karena secara teknisnya berat sekali, itu bisa carter 1 pesawat kalau mau tapi hamba Tuhannya kan tidak banyak kita harus bagi –bagi waktunya.

Tapi saya mau cerita Israel saja supaya anda yang tidak berangkat, anda dapat mengerti bayangannya, ditimur tengah di Israel ada suku liar, bukan liarlah tapi suku yang tidak ikut aturan orang lain, namanya suku Baduin, kalau disini mungkin suku Samin, suku ini suka mengembara nomaden dia punya kemah, dia punya tradisi cara hidup sendiri contohnya begini kalau suatu keluarga punya anak gadis yang siap kawin didepan rumah bapaknya akan kibarkan bendera putih kalau tidak salah. Bendera putih itu artinya berkata “ anakku siap kawin “ lalu cari perjaka yang mau kawin dan datang ke kemah si Bapak tadi, lalu si gadis disuruh ngeladeni tamunya, kasih minumlah, kasih apa begitu, lalu oleh si pria itu akan dilihat model seperti apa gadis itu. Orang Baduin ini beda dengan orang kita, kalau anda ini seorang gadis yang langsing itu MURAH harganya tapi kalau badan mu kekar dan kuat itu MAHAL banget. Karena mereka harus kerja, wanita Baduin itu kerja, makanya kalau anda kurus –kurus itu MURAH tidak laku, dilepas saja orang Baduin saja ngelirik pun tidak “ ah kurus, ngangkut kayu saja patah tulangnya “, ngga laku. Makanya kalau anda punya badan yang oke kuat, jangan minder berkata, “ Baduin cinta yang begini “, Tenang saja.

Jadi semua orang itu punya selera berbeda-beda. Anda yang merasa kurus jangan merasa cantik dinegeri Baduin tidak laku, dilirik pun tidak, onta pun hanya melengos. Nanti  kalau sudah kuat dan gede itu mahal tuh, kalau yang biasa-biasa harganya berapa domba, tapi kalau yang perkasa-perkasa itu bayarnya berapa ekor onta, lalu kalau sudah kawin.

Ada cerita ada orang Baduin kawin, mereka tidak pernah mau belajar peradaban yang lain, mereka punya dunia sendiri. Nah kalau mereka berkemah dari mana airnya?, mereka ngga mungkin gali sumurkan karena pindah –pindah. Jadi mereka nadah hujan untuk mendapatkan air. Mereka paling suka cari tempat bukit karang yang ada CEKUNGAN nanti kalau hujan turun disitulah mereka menyimpan air, lalu mereka minum dari situ biasanya mengambilnya menggunakan KALENG. Suatu hari ada seorang pemuda Baduin yang menikah dan dia ngomong kepada istrinya, dia berkata dia mendengar bahwa rupanya kalau orang-orang lain kalau kawin itu BULAN MADU, dia berkata kepada istrinya “ istriku bagaimana kalau kita bulan madu? ”,  istrinya bertanya kepada suaminya “ kita mau kemana suamiku? ”, suaminya berkata “ bagaimana kalau kita ke Yerusalem saja, katanya ada hotel –hotel berbintang lima dan bagus, sekali kali kita tinggal di kemah yang tidak bisa dipindah “, istrinya senang lalu berkata “ ayo suami ku kita berbulan madu ke Yerusalem”. Lalu kemudian mereka pergi ke Yerusalem dan tidak tahu caranya bagaimana caranya reservasi hotel, kemudian nongol disana berkata “ kami butuh kamar untuk beberapa hari “. Petugas reservasinya berkata “ kamu belum resev tempat di hotel ini “, dia menjawab “ ya belum “, petugasnya berkata “ ada sih tempatnya tapi kamu perlu tunggu beberapa jam, penghuninya belum waktunya keluar, kalau mau sabar tunggulah di loby, nanti kami siapkan kamarnya “. Yang laki berkata “ Oke tidak masalah “, mereka berdua duduk di loby.

Lalu si suami berkata kepada istrinya “ istriku aku haus carikan aku minum “, istrinya baik dia berkata “ ya suamiku “,  dia ambil dari tasnya KALENG tempat nyedok air minum, istrinya pergi TIDAK PERNAH TANYA DIA PIKIR DIA TAHU SEMUANYA dia jalan dia cari tempat untuk mendapatkan air minum akhirnya ia mendapatkanya dan dia bawa kaleng itu penuh dengan air dan dia berikan kepada suaminya ,  “ suamiku ini ada air minum buat kamu “, suaminya minum dia berkata “ kok rada lain sedikit tapi segar loh istriku “, dia minum glek… glek… glek, dia bilang “ istriku aku masih haus tolong aku minta sekaleng lagi “,  “ jangan takut suamiku aku tahu tempat air disini “ , istrinya pergi lagi, kali ini agak lama sedikit lalu ia balik, kaleng nya kosong istrinya sedih, “ suamiku maafkan aku ya aku tidak berhasil mendapatkan air minum buat kamu “, suaminya heran dan berkata “ kenapa istriku engkau tidak mendapatkan air minum buat aku “, “ ia tempat untuk menyimpan air minum itu di kuasai orang, aku lihat aku intip SESEORANG MENDUDUKI NYA  katanya ,  “ aku tunggu dia tidak keluar – keluar orang itu dia duduki tempat air minum kita“.

Beberapa orang bahkan TIDAK MUDENG dengan apa yang saya ceritakan anda BADUIN BANGET YA, tahu ngga cara mendapatkan air minumnya dari mana?, haa…?, ITU AIR DI CLOSET WC , ngerti saudara kan kaya CEKUNGAN toh dicedok sama dia, ya memang lain RASANYA, rasa salad, rasa sate….., indomie dan segala macam. COBA DIA TANYA itu ada welcome drink hotel bintang lima. Tapi sering kali orang merasa AKU SUDAH TAHU SEMUA.

Dengan BERKAT itu walaupun CARANYA TIDAK BENAR Yakub di berkati luar biasa, tapi berkat yang pertama itu saja tidak akan cukup, jadi modal buat dia untuk memberkati Firaun, ada peristiwa lain yang harus dia alami dan disitu dia di berkati lagi.

Coba buka Kejadian 32, dan berkat kedua ini berbeda. Lihat ayat ke 22, judulnya PERGUMULAN YAKUB DENGAN ALLAH.

Gen 32:22  Pada malam itu Yakub bangun dan ia membawa kedua isterinya, kedua budaknya perempuan dan kesebelas anaknya, dan menyeberang di tempat penyeberangan sungai Yabok.

Gen 32:23  Sesudah ia menyeberangkan mereka, ia menyeberangkan juga segala miliknya.

Gen 32:24  Lalu tinggallah Yakub seorang diri. Dan seorang laki-laki bergulat dengan dia sampai fajar menyingsing.

Gen 32:25  Ketika orang itu melihat, bahwa ia tidak dapat mengalahkannya, ia memukul sendi pangkal paha Yakub, sehingga sendi pangkal paha itu terpelecok, ketika ia bergulat dengan orang itu.

Gen 32:26  Lalu kata orang itu: “Biarkanlah aku pergi, karena fajar telah menyingsing.” Sahut Yakub: “Aku tidak akan membiarkan engkau pergi, jika engkau tidak memberkati aku.”

Gen 32:27  Bertanyalah orang itu kepadanya: “Siapakah namamu?” Sahutnya: “Yakub.”

Gen 32:28  Lalu kata orang itu: “Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.”

Gen 32:29  Bertanyalah Yakub: “Katakanlah juga namamu.” Tetapi sahutnya: “Mengapa engkau menanyakan namaku?” Lalu diberkatinyalah Yakub di situ.

Gen 32:30  Yakub menamai tempat itu Pniel, sebab katanya: “Aku telah melihat Allah berhadapan muka, tetapi nyawaku tertolong!”

Gen 32:31  Lalu tampaklah kepadanya matahari terbit, ketika ia telah melewati Pniel; dan Yakub pincang karena pangkal pahanya.

Gen 32:32  Itulah sebabnya sampai sekarang orang Israel tidak memakan daging yang menutupi sendi pangkal paha, karena Dia telah memukul sendi pangkal paha Yakub, pada otot pangkal pahanya.

BERKAT YANG KEDUA INI MAHALNYA LUAR BIASA, suatu hari dia sendirian tidak pernah alkitab ini berkata dia sendirian dan dia nantang Tuhan, dan berkata “ kalau engkau Tuhan ayo berantem “, dia hanya diam sendirian dan Tuhan mendatangi dia dan DIAJAK BERANTEM OLEH TUHAN, tidak ada indikasi Yakub menyerang ORANG ITU, tapi PRIBADI yang dia tidak lihat malam itu menyerang dia dan dia berjuang mempertahankan dirinya, sendirian dia berantem dan akibat perkelahian itu dipukul sendi pangkal pahanya sehingga dia cacad permanen, sejak hari itu dia PINCANG. Dan dengan pincang nya itulah Tuhan berkata “ kamu bukan lagi YAKUB tapi kamu ISRAEL “. Dan Yakub DIBERKATI di tempat itu, perhatikan saudara!.

Setelah peristiwa itu bukan hanya KAKI/FISIK nya PINCANG tapi hidupnya PINCANG. Kok bisa pak, PUKULAN demi PUKULAN harus dia terima, yang betul –betul membuat dia mesti hidup sambil dia MENYERET hidupnya. Kalau anda baca kisah berikutnya betul didamaikan oleh Esau tapi kemudian muncul sebuah peristiwa anaknya bernama Dina diperkosa oleh orang bernama Sikhem, hal itu membuat marah anak –anak laki Yakub sehingga Sikhem  dan keluarganya dibantai habis, anak –anak Yakub ini gawat, Sikhem dan keluarganya melamar Dina baik – baik, mereka bilang “ boleh kamu melamar adikku tapi kamu harus disunat semua “,  Sikhem goblok ngga ngerti apa –apa, seluruh keluarga disunat dan orang yang disunat zaman itu SAKITNYA LUAR BIASA, kalau orang habis disunat anda ajak berperang, mereka tidak bisa ngapa –ngapain, mereka dibantai habis, untung Tuhan PROTEKSI mereka.

Dina diperkosa, istri yang paling dia cintai Rachel mati ketika melahirkan Benyamin, Bapaknya sendi Ishak mati juga, anak yang PALING DIA CINTAI Yusuf mati juga, buat dia itu mati loh 13 tahun dia ratapi kematian Yusuf, “ Pak kenyataannya tidak mati “, buat Yakub itu karena dia PERCAYA perkataan anak-anaknya bahwa Yusuf dicabik-cabik singa, menghadapi KENYATAAN Yehuda meninggalkan dia pergi entah karena apa, balik lagi sih, dia mengalami masa paceklik dan kelaparan yang mengerikan sampai hampir tidak bisa makan dan terakhir dia harus melepaskan Benyamin juga.

Kalau anda hidup seperti Yakub dan engkau masih tetap berkata “ ENGKAU ALLAH KU “, itu yang membuat Tuhan berkata “ AKU membenci Esau dan AKU mengasihi Yakub “.  

Di gurun sendirian dia berhadapan dengan Tuhan, Tuhan berkata KEYAKUBAN tidak pernah bisa hilang kalau tidak PINCANG kakinya. Untuk mengubah seorang YAKUB menjadi ISRAEL , Prince of God, TUHAN SENDIRI TURUN TANGAN, sekian puluh tahun kedepan bukan dia seret kakinya tapi dia seret hidupnya tahun demi tahun. Saudara pikir mudah kalau anak gadismu diperkosa orang, engkau pikir mudah ketika anak-anakmu yang laki-laki membantai keluarga orang lain denga cara yang licik, engkau pikir mudah ketika istri yang engkau cintai yang untuknya engkau kerja belasan tahun mati dipangkuannya, engkau pikir mudah ayah yang dicintai Ishak akhirnya mati, apakah anda bisa menerima kenyataan Yusuf anak yang paling dia cintai juga akhirnya mati dia tahu anak ini terima VISI besar dari Tuhan,

DIA HARUS SERET HIDUP, TIDAK PERNAH YAKUB TERIAK MENYALAHKAN TUHAN, NEVER NOT ONE, NEVER, TIDAK PERNAH DIA SALAHKAN SIAPA PUN.

Yang dia tahu DIA SERET HIDUP DAN BADAN nya, dia jalan terus, dia tahu buruk, dia ngomong ke Firaun “ tahun-tahun hidupku hanya 130 tahun dan buruk keadaannya “, tapi toh DIA TIDAK PERNAH MENYALAHKAN TUHAN dan dia tidak pernah tunjukkan kepalannya kepada Tuhan dan berkata “ ENGKAU buat aku sengsara dengan berkat Mu “, aneh. Seperti nya bukan BERKAT yang dia dapatkan ketika dia bergumul dengan Tuhan, bukankah dia berkata namanya PNIEL artinya wajah Tuhan, disitu aku bertemu dengan Tuhan muka dengan muka, justru ketemu Tuhan seperti itu diberkati diubah namanya Abram menjadi Abraham, luar biasa , Sarai menjadi Sara, hebat , Yakub menjadi Israel, dia musti SERET badannya sekian puluh tahun kedepan, menghabiskan puluhan tahun dengan harus air matanya kering tetapi HATI nya tetap terpelihara, tidak pernah dia acungkan kepalannya kepada ALLAH YEHOVA atau KEPADA SIAPA PUN, tidak pernah dia KUTUKI anak –anaknya, tidak pernah dia SALAHKAN SIAPA PUN, Blessing yang dia terima tetap Blessing.

Tetapi sebuah PROSES pematangan MENDEWASAKAN hidupnya.

Dengar baik-baik,

Israel tidak pernah jalan TEGAK, never, Israel jalan PINCANG, Israel tidak pernah tegak, kalau anda masih TEGAK anda masih Yakub, engkau belum Israel, kalau engkau masih merasa I am Perfect aku sempurna tunjukkan salahku aku tidak pernah berbuat salah, anda Yakub, Israel tidak pernah jalan TEGAK karena nama Israel diberikan kepada orang yang PINCANG, dan itu PINCANG permanent,

KEKRISTENAN SEHARUSNYA MILITAN seperti itu bukan cengeng dan nangis teriak –teriak minta BERKAT.   

KEKRISTENAN itu seharusnya bukan tempat orang-orang cengeng yang meratap, tetapi tempat orang yang berani MENYERET badannya.       

Saya kenal seorang bapak yang sudah di panggil pulang, Pak Samuel Elkana, nah itu tuh dia seret badannya, berkali-kali dia ngomong dengan saya “ tidak ada orang yang mengerti aku “, tapi tidak pernah saya dengar sekali pun dia bilang “ Tuhan gombal, Never not One “, tapi menurut saya dia salah seorang yang DIHORMATI TUHAN, tahu darimana?, saya tahu !, tidak banyak orang setelah dia pulang kerumah Bapa diizinkan Tuhan untuk hadir disalah satu acaranya Tuhan hanya orang yang dihormati Tuhan akan diberi anugerah seperti itu dia satu diantaranya, saya mengerti saya lihat dengan mata saya sendiri, saya harap anda tahu itu.

KEKRISTENAN BUKAN TEMPAT UNTUK ORANG CENGENG, “ BERKATI BERKATI “, CAPEK SAUDARA.

Diluar sana banyak orang tidak kenal Tuhan kaya raya duitnya banyak, hanya untuk mencapai yang mereka capai, mengapa anda harus cengeng?, bukan itu CALLING kita. Yakub terima Blessing kedua, Israel tidak pernah jalan tegak diseret kakinya, puluhan tahun kedepan dia masih buat itu.

Rasul Paulus pernah berkata “ dalam tubuhku aku punya STIGMATA, TANDA, bahwa aku ini MILIKNYA KRISTUS “, semua luka semua cacatnya bahkan termasuk semua kelemahannya dan dia bukan orang yang malu menutupi KENYATAAN, dia orang yang buka semua.

Coba buka 2 Korintus 12, kita selesai dengan ini

2Co 12:7  Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.

Kalau anda punya modal beberapa ayat tidak usah menggurui Paulus  berkata “ goblok lu Lus tengking dong, itu utusan iblis , olesin pake minyak nyelamlah dikolam minyak Lus kamukan menang, bahasa roh lah Paulus “, itu biangnya yang ngajarin peperangan rohani jadi kita tidak usah ngajarin Rasul Paulus. Kalau dia berkata ada utusan iblis GOCOH dia itu bukan ngitik-ngitik tok, dia gambarkan DURI DALAM DAGING, tidak ada orang yang tahu itu apa, saya buka banyak tafsir dan komentari tentang ini, mereka berkata SESUATU YANG MUNGKIN BEGITU MERENDAHKAN DIA, tapi Paulus memakai istilah seorang UTUSAN, malaikatnya iblis yang dikirim, terus ngapain “ tengkingin dong nanti kita menang “, ah teori.    

2Co 12:8  Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.

Harusnya kita ngasih dia seminar peperangan rohani “ jangan berseru dong,tengking langsung “,  ya nanti disurga kalau ketemu Paulus ajarin dia lah “ tengkang tengking “ , ngga usah ngajarin ini Paulus itu biangnya peperangan rohani.

2Co 12:9  Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

2Co 12:10  Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Saya berkali-kali mencoba menjelaskan,

POWER nya Tuhan itu hanya jalan kalau ada OTORITAS.

Saya beri contoh : kalau saya ini polisi, saya pakai seragam, saya punya pangkat, saya punya pestol, pistol ini POWER saya, saya arahkan ke orang “ dor” orangnya mati, tapi pestol ini hanya LEGAL kalau dipakai oleh orang yang punya OTORITAS menggunakannya. SERAGAM dan PISTOL harus MELEKAT jadi satu. Barang yang sama dipakai oleh orang lain, itu ILEGAL. Kalau saya pakai LEGAL, tapi kalau saya masuk rumahmu hanya dengan modal seragam saya itu tidak boleh, saya musti dapat surat perintah dari komandan saya untuk geledah rumahmu siapa tahu ada narkobanya, saya masuk rumah orang saya mesti terima surat perintah, saya nangkap orang saya musti punya surat perintah, kalau itu saya terima surat peritah maka  OTORITAS saya ini berlaku, orang melawan, POWER saya bekerja. Kita ini modalnya begitu, pake seragam dan pake pistol, kalau anda tenteng pistol seperti itu tanpa OTORITAS maka anda akan berakhir di Mahkamah Militer.

Paulus mengerti itu ada RULE OF GAME nya dan disebuah titik tertentu Tuhan berkata “ SUDAH SUDAH “, tidak gampang saudara, itu yang membuat dia harus SERET hidupnya, dengan satu tujuan Cuma satu TIDAK BERMEGAH DAN TIDAK JADI SOMBONG.

Israel tidak pernah jalan TEGAK dia SERET badannya, dalam hidup saudara anda semua punya itu.

Anda harus tahu bukan karena Tuhan mengaminkan itu tetapi DIA mau berkata “ AKU tidak mau kamu jatuh dalam KESOMBONGAN “.

BERKAT yang pertama semua orang suka tetapi BERKAT yang kedua dihindari orang.

Tapi kalau anda mau punya sebuah KEMATANGAN yang membuat engkau sampai satu hari mengangkat tangan mu dan memberkati FIRAUN – FIRAUN didunia,  tidak ada pilihan lain anda lakukan itu, anda terima PEMATANGAN Tuhan dan KEKRISTENAN mu akan berbeda dan menjadi MILITAN luar biasa.

AMIN.

http://www.4shared.com/mp3/VACUFu4q/5_Kecerdasan_Rohani.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s